Comscore Tracker

Navy Jazz Traffic Festival, Pengobat Rindu Penikmat Konser Musik

Penonton rela hujan-hujan demi nyanyi hati-hati di jalan

Surabaya, IDN Times - Panglima Koarmada II (Pangkoarmada II) bersama Wakil Gubernur Jawa Timur membuka langsung pertunjukan musik Navy Jazz Traffic Festival, Sabtu (15/4/2022) di Villa Navy Residance, Lawang, Malang. Navy Jazz Traffic Festival menjadi gelaran konser perdana di Jawa Timur selama pandemik COVID-19.

Sejumlah musisi Nasional seperti Reza Artamevia, Virzha, Dewa 19, Tulus, Barry Likumahuwa dan band Padi pun memeriahkan gelaran musik ini. Bahkan Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto pun turut ikut membawakan lagu bersama Indonesian Navy Orchestra.

Meski hujan mengguyur, tapi tidak menyurutkan penonton untuk tetap berdiri menonton idola mereka. Mereka nampak riang bernyanyi mengikuti lagu yang dibawakan.

1. Navy Jazz Traffic diharapkan jadi awal kebangkitan musisi

Navy Jazz Traffic Festival, Pengobat Rindu Penikmat Konser MusikPangkoarmada II saat tampil di Navy Jazz Traffic Festival. (Instagram/@Jazztraffic)

Laksda TNI Iwan menuturkan, Navy Jazz Traffic,  diharapkan menjadi titik awal kebangkitan musisk tanah air pasca pandemik. Mengingat, dua tahun terakhir, mereka absen dari jadwal manggung.

“Dua tahun terakhir kita menghadapi situasi yang tidak mudah akibat pandemi Corona-19. Untuk itu tetap patuhi protokol kesehatan, serta menjaga kesehatan, kenyamanan dan ketertiban agar kegiatan ini berjalan dengan lancar," katanya saat ditemui diselah kegiatan.

Bukan hanya bagi musisi, Navy Jazz Traffic juga diharapkan membantu memulihkan ekonomi di Jawa Timur. Karena dalam gelaran ini, pihaknya telah menggandeng 150 lebih Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)."Tadi, katanya jualannya habis semua. Saya senang mendengarnya," ucapnya.

Baca Juga: Sedot Ribuan Penonton, Navy Jazz Traffic Juga Diramaikan 160 UMKM 

2. Menjadi acuan konser offline sudah aman digelar

Navy Jazz Traffic Festival, Pengobat Rindu Penikmat Konser MusikPenampilan Tulus di Navy Jazz Traffic Festival (Instagram/@Jazztraffic/

Selain Pangkoarmada II dan Wagub Emil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga hadir secara virtual. Kedua menteri tersebut pun mengapresiasi gelara ini.

Navy Jazz Traffic Festival bukan hanya hiburan tetapi juga menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Penyelenggaraan Navy Jazz Traffic Festival bisa menjadi acuan kegiatan kkonser musik secara offline sudah aman untuk diselenggarakan.

Baca Juga: BNI Java Jazz On The Move Sukses Sambut Antusias Masyarakat

3. Penonton antusias, UMKM ikut senang

Navy Jazz Traffic Festival, Pengobat Rindu Penikmat Konser MusikPenampilan Dewa 19 di Navy Jazz Traffic. (Instagram/@Jazztraffic)

Setidaknya ada 7.800 penonton hadi di konser tersebut. Hal ini membuat UMKM pun ikut merasakan hasilnya, salah satunya adalah pemilik tenan Soto Madura Wawan dan Bebek Goreng Harisa, asal Surabaya Riesna (36).

Dalam sehari, berjualan ia mampu menjual lebih dari 300 mangkok nasi. Dirinya pun sangat bersyukur dengan hal ini.

"Makanan kami jual Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu. Saya belum hitung pastinya pendapatan kami. Tapi, sangat banyak lah. Kami senang bisa berpartisipasi berjualan di sini," ungkapnya.
 

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya