Ke Banyuwangi, Cak Imin Bahas Soal Kader PKB yang 'Diculik' PDIP

Katanya Bupati Banyuwangi dulunya adalah kader PKB

Banyuwangi, IDN Times - Bakal calon presiden Anies Baswedan ditemani bakal calon wakilnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur. Selain untuk memenuhi undangan pernikahan, kedatangan mereka juga dimaksudkan untuk memanaskan mesin politik di kalangan pesantren. Dalam sebuah acara, Cak Imin selaku Ketua Umum PKB sempat menyinggung perihal Pilkada yang akan digelar akhir tahun 2024 mendatang.

1. Ingin calon Bupati Banyuwangi dari PKB

Ke Banyuwangi, Cak Imin Bahas Soal Kader PKB yang 'Diculik' PDIPAgenda kegiatan duet Anies dan Cak Imin di Banyuwangi. (Istimewa)

Dalam sambutannya di hadapan pengurus PKB dan sejumlah ulama yang ada, Cak Imin menyatakan bahwa pada Pemilihan Bupati tahun 2024, calon pemimpin Banyuwangi harus berasal dari PKB. Menurut Cak Imin, PKB tak ingin lagi menjadi partai pendukung, melainkan pengusung yang memiliki calonnya sendiri.

"Pokoknya saya ingin bupatinya Banyuwangi harus dari PKB lagi," ungkap Cak Imin, Kamis (28/3/2023).

2. Cak Imin sebut PDIP menculik kader unggulan PKB

Ke Banyuwangi, Cak Imin Bahas Soal Kader PKB yang 'Diculik' PDIPKedatangan Anies - Cak Imin di Banyuwangi. (Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut Cak Imin sempat menyinggung sikap dari PDI Perjuangan dalam histori politik di Banyuwangi. Ia menyebut, sejak awal menduduki kursi DPR RI hingga terpilih menjadi Bupati Banyuwangi pada periode pertama, Abdullah Azwar Anas berangkat dari PKB. Namun dalam perjalanannya, tokoh yang kini menjabat sebagai Menpan-RB itu, berpindah hati ke partai berlogo banteng.

"2024 besok kalau pilih bupati yang benar. Jangan bupati dari PKB kemudian diculik masuk PDIP. Jangan diulangi lagi ya," ungkap Cak Imin.

Baca Juga: Anies Baswedan dan Cak Imin Bertemu Rizieq Shihab, Ada Apa?

3. Pilpres atau Pilkada, PKB harus menang di Banyuwangi

Ke Banyuwangi, Cak Imin Bahas Soal Kader PKB yang 'Diculik' PDIPDuet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (IDN Times/ Agung Sedana)

Untuk memastikan kejayaan PKB di Pilkada Banyuwangi 2024 nanti, Cak Imin berjanji menunjukkan taring PKB pada suksesi Pilpres terlebih dahulu. Ia mengajak agar seluruh kader untuk memenangkan pasangan Anies Baswedan dan dirinya pada 14 Februari 2024 nanti.

Di hadapan para ulama dan ratusan anggota kelompok pengajian, Cak Imin meminta restu dan dukungan untuk maju di pemilihan presiden nanti. Ia ingin mengulang sejarah kemenangan PKB di Banyuwangi pada tahun politik sebelum 2015.

"Jadi tahun 2024 ini harus PKB lagi. Pilpres kita menang dan Pilkada di Banyuwangi bupatinya juga dari PKB. Saya mohon doa restu para kiai, mohon dukungannya. Tahun 2024 PKB harus menang mutlak di Banyuwangi," tegas Cak Imin.

Baca Juga: Anies-Cak Imin ke Banyuwangi, Disambut Ibu-ibu Pengajian

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya