Comscore Tracker

7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan Daerah

Ada yang sampai go internasional loh!

Beragam kerajinan khas Blitar menjadi produk yang mampu memperbesar peluang bagi warganya dalam berwirausaha. Dengan menjaga kualitas, kerajinan ini dapat bersaing di pasar internasional. Tidak hanya sebagai pajangan, kerajinan yang diciptakan juga memiliki nilai fungsi yang dapat digunakan oleh pembeli. Berikut adalah penjelasan kerajinan khas Blitar.

1. Kendang jimbe, alat musik pengiring tari dan wayang

7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan DaerahKerajinan Kendang Jimbe/ Instagram @kendang_jimbe

Kendang adalah salah satu alat musik yang dimainkan untuk mengiringi pertunjukan seni, khususnya seni tari dan wayang. Maka dari itu masyarakat sekitar memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan usaha kerajinan kendang jimbe. Banyak para wisatawan yang datang ke Blitar hanya untuk membeli alat musik tersebut. Sehingga menjadikan kerajinan ini termasuk salah satu produk unggulan dari Blitar.

Baca Juga: 12 Pantai yang Indah dan Alami di Blitar, Pesonanya Memanjakan Mata

2. Kerajinan Gerabah sebagai nilai fungsi dan estetika

7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan Daerahgoogle.com

Gerabah adalah sebuah kerajinan yang terbuat dari tanah liat. Unik dan estetik, kerajinan ini masih dipasarkan hingga sekarang karena masih banyak peminatnya. Selain sebagai pajangan, gerabah juga memiliki fingsi sebagai peralatan dapur seperti teko, kendi, cobek dan lain sebagainya. Banyak memberikan pilihan fungsi, masyarakat dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing.

3. Kerajinan bandul kunci yang memiliki banyak bentuk dan corak

7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan Daerahpinterest.com

Bandul kunci adalah sebuah pernak-pernik yang umum dijadikan sebagai buah tangan di suatu daerah tertentu. Kalian juga dapat memperoleh kerajinan mungil ini jika berkunjung ke Kota Blitar. Memiliki banyak bentuk dan corak, kerajinan ini cukup digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu bandul kunci ini dibanderol dengan harga yang cukup murah dan mudah dibawa saja.

4. Alat musik perkusi bernama kerajinan marakas

7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan DaerahSumber Gambar: www.klpac.org

Tidak hanya kendang jimbe, Blitar juga memiliki kerajinan berupa alat musik lainnya, yaitu Marakas. Marakas adalah alat musik berupa perkusi. Alat musik ini memiliki eksistensi yang tinggi di kalangan masyarakat bahkan para remaja. Maka dari itu masyarakat memanfaatkan peluang ini dengan menjualnya ke pasar luar daerah. Masyarakat dapat menukar kreativitas serta inovasi yang dimilikinya menjadi rupiah yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.

5. Dapat mendesain sesuai keinginan pada kerajinan kaca lukis

7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan Daerah

Kerajinan kaca lukis merupakan hasil dari kreativitas masyarakat yang unik dan indah. Berbekal kemampuan melukis, kerajinan ini dapat meningkatkan minat wisatawan untuk membelinya. Menggunakan media kaca, kerajinan ini tersedia dalam berbagai macam bentuk dan ukuran yang beragam. Selain itu, konsumen dapat memberikan desain atau pola lukis yang diinginkan kepada penjual.

6. Kerajinan batok kelapa yang menembus pasar internasional

7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan Daerahhendra wijaya

Kerajinan ini merupakan salah satu hasil karya masyarakat Blitar yang mampu menembus pasar internasional. Batok kelapa dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam kerajinan seperti hiasan, tas, mainan, dan lain sebagainya. Bahkan dapat dipesan dalam jumlah yang besar oleh negara tetangga. Maka tak heran jika masyarakat Blitar memanfaatkan limbah kelapa tersebut menjadi sebuah kerajinan yang unik dan memiliki harga tinggi di pasaran.

7. Kerajinan mahkota sangkar burung yang menjadi ciri khas Kota Blitar

7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan DaerahKerajinan Mahkota Sangkar Burung/ Instagram @grosirsangkar_burung

Menjadi ciri khas Kota Blitar, kerajinan ini memiliki harga jual yang tinggi dan mampu bersaing dengan kerajinan lainnya dipasaran. Kaum pria di Blitar banyak yang memelihara burung, sehingga masyarakatnya dapat berkreasi melalui kemampuan seni yang dimilikinya dalam bentuk sebuah kerajinan. Kerajinan ini menyuguhkan berbagai macam bentuk dan warna yang dapat dipilih sendiri oleh pembeli.

Tujuh kerajinan yang itu adalah produk unggulan dari Kota Blitar. Melalui kerajinan tersebut, masyarakat Blitar dapat mengembangkan dan memajukan diri sendiri untuk bersaing dengan pengusaha lain di pasar. Tidak hanya berdampak pada para pengrajin, namun hal ini juga berdampak pada tingkat perekonomian daerah. Tetap semangat dan semoga sukses!

Penulis Magang: Jovanka Okta

Baca Juga: 5 Tempat Bersejarah di Blitar yang Patut Dikunjungi, Tambah Wawasan!

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya