Comscore Tracker

5 Rekomendasi Gunung dengan Jalur Menantang di Jawa Timur

Jangan ke sini kalau fisik dan mental lemah guys!

Hai sobat hikers, buat kalian yang suka tantangan mendaki gunung. Tidak hanya mempunyai pemandangan puncak indah, track dari 5 gunung juga sangat menantang dan wajib kalian coba.

Yuk, intip daftar gunung dengan track yang menantang berikut. Kalian juga akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah setelah sulit menghadapi jalur super menantang.

1. Gunung Penanggungan

5 Rekomendasi Gunung dengan Jalur Menantang di Jawa TimurInstagram

Gunung Penanggungan berlokasi di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Mempunyai tinggi 1.653m DPL, meskipun tidak setinggi gunung yang lain namun track untuk mencapai puncak sangat menanjak dengan hanya sedikit bonus.

Banyak hikers melakukan summit di gunung ini untuk pemanasan, sebelum menaiki gunung yang lebih tinggi. Rasa penat akan hilang setelah melihat pemandangan puncak dari Gunung Penanggungan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air dengan Pemandangan Eksotis di Banyuwangi

2. Gunung Butak

5 Rekomendasi Gunung dengan Jalur Menantang di Jawa TimurInstagram

Gunung Butak berlokasi diantara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung paling tinggi di wilayah Blitar dan Malang ini memiliki ketinggian mencapai 2.868m DPL.

Kalian bisa memilih dua jalur pendakian untuk mencapai gunung ini. Pertama kalian dapat memilih rute Gunung Panderman di Malang atau track via Sirah Kencong di Blitar yang lebih menantang.

3. Gunung Kelud

5 Rekomendasi Gunung dengan Jalur Menantang di Jawa TimurInstagram

Gunung Kelud berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar, memiliki ketinggian 1.731m DPL. Untuk mencapai puncak gunung ini, terdapat dua jalur yang bisa dipilih.

Jalur pertama kalian bisa melakukan tracking via Desa Tulungrejo. Nah, buat kalian yang ingin memacu adrenalin bisa memilih jalur via Desa Karangrejo, Blitar.

4. Gunung Arjuno

5 Rekomendasi Gunung dengan Jalur Menantang di Jawa TimurInstagram

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, menjadi rekomendasi ke-4 untuk kalian. Memiliki ketinggian 3.339m DPL, sangat cocok untuk kalian yang ingin meyegarkan pikiran.

Jalur pendakian yang tidak terlalu sulit dan pemandangan puncak yang sangat memanjakan sangat mata. Capek kalian akan hilang setelah mendaki tingginya Gunung Arjuno.

5. Gunung Semeru

5 Rekomendasi Gunung dengan Jalur Menantang di Jawa TimurInstagram

Gunung Semeru berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang juga merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur. Tinggi dari gunung ini mencapai 3.676m DPL.

Siapa yang tidak mengetahui gunung tertinggi di Jawa Timur ini? Tapi bagi kalian yang ingin summit di gunung ini harap bersabar dulu ya! Setelah erupsi, untuk hikers masih belum dibuka.

Pendakian di gunung bisa ditempuh selama 6 jam sampai pos 4 dengan santai. Nah, itulah rekomendasi untuk kalian. Jadi kapan mulai mendaki nih?

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Pacitan, Tujuan Self Healing Terbaik di Jawa Timur

Fahrur Riska Photo Community Writer Fahrur Riska

Anda dapat mengetahui dunia dari tulisan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya