TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3.662 Mahasiswa Baru Diterima di UB Jalur SNBP 2024

Persaingan SNBP 2024 di UB super ketat

Ilustrasi Kampus Universitas Brawijaya (UB). (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Malang, IDN Times - Universitas Brawijaya (UB) mengumumkan hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024. Mereka mengumumkan 3.662 orang mahasiswa diterima untuk berkuliah di kampus biru ini.

Oleh karena itu, mahasiswa yang telah lolos SNBP 2024 diharapkan segera bersiap untuk melengkapi berkas-berkasnya. Sehingga mereka bisa segera bersiap berkuliah di Kota Malang.

1. Pihak kampus memprioritaskan mahasiswa yang jadikan UB pilihan pertama

Ilustrasi gedung Universitas Brawijaya. (Dok. Humas Universitas Brawijaya)

Wakil Rektor UB Bidang Akademik, Prof Imam Santoso menyampaikan jika awalnya jumlah pendaftar SNBP 2024 di UB ada sebanyak 31.368 orang, dan hanya diterima sebanyak 3.662 orang saja. Ia mengatakan jika mereka memprioritaskan calon mahasiswa yang menjadikan UB sebagai pilihan utama.

"Ada sebanyak 27.002 orang yang menjadikan UB pilihan pertama, dan 12.575 orang yang menjadi UB pilihan kedua. Kami menerima 3.653 orang yang menjadikan UB pilihan pertama, dan 9 orang yang menjadikan UB pilihan kedua," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (27/3/2024).

UB melakukan ini demi memberikan kesempatan pada calon mahasiswa yang benar-benar ingin berkuliah di kampus mereka. Sehingga para calon mahasiswa ini bisa benar-benar belajar sesuai minatnya masing-masing.

2. UB menjadi kampus nomor 3 dengan jumlah peminat terbanyak pada SNBP 2204

Ilustrasi mahasiswa yang melakukan wisuda di tengah pandemik. (IDN Times/Aditya Pratama)

Prof Imam juga mengungkapkan jika UB menjadi kampus nomor 2 dengan jumlah peminat terbanyak pada SNBP 2024. Mereka hanya kalah dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan 36.033 pendaftar dan Universitas Diponegoro (Undip) dengan 34.658 pendaftar.

"Tahun lalu sebenarnya kita yang paling banyak (pendaftar SNBP), tapi tahun ini kita tidak lagi yang pertama. Karena yang mendaftar tahun ini ada 31.368 orang," bebernya.

Meskipun demikian, ini tidak menjadi masalah serius bagi UB. Mereka mengatakan lebih fokus untuk memfasilitasi calon mahasiswa yang benar-benar ingin menempuh pendidikan di UB.

Verified Writer

Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya