Comscore Tracker

Wow! Bakal Ada Taman Komodo di Surabaya

Ada 162 ekor komodo di Surabaya

Surabaya, IDN Times - Sebuah komodo akan dibangun di Kota Surabaya. Taman berisikan spesies purba dilindungi itu, rencananya dibangun antara kawasan barat atau timur. Proyek pembangunannya langsung dipimpin Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Surabaya.

1. Taman komodo jadi salah destinasi wisata tambahan di Surabaya

Wow! Bakal Ada Taman Komodo di SurabayaIlustrasi destinasi pariwisata Indonesia, Labuan Bajo (Dok. Kemenparekraf)

Humas PDTS Kebun Binatang Surabaya (KBS), Agus Supangkat bilang, taman komodo merupakan rencana jangka panjang. Taman ini juga menjadi pengembangan dari KBS. Sehingga, orang yang datang ke Kota Pahlawan punya tambahan jujugan selain KBS, yakni taman komodo.

"Itu rencana jangka panjang kami," ujarnya, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Info Wisata Perahu Kalimas Surabaya: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

2. Sedang masuk studi kelaikan

Wow! Bakal Ada Taman Komodo di SurabayaKawasan Kebun Binatang Surabaya (KBS) tampak depan. Dok. Humas KBS.

Saat ini, taman komodo memasuki tahap studi kelaikan. "Mudah - mudahan rencana yang cukup bagus, baik dari sisi wisata maupun konservasi ini  bisa secepatnya terealisasi. Dengan begitu, warga Surabaya tidak perlu jauh-jauh datang ke Pulau Komodo kalau ingin melihat komodo," kata Agus.

Nantinya, masyarakat bisa belajar di destinasi wisata baru tersebut. Melihat perkembangan komodo mulai dari kecil hingga dewasa, termasuk perilaku hewan purba itu waktu makan, kawin, dan lain-lain. "Mohon doanya agar rencana tersebut bisa terwujud sehingga bisa dijadikan sarana edukasi, konservasi, dan rekreasi untuk masyarakat," dia menambahkan.

3. Total komodo di Surabaya ada 162 ekor

Wow! Bakal Ada Taman Komodo di SurabayaKomodo di Taman Nasional Komodo. (dok. Kemenparekraf)

Komodo sendiri dikembangbiakkan di KBS sejak 1980-an hingga sekarang. Hewan  berkembang biak cukup baik. Saat ini, KBS memiliki koleksi sekitar 133 komodo di kandang. Kemudian ada tambahan 29 komodo yang baru menetas dalam proses penangkaran.

"Jadi, total KBS punya koleksi 162 komodo. Ini merupakan sesuatu yang luar biasa bagi masyarakat maupun peneliti," tegas dia.

Ke depan, komodo ini juga bisa sebagai bahan barter hewan. Tidak hanya antara sesama kebun binatang, tapi karena komodo ini merupakan satwa langka yang masuk 10 besar satwa yang dilindungi di Indonesia, maka bisa juga menjalin hubungan antar negara.

"Misalnya, komodo kita tukar atau kirim  ke luar negeri. Tapi ini tidak mudah karena  izinnya dari presiden" pungkasnya.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Surabaya Berbahan Petis Paling Enak, Sudah Coba?

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya