Comscore Tracker

Sempat Diprediksi Gagal, 5 Drakor Ini Malah Sukses Besar

 Don't judge a drakor by its poster 

Drama Korea Selatan saat ini menjadi bahan tontonan yang tak lagi asing. Bahkan, drakor seolah menjadi "langganan" serial setiap sebuah drakor tamat dan digantikan dengan judul drakor baru. Saking seringnya, acapkali penggemar sudah punya firasat atau 'radar' tersendiri untuk memprediksi, apakah drama yang akan datang itu akan sukses atau malah flop.

Para penggemar ini 'mengendus' berhasil tidaknya sebuah drakor mulai dari pemain, sutradara, penulis, cerita hingga judul. Beberapa drakor sudah memancarkan energi blockbuster, namun beberapa diantaranya tidak.

Berikut ini adalah 5 drakor diprediksi gagal, namun saat tayang malah sukses besar. Simak yuk! 

1. Kill Me, Heal Me (2015)

Sempat Diprediksi Gagal, 5 Drakor Ini Malah Sukses BesarKill Me, Heal Me (2015). (imdb)

Saat akan diumumkan akan tayang dengan menceritakan seorang pria dengan tujuh kepribadian berbeda, penggemar ragu apakah serial Kill Me, Heal Me ini akan memilih aktor yang tepat untuk memerankankannya. Bahkan saat Ji Sung sudah dikonfirmasi akan memerankan Cha Do Hyun, banyak penggemar yang meyakini bahwa ceritanya akan berantakan karena mencoba menyelaraskan ketujuh kepribadian ke dalam plot.

Namun saat resmi tayang pada 7 Januari 2015, Kill Me, Heal Me nyatanya malah sukses besar. Drama berjumlah 20 episode ini bahkan menyapu beberapa penghargaan di tahun yang sama. Diperankan oleh Ji Sung, Hwang Jung-eum, Park Seo-joon, Oh Min-suk dan Kim Yoo-ri, Kill Me, Heal Me disebut-sebut sebagai salah satu drama yang tak terlupakan dalam industri hiburan Korea Selatan. 

Baca Juga: Padukan Action dan Romance, 9 Drakor Ini Bikin Deg Degan Tapi Baper

2. I Can Hear Your Voice (2013)

Sempat Diprediksi Gagal, 5 Drakor Ini Malah Sukses BesarI Can Hear Your Voice (2013). (kdramalove.com)

Ketika hukum, romansa dan fantasi bersatu untuk menggambarkan arah serial I Can Hear Your Voice, para penggemar K-Drama nyatanya masih tidak bergeming. Bahkan karakter tokoh utama pria yang memiliki kemampuan membaca pikiran, dianggap tidak menarik oleh produser hingga perusahaan penyiaran itu sendiri.

Namun faktanya, drama yang tayang pada 2013 itu sukses besar. Chemistry apik yang ditampilkan Lee Jong Suk dan Lee Bo Young, ditambah karakter psikopat oleh aktor Jung Woong In, membawa I Can Hear Your Voice mencapai rekor baru dalam hal peringkat penonton pada saat itu. Dari yang awalnya 16 episode, produser akhirnya memperpanjang menjadi 18 episode.

3. Reply 1997 (2012)

Sempat Diprediksi Gagal, 5 Drakor Ini Malah Sukses BesarReply 1997. (themoviedb.org)

Reply 1997 adalah drama korea keempat yang sempat diremehkan sebelum penayangannya. Para penggemar menganggap produser dan penulis skenario bukan dari kalangan yang berpengalaman di industri K-drama. Apalagi, deretan pemain di Reply 1997 dianggap tidak menarik. Selain itu, konsep throwback yang menjadi latar cerita ini terlihat terlalu eksperimental bagi penulis baru.

Faktanya setelah tayang, setiap episode di Reply 1997 mengukir sejarah rating drakor di stasiun penyiaran TvN. Para penonton kelahiran 90an terpikat dengan drama ini karena penggambaran kehidupan 1990an akhir yang sangat realistis. Ini membuat sekuel Reply selalu ditunggu-tunggu. Dua lainnya yakni Reply 1994 pada 2013 dan Reply 1988 yang mencapai puncak kesuksesan saat tayang pada 2015 silam.

4. Dream High (2011)

Sempat Diprediksi Gagal, 5 Drakor Ini Malah Sukses BesarDream High (2011). (fanpop)

Saat Dream High merilis deretan pemain, di situlah awal dari rasa skeptis penggemar. Ini dikarenakan Dream High diisi oleh para idol K-Pop yang  belum memiliki pengalaman di bidang akting saat itu, seperti Suzy, IU, Taecyeon 2PM dan Wooyoung. Bahkan drama ini sempat menuai kritik sebelum tayang karena dianggap akting pemain kurang berkualitas.

Tapi secara mengejutkan, Dream High meraih rating 17 persen dan itu menjadi bukti keberhasilan sebuah drama di Korea Selatan. Para penonton tidak bisa mengalihkan perhatian dari pemeran utama pria Song Sam Dong (Kim Soo Hyun). Setelah drama ini, Suzy, IU dan Taecyeon membintangi beberapa judul drama sebagai pemeran utama. Dream High juga berhasil menggaet pemirsa remaja sebagai segmen penonton utamanya.

5. Bread, Love and Dreams (2010)

Sempat Diprediksi Gagal, 5 Drakor Ini Malah Sukses BesarBread, Love and Dreams (2010). (asianwiki)

Bread, Love and Dreams atau lebih dikenal dengan Baker King Kim Tak Goo ini mulanya membuat penggemar ragu karena judulnya yang tidak menarik. Banyak penggemar juga tidak percaya dengan aktor Yoon Si Yoon yang merupakan aktor pendatang baru dan tidak cocok mengambil peran tokoh utama di drama ini.

Buktinya, Bread, Love and Dreams membuat penonton terpikat oleh penceritaan dan alur plot yang sulit ditebak. Bread, Love and Dreams bahkan mencapai rating 50%, sebuah pencapaian legendaris sebuah drama saat itu.

Baca Juga: 5 Aktor Muda Sukses Perankan Villain di Drakor, Bikin Geregetan!

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya