Comscore Tracker

Mengintip Fashion Gubernur Khofifah, Rekomendasi Oufit Lebaran

Nilai 1 sampai 10: Abaya hijau 7.5, Abaya Hold merah 9

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa beberapa hari lalu, dalam postingan instagramnya sedang memerkan busana dress yang ia kenakan. Busana tersebut adalah busana kain tenun ikat dari Lamongan.

Busana tersebut terlihat mewah dan anggun, cocok untuk menjadi baju Lebaran. Lalu seperti apa sih detail baju tersebut?

1. Busana Tenun Ikat dari Lamongan

Mengintip Fashion Gubernur Khofifah, Rekomendasi Oufit Lebaran

Khofifah menuliskan, tenun ikat tersebut berasal dari Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Lamongan. Umurnya sudah tiga dekade dan sudah ada sejak zaman kolonial. 

"Meski namanya tenun ikat, tapi bahannya terasa adem digunakan, cocok dijadikan outfit harian mulai dari dress, kemeja, gamis dan lain-lain. Motifnya khas berupa gunungan menyerupai gapura, yuk borong produk UMKM untuk hari Raya Idul Fitri," tulis Khofifah.

Baca Juga: Khofifah Larang Keras ASN Mudik Pakai Mobil Dinas 

2. Busana bernama Abaya

Mengintip Fashion Gubernur Khofifah, Rekomendasi Oufit Lebaranilustrasi busana abaya (instagram.com/mukenaseindah)

Sementara itu, Desainer Surabaya, Embran Nawawi mengatakan, bentuk busana yang dikenakan Khofifah bernama Abaya. Di Indonesia busana tersebut disebut sebagai dress potong pinggang.

Desain baju Khofifah dalam postingan sebelah kiri menurut Embran, dengan Abaya Hijau dan kerudung oranye adalah warna kesukaan Khofifah. Detail yang ditonjolkan merupakan penempatan motif A simetris (motif tumpal temun).

"Dalam fashion, selain sebagai aplikasi biasanya untuk menyamarkan bentuk tubuh seperti berkesan langsing. Di sini Ibu terkesan anggun," ujar Embran, Selasa (19/4/2022).

"Warna hijau memang merupakan warna kewibawaan hingga jika dipakai pemimpin akan terlihat tennag dan berwibawa sekaligus terlihat elegant," imbuhnya.

Sementara, untuk desain baju postingan sebelah kanan, busana yang dikenakan Khofifah, Abaya gold merah dengan bentuk yang sama namun warna berbeda, Khofifah terlihat sangat glamour dan fresh karena warna dan motifnya memang warna mewah dan glamour.

"Warna Gold dan Merah adalah warna kemewahan dan keceriaan. Warna ini memberi kedekatan secara emosional dengan orang disekitarnya," tutur Embran.

3. Desainer beri nilai 9 untuk busana Khofifah

Mengintip Fashion Gubernur Khofifah, Rekomendasi Oufit LebaranKhofifah saat mengenakan busana tenun ikat dari Lamongan. (Instagram/@Khofifah.ip)

Menurut Embran, tenun khas Lamongan merupakan tenun terbaik Jawa Timur, dengan teknik ikat membuat motif terlihat tegas dan elegan. Material katun dan rayon membuat tenun ini nyaman buat dipakai sarung maupun untuk busana.

"Ibu Gubernur Khofifah cocok untuk kedua potongan tersebut. Dalam nilai 1 sampai 10, Abaya hijau 7.5, Abaya Hold merah 9," pungkasnya

Baca Juga: Khofifah Atur Cuti, RS dan Kantor Layanan Publik Diminta Menyesuaikan

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya