TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harga Sayuran Anjlok, Petani Magetan Menjerit

Panen berlimpah dan masuknya sayuran luar daerah jadi pemicu

Aktivitas jual beli sayur di pasar agro Plaosan Magetan. IDN Times/ Riyanto.

Magetan, IDN Times - Harga sayuran di pasar tradisional Magetan mengalami penurunan drastis. Penurunan harga ini tidak hanya mengejutkan para petani, tetapi juga membuat para pedagang resah. Seperti petani di lingkungan Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, mengeluhkan anjloknya harga sayuran dalam sebulan terakhir, sejak Minggu (28/7/2024). 

1. Harga jual tak sebanding dengan harga produksi

Harga berbagai jenis sayuran seperti brokoli, loncang, kubis, sawi, tomat, hingga cabai merah dan keriting, semuanya turun serentak. Yang lebih mengkhawatirkan, harga sayuran anjlok saat para petani sedang panen raya.

Menurut mereka hasil panjualan saat ini tidak sebanding dengan biaya operasional yang mereka keluarkan. Dibandingkan dengan harga pada panen sebelumnya, harga saat ini benar-benar anjlok. 

"Contohnya, harga tomat yang sebelumnya mencapai Rp20 ribu kini hanya Rp2000 per kilogram di tingkat petani," kata petani bernama Suwarno, Minggu (28/7/2024).

Baca Juga: Bawang Merah Anjlok, Petani Magetan Sulit Kembalikan Pinjaman Bank

2. Ini produk pertanian yang harganya turun

Masih menurut Suwarno, harga brokoli turun dari Rp15 ribu saat ini  menjadi Rp9000 per kilogram, dan cabai keriting yang sebelumnya dijual seharga Rp35 ribu hingga Rp38 ribu kini hanya Rp22 ribu hingga Rp23 ribu per kilogram. 

"Loncang atau daun bawang pree kini dihargai Rp15 ribu dari sebelumnya Rp25 ribu per kilogram. Kacang panjang turun dari Rp8000 menjadi Rp3000 per kilogram, dan sawi yang biasanya seharga Rp3000 kini hanya Rp1.000 per kilogram. Hanya harga cabai rawit yang masih tinggi, yakni Rp60.000 per kilogram," bebernya.

"Susah semua, Mas. Cari rezeki semua tanaman harganya ambleg. Seperti tomat tinggal Rp2.000. Biaya tanam saja mahal, pupuk obat mahal, dan tanaman lainnya harganya tidak ada yang naik," keluhnya.

Verified Writer

Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya