Siap Aksi! Buruh dari Sidoarjo Mulai Bergerak Menuju Kantor Gubernur

Salah satu poin tuntutan mereka adalah revisi PP 51

Surabaya, IDN Times - Para buruh asal Sidoarjo terlihat mulai memenuhi sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surabaya, di jam 12.00 WIB pada peringatan Hari Buruh 1 Mei 2024. Pantauan IDN Times, beberapa buruh berkumpul di depan pintu masuk Mall Cito, Gerbang Dishub Jatim, dan trotoar mall properti Mitra 10.

Mereka terdiri dari Federasi Serikat Rakyat Pekerja (FSRP), Serikat Pekerja Sopir Angkutan Trailer Indonesia, Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), FSMPI, dan masih banyak yang kelompok buruh lainnya. 

Salah satu peserta aksi, Ahmad Soleh mengatakan bahwa mereka akan menuju ke Kantor Gubernur Jawa Timur dengan membawa beberapa tuntutan. Salah satu yang paling penting, yaitu soal Peraturan Pemerintah Nomor 51 tentang pengupahan. 

Buruh dari PT. Sopa Nusa Tissue menyebut di dalam undang-undang tersebut banyak kerugian yang didapat oleh para pekerja, seperti kurangnya tunjangan hari tua dan dihapuskannya uang pesangon. "Tentu kami sangat dirugikan dengan adanya PP 51, kami ingin pemerintah merevisinya kembali," ucap Soleh. 

Hingga pukul 12.15 WIB, sebagaian serikat buruh terpantau masih berada Jl. Jenderal Ahmad Yani. Namun, beberapa dari mereka juga mulai bergerak menuju Kantor Gubernur dengan mengendarai truk kontainer, sepeda motor, dan beberapa pick up dengan kawalan polisi.

Polda Jawa Timur sendiri sebelumnya menyatakan bahwa mereka akan mengamankan demo May Day ini bersama TNI Polri dengan kekuatan 1.758 personel. 

Baca Juga: 1.758 Personel Polda Jatim Disiagakan untuk May Day

Rachmaddani Rizki Saputra Photo Community Writer Rachmaddani Rizki Saputra

Jurnalis magang katanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya