Buruh Gresik Berkumpul di Taman Bungkul, Bergerak ke Kantor Gubernur

Mereka tergabung dalam SPSI Gresik

Surabaya, IDN Times - Para demonstran Hari Buruh 2024 telah berkumpul di sepanjang Jalan Raya Darmo arah ke Basuki Rahmat, tepatnya di depan Taman Bungkul pada Rabu (1/5/2024). Mereka merupakan pekerja dari berbagai perusahaan di Gresik yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau SPSI Gresik.

Dari pantauan IDN Times, mereka telah berkumpul sejak pukul 11.15 WIB. 
Salah satu peserta demo, Ansori (43) menyebut tuntutan yang hendak disuarakan di antaranya mengenai Omnibus Law.

"Kita mintanya ke pemerintah cabut Omnibus Law dan masalah pesangon itu kan. Yang diakui pemerintah walau masa kerja 20 tahun misalnya, yang diakui hanya 9 tahun," ujar Ansori.

Selain itu, Ansori juga membagikan keresahan para buruh terkait sistem alih daya alias outsourcing. Menurutnya sistem ini dinilai merugikan para buruh dan sudah seharusnya untuk dihapus.

"Kasihan anak-anak kita besok nasibnya gak menentu. Kan kita kerja selalu berhati-hati. Kalau sistem kontrak kan harus kerjanya lebih bagus terus kalau kurang bisa kontrak 6 bulan diputus perusahaan," jelasnya.

Ansori juga mengimbuhkan bahwa setelah dari Jalan Raya Darmo, massa akan bergerak menuju Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan untuk melakukan aksi di sana.

"Kita nanti di Kantor Gubernur aja mbak."

Selain dari Gresik, iring-iringan demo dari kelompok buruh lain juga nampak terus berdatangan melewati Jalan Raya Darmo sedari pukul 11.54 sampai 12.30 WIB. 
Kendati demikian Jalan Raya Darmo terpantau ramai lancar dan tidak mengalami kemacetan parah.

Baca Juga: Hari Buruh Sedunia 1 Mei: Ini Sejarahnya

Kayla Jasmine Yasmara Photo Community Writer Kayla Jasmine Yasmara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya