5 Destinasi Wisata Dekat Gerbang Tol Ngawi

Ada wisata sejarah juga, lho!

Salah satu wilayah yang kerap kali dilalui pemudik saat Lebaran 2024 adalah Kota Ngawi dan sekitarnya. Sembari menghilangkan penat saat perjalanan mudik, kalian bisa mampir ke beberapa destinasi wisata di Ngawi. Spot liburan ini memiliki akses yang mudah dijangkau karena terbilang dekat dengan gerbang tol

Jika kalian berencana untuk mudik sembari liburan di Ngawi, tidak ada salahnya untuk menyimak sejumlah rekomendasi wisata yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Benteng Pendem Van Den Bosch

5 Destinasi Wisata Dekat Gerbang Tol NgawiBenteng Van Den Bosch. (bappelitbang.ngawikab.go.id)

Benteng Van Den Bosch juga disebut sebagai Benteng Pendem yang merupakan bukti peninggalan zaman kolonial Belanda. Benteng pertahanan tersebut dibangun oleh arsitek Belanda yang bernama Jacobus von Dentzsch pada sekitar tahun 1939.

Benteng Van Den Bosch saat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Terlebih, karena banteng seluas 15 hektar ini baru saja selesai direvitalisasi pada awal tahun 2023. Destinasi wisata ini bisa ditempuh sejauh 7,5 kilometer dari Gerbang Tol Ngawi.

Lokasi: Jl. Untung Suropati No.II, Pelem II, Pelem, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi
Jam buka: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Baca Juga: 6 Wisata Magetan Dekat Tol Madiun, Cocok untuk Libur Lebaran

2. Tirtonirmolo Waterpark

5 Destinasi Wisata Dekat Gerbang Tol NgawiTirtonirmolo Waterpark. Facebook/Media Ngawi

Jika kalian berminat untuk mengisi liburan dengan aktivitas berenang, tidak ada salahnya mendatangi Tirtonirmolo Waterpark. Di sini terdapat kolam renang yang disesuaikan untuk semua usia. Terdapat seluncuran air yang seru, hingga kolam dangkal khusus untuk si kecil yang penuh keceriaan.

Selain kolam renang, kalian juga bisa menikmati wahana lain yang tersedia. Contohnya seperti boom boom car, flying fox, motor ATV, dan bianglala. Tirtonirmolo Waterpark memiliki jarak tempuh 8,9 kilometer dari Gerbang Tol Ngawi.

Lokasi: Jl. Raya Ngawi-Madiun No.KM. 7, Sambi, Tempuran, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi
Jam buka: setiap hari pukul 09.30-15.00

3. Alun-Alun Kabupaten Ngawi

5 Destinasi Wisata Dekat Gerbang Tol NgawiAlun-Alun Ngawi. Facebook/Radar Djowo

Tahukah kalian? Alun-Alun Ngawi merupakan alun-alun paling besar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Luas Alun-Alun Ngawi mencapai sekitar 68.310 meter persegi. Bahkan, Alun-Alun ini menjadi salah satu Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) bagi pengunjung dari luar Kabupaten Ngawi.

Berbagai macam fasilitas ditawarkan di sini, mulai dari arena permainan anak yang rekreatif sampai ruang terbuka yang biasa digunakan untuk pertunjukan musik. Dari Gerbang Tol Ngawi, kalian cukup menempuh jarak 6 kilometer saja.

Lokasi: Kluncing, Ketanggi, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi
Jam buka: 24 jam

4. Taman Candi Ngawi

5 Destinasi Wisata Dekat Gerbang Tol NgawiTaman Candi Ngawi. Facebook/Taman Candi Ngawi

Taman Candi menawarkan suasana alam penuh kesejukan dengan menghadirkan hutan dalam kota. Banyak jenis pepohonan rindang di sini, seperti pohon jati, bamboo, dan lain-lain. Jika kalian mudik dengan kendaraan roda empat, spot wisata ini hanya berjarak 5,9 kilometer dari Gerbang Tol Ngawi.

Taman ini menjadi salah satu destinasi wisata ramah anak dan cocok untuk semua kalangan. Keindahan konsepnya menjadi favorit masyarakat Ngawi dan sekitarnya. Kalian bisa menghabiskan waktu di sini sembari menikmati kuliner kaki lima.

Lokasi: Jln. taman candi, RT.01/RW.01, Ketanggi, Kartoharjo, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi
Jam buka: setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB

5. Bukit Kerek Indah

5 Destinasi Wisata Dekat Gerbang Tol NgawiBukit Kerek Indah. (kominfo.ngawikab.go.id)

Taman Wisata Bukit Kerek Indah berlokasi tidak jauh dari Gerbang Tol Ngawi, yakni sekitar 13 kilometer. Selain menawarkan keindahan alam yang memikat, terdapat berbagai spot foto yang bisa digunakan bersama keluarga. Salah satunya adalah spot jembatan kayu.

Spot ini menjadi ikon unik tersendiri dari Bukit Kerek Indah. Jembatan yang dikenal sebagai jembatan selfie dengan tinggi 20 meter itu memberikan suasana tak terlupakan. Kalian bisa berfoto dengan pemandangan sungai Bengawan Solo yang indah. 

Lokasi: Jl. Bojonegoro - Ngawi, Kerek, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi

Jam buka: setiap hari 09.00-17.00 WIB

Itu tadi 5 destinasi wisata yang dekat dijangkau dari gate tol Ngawi. Bagi kamu yang kebetulan pengin berwisata saat mudik, bisa kalian coba 5 destiansi wiata tadi.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Wisata Lewat Jalan Tol Gempol Pandaan

Kayla Jasmine Yasmara Photo Community Writer Kayla Jasmine Yasmara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya