Comscore Tracker

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso 

Wisata alam di Bondowoso keindahannya menyegarkan mata

Bondowoso merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan banyak destinasi wisata alam. Dikelilingi oleh Gunung Raung, Gunung Argopuro, dan Gunung Ijen, daerah ini memiliki beberapa destinasi wisata alam yang indah dan masih asri.

Bagi kamu yang merencanakan liburan di Jawa Timur, tidak ada salahnya memasukkan destinasi di Kota Tape ini ke dalam agenda travel-mu.

Berikut ini 8 destinasi wisata alam paling indah di Bondowoso. Berangkat! 

1. Air Terjun Kalipait

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso air terjun kalipait (instagram.com/wibamatour)

Air Terjun Kalipait berlokasi di tepi jalan utama menuju Kawah Ijen, Bondowoso. Sehingga, tempatnya tidak sulit untuk ditemukan. Kalipait miliki keindahan yang masih alami dengan banyaknya bebatuan yang mengelilingi area. Air yang mengalir bersumber dari Danau Kawah Ijen berwarna kuning kehijauan dan mengandung asam belerang. Harap diwaspadai jika terkena kulit, akan menimbulkan reaksi gatal pada tubuh. Di sini kamu bisa merasakan udara sejuk dan segar dengan pemandangan alam yang begitu indah. Meski begitu, bagi pengunjung tetap harus menjaga kebersihan di sekitar area, ya.

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Bondowoso yang Bisa Bikin Kamu Betah

2. Puncak Pesona P28 Patirana

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso P28 patirana (instagram.com/aliridhogadri)

P28 atau puncak pesona Patirana berlokasi di Jalan Patirana, Desa Wonosari, Kabupaten Bondowoso. Pengunjung disuguhkan pesona alam yang indah dari puncak Patirana. Akses untuk ke puncak P28 cukup menantang, pengunjung harus melakukan trekking kurang lebih 2 km melewati rute yang sudah disediakan. Puncak ini sangat cocok bagi kamu yang suka berpetualang.

3. Batu So'on Solor

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso batu so'on solor (instagram.com/ong.mary_tj)

Batu So'on adalah salah satu keindahan alam yang patut dijaga kelestariannya. Lokasinya berada di Desa Solor atau sekitar 42 km dari pusat kota Bondowoso. Batu besar ini tersusun rapi dengan tinggi mencapai 25 meter. 

Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke lokasi, harga tiket masuk cukup dibanderol Rp 5 ribu per tiket. Dengan menikmati berbagai fasilitas yang ada, seperti: wahana main anak, toilet, gazebo, jembatan, spot foto, dan warung-warung yang berjejer dengan harga yang ramah di kantong.

4. Kawah Wurung

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso kawah wurung (instagram.com/kawahwurungbondowoso)

Bagi traveler, Kawah Wurung bisa jadi alternatif untuk destinasi liburanmu. Kawah Wurung ini kerap dijuluki 'Highland Paradise' karena pengunjung bisa menikmati pemandangan hamparan padang rumput yang luas dan indah.

Kawah Wurung miliki ketinggian berada pada 1500 mdpl. Pengunjung yang ingin mendaki, harus melewati tanjakan cinta sepanjang 100 meter. Membutuhkan kurang lebih 15 menit untuk sampai ke puncak bukit cincin.

5. Desa Wisata Tirta Agung

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso kampung wisata tirta agung (instagram.com/bondowoso_explore)

Desa Wisata Tirta Agung berlokasi di Sukosari Kidul. Di sini pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas yang tersedia, seperti: kolam renang, spot foto, cafetaria, kios souvenir, outbond, jungle trekking, dan saung kayu di atas waduk. Wisata ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berlibur bersama keluarga.

6. Bukit Petualang

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso bukit petualang (instagram.com/bukitpetualangofficial)

Wisata Bukit Petualang adalah salah satu destinasi wisata hidden gem Bondowoso yang menunggu untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Kretek, Taman Krocok yang kurang lebih berjarak 13 km dari pusat kota Bondowoso. Untuk menuju ke puncak bukit, pengunjung harus melewati jalan makadam selama beberapa kilometer.

Tidak disarankan untuk membawa kendaraan roda empat karena keterbatasan akses yang masih minim. Tiba di sana, pengunjung seakan disulap dengan keindahan Bondowoso dari atas bukit yang masih alami. Selain itu, pengunjung bisa membangun tenda dan menyalakan api unggun, lho.

7. Air Terjun Tancak Kembar

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso air terjun tancak kembar (instagram.com/tancakkembar)

Air Terjun Tancak Kembar kurang lebih berjarak 25 km dari pusat kota Bondowoso. Lokasinya berada di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem. Untuk harga tiket masuk cukup membayar Rp 5 ribu saja. Aksesnya cukup menantang, pengunjung harus berjalan kurang lebih satu jam untuk sampai ke lokasi. Air terjun ini konon dipercaya sebagai tempat pemandian Dewi Rengganis. Maka dari itu, banyak masyarakat yang percaya air terjun ini bisa membuat wajah awet muda. 

8. Kawah Ijen

8 Destinasi Wisata Alam Paling Indah di Bondowoso kawah ijen (instagram.com/kawahijenindonesia)

Kawah Ijen terletak di antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Kamu bisa menyaksikan keindahan blue fire atau api biru yang hanya bisa dilihat di sepertiga malam sekitar pukul 02.00-03.00 WIB. Fenomena ini terjadi karena pembakaran gas pada belerang yang berinteraksi dengan udara di atas 360 derajat. Banyak pengunjung yang tertarik untuk menyaksikan keunikan fenomena ini.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati sunrise di puncak Kawah Ijen, terlihat danau yang berwarna hijau tosca dengan dikelilingi asap mengepul yang sangat menakjubkan. Bagi pendaki pemula sebaiknya menyewa pemandu wisata agar tidak tersesat selama perjalanan, ya.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata di Bondowoso yang miliki pemandangan indah dan masih alami. Meski begitu, pengunjung tetap harus selalu menjaga kebersihan di area lokasi, ya.

Baca Juga: 10 Potret Air Terjun Niagara Mini Bondowoso di Balik Kawah Ijen

Aya Sofia Photo Community Writer Aya Sofia

Just growing with the flow :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya