Comscore Tracker

Jangan Sampai Tertukar, Inilah Perbedaan Jatim Park 1, 2 dan 3

Wajib kamu ketahui sebelum berlibur di Jatim Park

Jatim Park sering dijadikan pilihan untuk mengisi waktu di masa liburan. Tempat wisata yang sangat terkenal ini merupakan bagian dari Jawa Timur Park Group yang telah dibuka sejak 2001. Kini Jatim Park telah memiliki 3 tempat wisata. Kadang para wisatawan masih bingung membedakan 3 tempat wisata ini. Berikut perbedaan Jatim Park 1, 2, dan 3 yang wajib kamu ketahui sebelum menentukan tujuan liburanmu.

1. Lokasi Jatim Park 

Jangan Sampai Tertukar, Inilah Perbedaan Jatim Park 1, 2 dan 3Jatim Park 1 (instagram.com/jatimparksatu)

Meskipun sama-sama berada di Kota Batu, namun ketiga tempat wisata ini mempunyai perbedaan lokasi, loh. Jangan sampai salah ya!

Jatim Park 1: Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

Jatim Park 2: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu.

Jatim Park 3: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu.

Baca Juga: Puncak Libur Lebaran, Pengunjung Jatim Park 2 Tembus 5 Ribu Sehari

2. Jam operasional dan harga tiket 

Jangan Sampai Tertukar, Inilah Perbedaan Jatim Park 1, 2 dan 3Jatim Park 1 (instagram.com/jatimparksatu)

Jam operasional

Jatim Park 1: 08.30-16.30 WIB.

Jatim Park 2: 08.30-16.30 WIB.

Jatim Park 3: 11.00-19.00 WIB.

 

Harga tiket

Jatim Park 1: Weekday (Rp85 ribu), Weekend (Rp100 ribu)

Jatim Park 2: Weekday (Rp110 ribu), Weekend (Rp120 ribu)

Jatim Park 3: Weekday (Rp120 ribu), Weekend (Rp150 ribu)

3. Jatim Park 1 menggabungkan konsep tempat wisata hiburan dan edukasi 

Jangan Sampai Tertukar, Inilah Perbedaan Jatim Park 1, 2 dan 3Jatim Park 1 (instagram.com/jatimparksatu)

Jatim Park 1 memiliki konsep tempat wisata yang menggabungkan hiburan dan edukasi. Oleh karena itu, Jatim Park 1 sering menjadi destinasi wisata untuk study tour. Meskipun harga tiketnya yang lebih terjangkau dari Jatim Park yang lain, Jatim Park 1 menawarkan wahana yang sangat lengkap dan seru, loh. 

Beberapa wahana di Jatim Park 1 yaitu, Merry-Go-Round, Science Center, Volcano Coaster, Flying Tornado, Sky Ride dan masih banyak lagi. Juga terdapat paket wisata di dekatnya seperti Museum Tubuh dan Museum Angkut.

Jatim Park 1 juga sangat cocok untuk liburan keluarga karena menawarkan fasilitas yang beragam. Seperti pasar buah, pasar bunga, pasar wisata, dan Shuttle Car and Dotto Train.

4. Jatim Park 2 cocok untuk berwisata sambil mengenal satwa

Jangan Sampai Tertukar, Inilah Perbedaan Jatim Park 1, 2 dan 3Jatim Park 2 (instagram.com/jatimparkdua)

Jatim Park 2 juga dikenal dengan Batu Secret Zoo. Untuk kamu yang ingin berwisata mengunjungi kebun binatang, wajib banget ke Jatim Park 2. Karena Jatim Park 2 memiliki beragam koleksi satwa dan konsepnya yang modern, tidak seperti kebun binatang pada umumnya.

Area di Jatim Park 2 dibagi menjadi Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park. Koleksi satwa yang dimiliki Jatim Park 2, antara lain, gajah, harimau, jerapah, kuda nil, berbagai jenis burung, berbagai jenis kera dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang ingin melihat flamingo, bisa banget, loh. Flamingo di Jatim Park 2 memiliki bulu yang sangat cantik, sehingga banyak wisatawan yang memotretnya.

Jika ingin melihat bayi satwa yang imut dan lucu, kamu dapat mengunjunginya di area Baby Zoo. Kamu juga bisa melihat berbagai jenis satwa air di Zona Aquarium. Seru banget, kan!

5. Jatim Park 3 mengusung tema Dino Park 

Jangan Sampai Tertukar, Inilah Perbedaan Jatim Park 1, 2 dan 3Jatim Park 3 (instagram.com/jawatimurparktiga)

Untuk kamu penggemar film dinosaurus seperti Jurassic, wajib banget berkunjung ke Jatim Park 3. Jatim Park 3 menawarkan tempat wisata masa kini dengan tema Dino Park. Wisatawan dapat berkeliling taman dengan menaiki Dotto Train. Di sepanjang taman tersebut, terdapat beragam miniatur dinosaurus yang unik.

Tak hanya Dino Park, wisatawan juga dapat mencoba wahana lain seperti, Ice Age, The House of Zombie, Fun Tech Plaza dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang hobi berfoto, tenang saja. Di Jatim Park 3 terdapat Infinity World yang instagramable banget.

Wahana yang menjadi favorit wisatawan yaitu The Legend Star Park. Wahana tersebut mengusung konsep keunikan berbagai negara di dunia. Salah satu contohnya adalah Kampung Jepang. Di Kampung Jepang, kamu juga bisa menyewa kimono mulai dari Rp50 ribu. Berfoto mengenakan kimono serta latar belakang bunga sakura, akan membuatmu seolah benar-benar berada di Jepang. Keren banget!

Sudah tahu kan perbedaan, antara Jatim Park 1, 2 dan 3. Segera tentukan pilihan liburanmu, ya!

Baca Juga: Genjot Kunjungan, Jatim Park Siapkan Berbagai Kejutan Baru

Fika Febriana Photo Community Writer Fika Febriana

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya