Comscore Tracker

5 Fakta Pura Agung, Wisata Religi Kece di Kota Pahlawan

Surabaya rasa Bali

Selain di Bali, orang mungkin akan jarang menemui pura. Maklum, di Indonesia, penganut agama Hindu memang mayoritas berada di Pulau Dewata. Tapi jangan salah, Surabaya juga memiliki beberapa pura. Salah satunya adalah Pura Agung Jagat yang terletak di daerah Perak.

Selain untuk sembahyang, keindahan pura ini juga tak jarang menjadi salah satu tujuan wisata. Berikut 5 faktanya.

1. Salah satu pura bersejarah

5 Fakta Pura Agung, Wisata Religi Kece di Kota Pahlawanksmtour.com

Ciri khas dari Pura Jagat Karana adalah ornamen bangunannya yang etnik. Ukiran para Dewa dan Dewi tersebar di hampir seluruh pura.

Salah satunya ornamen Dewi Saraswati yang merupakan Dewi terkenal akan kecantikannya. Bangunan ini sudah berusia 50 tahun, dan mengalami beberapa kali pemugaran untuk melindungi keindahannya.

2. Bebas tiket masuk

5 Fakta Pura Agung, Wisata Religi Kece di Kota Pahlawanzenrooms.com

Sebagai tempat ibadah umat Hindu, tentu tak semua orang bisa memasuki kawasan pura dengan sebebasnya. Buat kamu yang ingin berkunjung kesana, bisa tetap berfoto di luar pura. Dengan catatan tak berisik, ya! Di momen tertentu kamu bisa menyaksikan Melasti, yaitu ritual penyucian diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi yang dimulai pada siang hari.

3. Lokasinya yang tenang

5 Fakta Pura Agung, Wisata Religi Kece di Kota Pahlawanindonesiakaya.com

Pura Agung Jagat Karana di Jalan Ikan Lumba-lumba No. 1 Krembangan, Surabaya. Jika kesulitan, letak pura ini dekat dengan SMA Hang Tuah 1. Letaknya yang tenang karena berada di tengah pemukiman warga sekitar. Jika ingin berkunjung ke pura ini, lebih baik di sore hari karena suasanya yang sejuk dan bisa menikmati hangatnya sinar matahari.

4. Termasuk wisata religi

5 Fakta Pura Agung, Wisata Religi Kece di Kota Pahlawanpajksurabaya.wordpress.com

Karena Pura Agung Jagat Karana termasuk tempat ibadah, wilayah ini termasuk wisata religi yang harus ditaati peraturannya oleh setiap pengunjung yang datang. Kamu hanya boleh mengambil foto di luar pura. Jika terdapat perayaan hari Nyepi, segala akses wisatawan pun ditutup.

5. Lokasinya justru lebih mudah dijangkau dengan roda dua

5 Fakta Pura Agung, Wisata Religi Kece di Kota Pahlawanindonesiakaya.com

Letak Pura Agung Jagat Karana yang cukup tersembunyi memungkinkan kamu kesulitan jika menggunakan kendaraan roda empat. Maka lebih baik kamu harus menggunakan kendaraan roda dua agar mudah menuju akses wisata ini. Tapi pastikan kendaraanmu parkir di tempat yang seharusnya dan tidak menganggu jalan umum ya!

Jadi, kapan nih mengagendakan wisata ke Pura Agung Jagat Karana?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Akbar di IDN Times Community dengan judul 5 Fakta Pura Agung Jagat Karana di Surabaya, Berasa ada di Bali!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You