Partai Buruh Nyatakan Tak Akan Pilih Khofifah di Pilgub 2024

Banyak tuntutan yang belum terlaksana, katanya

Surabaya, IDN Times - Ribuan buruh yang terlibat dalam aksi May Day telah memadati di sekitar Kantor Gubernur Jawa Timur pada Rabu, 1 Mei 2024. Banyak dari serikat buruh maupun organisasi buruh lain yang ikut berpartisipasi dalam menyampaikan orasi kepada pemerintah Jatim. 

Salah satu yang ikut berorasi adalah para kader Partai Buruh di Jawa Timur. Khoirul Anam yang merupakan orator dari Partai Buruh, menyebutkan bahwa pihaknya tidak akan memilih Khofifah dalam Pilgub Jatim 2024 yang berlangsung pada November mendatang. 

Dari data dan fakta di lapangan, Anam menyebutkan bahwa banyak janji-janji dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, sejak kepemimpinan di periode 2019 yang dianggap belum menuntaskan persoalan dan isu-isu buruh.

"Bukan hanya belum terlaksana, tetapi ada yang memang tidak dilaksanakan," ucapnya. 

Beberapa persoalan tersebut adalah BPJS Ketenagakerjaan yang tidak pernah dibayarkan oleh sejumlah perusahaan, banyaknya karyawan PHK yang tidak diberi pesangon, hingga masalah kontrak kerja yang tak kunjung memiliki kejelasan. 

Selain itu tuntutan terkait kenaikan upah bagi para buruh sejak periode awal Khofifah menjabat, juga belum pernah mendapat respon dan aksi yang jelas. 

"Maka dari itu, Partai Buruh menegaskan tidak akan memilih Khofifah dalam kontestasi Pilgub 2024," ujarnya.

Khofiah sendiri saat ini sudah diusung oleh beberapa partai. Salah satunya adalah Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kalau Ibu Khofifah dari awal dari dulu dari pertama memang sudah bagian dari kita, karena Ibu Khofifah saya kenal lama, PAN tahu betul bekerja sungguh-sungguh, tulus untuk memajukan masyarakatnya, khususunya Jatim tentu secara umum Indonesia," ujar Ketum PAN, Zulkifli Hasan, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga: Khofifah Sudah Pasti Diusung PAN, Emil Masih Abu-Abu

Rachmaddani Rizki Saputra Photo Community Writer Rachmaddani Rizki Saputra

Jurnalis magang katanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya