Comscore Tracker

Kunjungan Wisatawan di Kota Malang Meningkat

Wisatawan mancanegara juga mulai datang ke Malang

Malang, IDN Times - Kondisi pandemik yang terus melandai membuat perkembangan wisatawan di Kota Malang melonjak. Tercatat sepanjang periode Januari—Juni 2022, sudah ada sebanyak 5,9 juta wisatawan yang tercatat berkunjung ke Kota Malang. Jumlah tersebut sudah melebihi target yang ditetapkan Pemerintah Kota Malang sebanyak 1,9 juta wisatawan. 

1. Perkiraan penghujung tahun baru tercapai

Kunjungan Wisatawan di Kota Malang Meningkatfajar.co.id

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menjelaskan bahwa pihaknya sama sekali tak menduga bahwa jumlah kunjungan bakal meningkat secara drastis. Padahal pihaknya memperkirakan angka 5,9 juta itu baru bisa dicapai pada penghujung tahun 2022 ini. Tetapi prediksinya meleset. Malahan angka tersebut bisa dicapai pada pertengahan tahun 2022 dan jauh melampaui target yang ditetapkan.

"Perkiraan kami memang masyarakat masih ragu untuk aktivitas di luar karena masih pandemik. Tetapi ternyata situasi semakin membaik. Sejak Maret lalu sudah terjadi lonjakan kunjungan," katanya Selasa (2/8/2022). 

Baca Juga: 5 Tempat Makan Croissant di Malang, Variannya Beragam!

2. Wisatawan mancanegara juga mulai datang

Kunjungan Wisatawan di Kota Malang MeningkatInstagram.com/grojogan_bangunrejo

Tak hanya wisatawan lokal, situasi pandemik yang sudah terkendali juga membuat wisatawan mancanegara kembali mulai mengunjungi Kota Malang. Tercatat sepanjang periode yang sama yakni Januari-Juni, ada 109 wisatawan mancanegara yang datang ke Kota Malang. Tak hanya berwisata, sebagian besar diantara mereka juga bekerja. 

"Wisatawan mancanegara juga mulai ramai lagi. Pelonggaran pembatasan perjalanan membuat turis asing mulai datang ke Kota Malang," tambah Ida.

3. Kampung tematik jadi tujuan favorit

Kunjungan Wisatawan di Kota Malang Meningkatdokumen pribadi

Ida menyebut bahwa kampung tematik masih menjadi tujuan favorit yang banyak disinggahi wartawan. Beberapa kampung tematik yang cukup ikonik di Kota Malang diantaranya Kampung Warna Warni Jodipan, Kampung Tridi hingga Kampung Biru. Ia memperkirakan jumlah wisatawan masih akan terus meningkat hingga akhir tahun.

"Sebagian memang mengadakan pertemuan di hotel. Setelah itu dilanjutkan dengan berwisata," jelasnya. 

4. Okupansi hotel sudah menyentuh angka 60 persen

Kunjungan Wisatawan di Kota Malang Meningkatinstagram.com/kampung_tridi

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran (PHRI) Kota Malang, Agoes Basoeki, menambahkan bahwa saat ini okupansi hotel sudah menyentuh 60 persen di hari biasa. Lalu pada saat akhir pekan, okupansi bisa naik sampai 80 persen.

"Secara perlahan sudah mulai kembali seperti semula. Tapi ini belum mencapai puncak. Perkiraan kami puncaknya mulai Oktober," pungkasnya. 

Baca Juga: Korban Arisan Bodong Pedangdut di Malang Kembali Bertambah

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya