Comscore Tracker

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!

Ada tempat favoritmu untuk berbelanja?

Kediri merupakan sebuah kota kecil di Jawa Timur yang dijuluki sebagai Kota Tahu. Kota satu ini juga menjadi rumah bagi sejumlah pabrik berskala nasional. Gak heran kalau sejumlah pusat perbelanjaan berkembang cukup pesat, untuk mendukung kebutuhan warganya.

Di pusat kota dan sekitarnya, kamu bakal menemukan pusat perbelanjaan, seperti mall dan swalayan besar. Sejumlah jalan pun dipenuhi dengan deretan rumah toko yang menyediakan berbagai barang kebutuhan. Kalau kamu sedang di Kediri, wajib nih mengunjungi salah satunya.

Berikut ini wisata belanja di Kediri yang patut untuk kamu kunjungi. Let's check this out!

1. Kediri Town Square

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!Kediri Town Square (lippomalls.com)

Kediri Town Square merupakan salah wisata belanja di Kediri yang berdekatan dengan pusat pemerintahan. Tepatnya, berlokasi di Jalan Hasanuddin No. 2, Kelurahan Balowerti, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Mall satu ini dibangung pada tahun 2011 yang awalnya terdiri dari dua lantai.

Lambat laun, mall tersebut semakin berkembang dan semakin banyak tenant yang dapat kamu jumpai. Hypermart dan Matahari Department Store menjadi sejumlah tenant ternama ada di sini. Kamu juga dapat menemui Dealer Auto2000, Buccheri, dan Peco Peco Sushi.

2. Kediri Mall

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!Kediri Mall (srland.id)

Kediri Mall memiliki sejarah panjang di Kota Kediri, sebuah bangunan yang dahulu bernama Sri Ratu. Menjadi pusat perbelanjaan tiga lantai pertama di Kota Kediri, yang selalu ramai pengujung. Kemudian mengalami perkembangan dan berganti nama menjadi Kediri Mall.

Tenant hiburan, foodcourt, restoran, hingga bioskop dapat kamu nikmati di satu tempat. Ada Transmart, Carregour, Ace Hardware, dan Informa di dalam mall ini, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Sedangkan untuk hiburan terdapat CGV Cinemas, Wonderland, dan Game Fantasia.

Kalau kamu mau nongkrong dan menikmati menu ala brand kenamaan, terdapat Burger King, J.CO, dan Pizza Hut. Cocok nih buat kawula muda dengan budget lebih dan ingin menikmati suasana di tengah kota.

Lokasi Kediri Mall sangat strategis, dekat dengan cabang Gramedia dan UFO Kediri. Gak jauh pula dari sejumlah hotel dan pusat pemetintahan. Tepatnya, berlokasi di Jalan Hayam Wuruk No. 46, Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota, Kota Kediri.

3. Dhoho Plaza

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!Dhoho Plaza (instagram.com/karinadewi2)

Selanjutnya ada Dhoho Plaza yang mengusung konsep family mall, kamu dapat memenuhi kebutuhan keluarga cukup dalam satu tempat. Mall yang didirikan tahun 2007 ini, terletak di dekat Alun-Alun Kota Kediri dan di depan Masjid Agung Kediri. Tepatnya, berlokasi di Jalan Brigjen Katamso No. 1A, Kelurahan Kampung Dalem, Kecamatan Kota.

Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, terdapat Samudra dan MR. DIY. Tersedia pula area bermain untuk anak-anak, yakni Terra Zone. Meski tak seramai kedua mall sebelumnya, Dhoho Plaza tetap menjadi wisata belanja yang menarik untuk dikunjungi.

4. Ramayana Mall Kediri

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!Ramayana Mall Kediri (instagram.com/ramayanakediri)

Kamu pasti udah gak asing lagi dengan Ramayana, sebuah toserba yang menyediakan produk fashion. Cabangnya sudah tersebar luas di Indonesia, termasuk Kediri. Awalnya, hanya bernama Ramayana dengan produk sandangnya.

Seiring waktu, Ramayana di Kediri semakin berkembang dan bertambah pula fasilitasnya. Ada Zone 2000 untuk area bermain anak-anak. Buat kamu yang ingin melepas dahaga di tengah panasnya Kota Kediri, terdapat Xi Bo Ba. Gak ketinggalan pula Cinema XXI yang hadir sejak tahun 2019, membuat Ramayana Mall Kediri semakin lengkap.

Berlokasi di Jalan Panglima Sudirman No. 50, Kelurahan Ringin Anom, Kecamatan Kota.

5. Golden Swalayan

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!Golden Swalayan Kediri (facebook.com/Golden-Swalayan-Kediri)

Golden Swalayan merupakan salah satu pusat perbelanjaan keluarga yang terkenal di Kediri Raya. Gak hanya di Kediri, Golden Swalayan juga membuka cabang di Tulungagung. Memang tak sebesar mall, tapi barang yang tersedia begitu lengkap.

Kamu yang ingin berbelanja sayur, jajanan pasar, perlengkapan rumah tangga, hingga kosmetik tersedia di sini. Sebelum adanya sejumlah bioskop di beberapa mall tadi, Golden Theater Kediri menjadi salah satu bioskop andalan masyarakat Kediri.

Lokasinya berhadapan langsung dengan Kediri Mall, tepatnya di Jalan Hayam Wuruk No. 121 - 125, Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota. Namun, pelanggannya gak kalah ramai dan harganya pun bersaing.

Baca Juga: 10 Potret Gua Maria Pohsarang, Wisata Religi Umat Katolik Kota Kediri

6. Pusat Oleh-Oleh di Jalan Yos Sudarso

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!Pusat Oleh-Oleh di Jalan Yos Sudarso, Kediri (facebook.com/Pusat-Oleh-Oleh-khas-kediri-Tahu-LYM-jlnYos-sudarso-214-Kediri)

Wisata belanja gak harus di mall atau swalayan besar. Buat kamu yang ingin berbelanja oleh-oleh khas Kediri, bisa mengunjungi pusat oleh-oleh di sepanjang Jalan Yos Sudarso. Sebuah jalan searah yang di awali Kelenteng Tjoe Hwie Kiong dan berujung di sekitar Jembatan Lama dan Jembatan Brawijaya.

Ruko-ruko yang ada didominasi oleh penjual tahu kuning dan getuk pisang, kuliner khas Kediri. Ada pula sejumlah toko bangunan dan mini market yang dapat kamu kunjungi. Gak ketinggalan optik dan beberapa tempat ngopi.

7. Sepanjang Jalan Pattimura

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!Jalan Pattimura Kediri (instagram.com/jejak.setapak_)

Gak kalah ramai dari sebelumnya, Jalan Pattimura menjadi salah satu ruas jalan yang cukup padat, selain Jalan Dhoho. Di sepanjang jalan ini bakal kamu temui deretan ruko penjaja oleh-oleh, jajanan, kain, pasar tradisional, hingga pasar loak. Hanya terpisah oleh perempatan jalan, deretan ruko dan pasar tradisional juga ada di Jalan HOS. Cokroaminoto.

Pusat oleh-oleh juga ada di Jalan Pattimura, berbaur dengan sejumlah toko camilan. Masih di Jalan Pattimura, Pasar Setono Betek dan Pasar Loak juga ada di sini. Pasar Setono Betek, layaknya pasar tradisional lain yang menyediakan kebutuhan sandang dan pangan. Di seberang pasar tersebut, deretan ruko penjual kain dapat kamu kunjungi.

Demikian pula di sepanjang Jalan HOS Cokroaminoto, toko perhiasan, furnitur, dan elektronik berjejer rapi. Gak ketinggalan Pasar Pahing, sebuah pasar tradisional yang didominasi oleh penjaja kebutuhan pangan.

8. Sepanjang Jalan Dhoho

8 Wisata Belanja di Pusat Kota Kediri, Siap-siap Borong!Jalan Dhoho Kediri (instagram.com/hantamtirani)

Jalan Dhoho merupakan sebuah ruas jalan legendaris dan cukup padat di Kota Kediri. Terletak di pusat kota, dekat dengan pusat pemerintahan, sejumlah hotel, kawasan bisnis terpadu, dan stasiun kereta api. Deretan toko menghiasi sisi kanan dan kiri jalan ini.

Buat kamu yang ingin berbelanja elektronik, kacamata, seragam, perlengkapan musik dan olahraga, higga obat-obatan juga ada di sini. Saat akhir pekan, biasanya jalan akan ditutup untuk acara car free day. Sejumlah booth penjaja kuliner dan berbagai keperluan dapat kamu temui di hari tersebut.

Sejumlah pusat perbelanjaan di Kediri kerap menggelar acara hiburan dan lomba untuk menarik pelanggan. Sehingga, kamu gak bakal bosan hanya dengan berbelanja kebutuhanmu. Selain itu, beberapa ruas jalan di pusat Kota Kediri menjadi lokasi strategis sebagai wisata belanja.

Baca Juga: 8 Kafe di Kota Kediri dengan Nuansa Pegunungan, Bikin Betah

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya