Anas Fauzie Tak Menyangka Aksi Lucunya Saat Jadi Penghulu Akan Viral

Ia sudah menjadi penghulu selama 12 tahun

Malang, IDN Times - Belakangan jagat dunia maya tengah dihebohkan dengan cuplikan video akad nikah yang cukup unik. Keunikan video itu terletak pada sang penghulu yang memberikan berbagai saran pernikahan dengan cara yang lucu. Ternyata, sosok penghulu viral tersebut adalah Anas Fauzie. Ia merupakan warga Sawojajar, Kota Malang. 

1. Tak menyangka bakal menjadi viral

Anas Fauzie Tak Menyangka Aksi Lucunya Saat Jadi Penghulu Akan ViralTangkapan gambar video saat Anas Fauzie memimpin ijab kabul. Dok/istimewa

Saat ditemui di kediamannya, Anas bercerita bahwa dirinya sama sekali tak menyangka bakal menjadi viral di media sosial. Pasalnya, selama ini dirinya hanya menjalankan tugas sebagai penghulu serta menyampaikan pesan dalam berumah tangga. Ia baru menyadari bahwa video dirinya viral dan ditonton banyak orang apda Minggu (29/8/2021) lalu. 

"Saat itu setelah selesai salat malam, sambil menunggu subuh saya duduk sambil minum kopi. Saat itu tiba-tiba ada tetangga yang mengirimkan video yang diambil dari TikTok. Video tersebut berisi nasehat yang saya berikan kepada mempelai mengenai ibu dan ternyata viral banyak yang menonton," terangnya Rabu (1/9/2021). 

2. Tak memiliki ekspektasi apapun

Anas Fauzie Tak Menyangka Aksi Lucunya Saat Jadi Penghulu Akan ViralAnas Fauzie saat ditemui di rumahnya kawasan Sawojajar, Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sejauh ini, ayah tiga anak itu mengakui tak bisa mengucap apapun selain bersyukur. Sebab, apa yang ia sampaikan tersebut mendapat sambutan dan apresiasi luar biasa dari masyarakat. Satu hal yang ia harapkan adalah, apa yang disampaikan tersebut bisa memberikan manfaat bagi kalangan luas. 

"Niat saya hanya menyampaikan ilmu yang saya miliki. Kalaupun menjadi viral, itu semua karena ridho dari Allah yang diberikan kepada saya. Mudah-mudahan, ini semua bisa membawa manfaat," tambah Anas yang tahun ini berusia 51 tahun itu. 

3. Semua berjalan natural saja

Anas Fauzie Tak Menyangka Aksi Lucunya Saat Jadi Penghulu Akan ViralTangkapan gambar saat Anas sedang memimpin ijab kabul. Dok/istimewa

Pria bernama lengkap KH Anas Fauzie An Nachrowi tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Lowokwaru. Dalam menjalankan tugas memimpin ijab kabul, dirinya tak pernah mempersiapkan materi untuk nasehat pernikahan. Semua berjalan natural dan alami saja. Hanya saja, dirinya memang melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu.

Jika memang situasi rileks dan nyaman, maka setelah prosesi ijab kabul, dirinya menyempatkan diri untuk memberikan nasehat pernikahan kepada kedua mempelai. "Tetapi kalau memang situasinya tidak memungkinkan, tentu saya juga harus bisa menyesuaikan. Semua berjalan alamiah tanpa ada persiapan-persiapan khusus," katanya. 

Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19, Penghulu di Jombang Pakai Helm dan Jas Hujan

4. Sudah 12 tahun jadi penghulu

Anas Fauzie Tak Menyangka Aksi Lucunya Saat Jadi Penghulu Akan ViralIlustrasi Menikah (IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar)

Pria kelahiran Malang 25 Mei 1970 itu sudah 12 tahun menjadi penghulu. Ia pertama kali menjadi penghulu pada tahun 2009 dan bertugas di Kecamatan Singosari. Kemudian berturut-turut pindah ke Kromengan, Gondanglegi, Poncokusumo, Pujon-Ngantang, Blimbing dan saat ini di Lowokwaru. Dalam kurun waktu tersebut, Anas mengaku banyak mendapat pengalaman tak terlupakan selama memimpin ijab kabul. Termasuk diantaranya ada yang gagal menikah.

"Suatu ketika pernah ada pasangan mempelai yang gagal ijab kabul karena masalah mahar. Jadi wali nikah kesulitan mengucapkan mahar yang diberikan oleh mempelai pria. Ada juga cerita gagal nikah lantaran wali mempelai putri tak juga tiba saat acara akad. Masih banyak lagi cerita yang tidak terlupakan selama jadi penghulu," imbuhnya. 

Terlepas dari itu, Anas mengakui tak pernah membeda-bedakan dalam memberikan nasehat pernikahan. Dimanapun lokasi akad nikah dan siapaun mempelainya jika memang dirasa perlu, maka akan diberikan nasehat pernikahan. Pasalnya kehidupan berumah tangga berbeda dengan sebelum menikah. Maka dari itu, setiap orang berhak untuk mendapatkan pembelajaran dan pesan moral pernikahan. 

"Semua saya berikan nasehat. Tidak harus acara ditempat khusus. Dimanapun jika memang memungkinkan maka akan kami berikan nasehat pernikahan," pungkasnya. 

Baca Juga: 125 Penghulu Meninggal Selama Masa Pandemik COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya