Jokowi Akan Resmikan dan Buka Tol Pandaan-Malang Besok

Wah, lebaran bisa lewat tol baru nih

Surabaya, IDN Times - Menjelang hari Raya Idul Fitri 2019, tol Pandaan-Malang dipastikan akan diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Senin (13/5). Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat Rakor Angkutan Lebaran di Gedung Grahadi, Surabaya, Minggu (12/5).

1. Minta siapkan rambu dan pemetaan ruas yang rawan

Jokowi Akan Resmikan dan Buka Tol Pandaan-Malang Besokinstagram/lppai_support

Peresmian ruas tol yang menghubungkan langsung Surabaya-Malang ini diharapkan bisa mengurai kemacetan saat musim mudik dan balik lebaran 2019. Budi mengimbau kepada dinas perhubungan kabupaten/kota maupun provinsi, serta Dirlantas Polda Jawa Timur untuk memetakan wilayah rawan kecelakaan.

"Yang harus kita persiapkan bahwa adanya kecenderungan ngebut. Oleh karennya kita minta operator jalan tol, dishub, dirlantas untuk mengamati tempat yang rawan. Buat rambu dan batasi kecepatan 100 km," ujar Budi.

Baca Juga: Catat! Ini Jalur Macet dan Puncak Arus Mudik Lebaran 2019 di Jatim

2. Khofifah berharap mudik di Jatim berjalan lancar

Jokowi Akan Resmikan dan Buka Tol Pandaan-Malang BesokIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyambut baik diresmikannya Jalan Tol Pandaan-Malang. Dengan begitu diharapkan dapat memperlancar mudik dan balik Idul Fitri.

Dari data yang disampaikan Khofifah, setidaknya ada 7,12 juta masyarakat di Jawa Timur yang melakukan mudik tahun ini. Perkiraan itu meningkat 3,71 persen dari total pemudik tahun lalu. Sekitar 3,4 juta orang mudik melalui darat.

"Dan tol Alhamdulillah sudah tersambung, dari Ngawi sampai Probolinggo, lalu dari Surabaya sampai Malang," ucap Khofifah.

3. Tol Pandaan-Malang bisa urai jalur arteri kawasan Taman Dayu hingga Singosari

Jokowi Akan Resmikan dan Buka Tol Pandaan-Malang BesokIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sejauh ini keberadaan jalan tol Pandaan-Malang memang sangat dinanti. Beroperasinya jalan tol tersebut dipercaya mampu mengatasi kemacetan, seperti di Taman Dayu Pasuruan, Jalan Raya Purwosari-Malang, Pasar Lawang, dan Pasar Singosari.

4. Nantinya tol Pandaan-Malang diresmikan sampai seksi III

Jokowi Akan Resmikan dan Buka Tol Pandaan-Malang BesokIDN Times/Prayugo Utomo

Informasi yang diterima tol Pandaan-Malang yang diresmikan Presiden Joko Widodo adalah seksi I, II, III. Dimana seksi I Pandaan-Purwodadi memiliki panjang 15,47 km, seksi II Purwosari-Lawang 8,05 km, dan seksi III Lawang-Karanglo 7,10 km. Sementara seksi IV dan Seksi V masih dalam tahap pengerjaan.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya