TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Tempat Camping Terindah di Madiun, Gunung hingga Air Terjun

Cukup menampung ribuan orang, nih! 

Gligi Forest Park (instagram.com/area.madiun)

Kegiatan camping tengah menjadi aktivitas favorit para petualang untuk menikmati panorama alam. Tak hanya itu, camping bersama keluarga dan teman pastinya akan lebih berkesan dan mengasyikkan. Kamu bisa menemukan banyak destinasi camping yang menarik di Kabupaten Madiun. Mulai dari sensasi berkemah di hutan, di lereng gunung, hingga air terjun tersedia.

Tertarik untuk mencoba? Berikut 8 rekomendasi tempat camping terindah di Madiun. Langsung ajak rombongan kamu, yuk!

Baca Juga: 6 Tempat Makan Enak dan Murah di Madiun, Auto Kenyang 

1. Hutan Pinus Nongko Ijo 

Hutan Pinus Nongko Ijo (instagram.com/adityapratama.am)

Rekomendasi pertama jatuh kepada Hutan Pinus Nongko Ijo. Sediakan suasana khas dataran tinggi, kamu akan disuguhkan hamparan luas pepohonan pinus yang rindang, dengan udara yang sejuk dan segar.

Area perkemahan di hutan pinus ini sanggup menampung ratusan hingga ribuan tenda, lho! Kamu juga bisa nikmati fasilitas memadai mulai dari toilet, mushola, area playground, dengan banyak spot foto andalan ketika berkemah di sini. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan banyak warung-warung makan dan minum di sekitar Hutan Pinus Nongko Ijo. Camping gak perlu ribet lagi, deh!

Alamat: Kare, Kec. Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Harga paket camping: Rp5 ribu.

2. Wana Wisata Grape 

Wana Wisata Grape (instagram.com/visiteastjava)

Masyarakat asli Madiun pasti sudah gak asing lagi dengan Wana Wisata Grape. Destinasi wisata ini kerap kali menjadi pilihan bagi para orang tua untuk berwisata bersama anak-anaknya. Bukan tanpa alasan, Wana Wisata Grape sediakan beragam fasilitas bermain mulai dari playground, hingga kolam renang yang tidak terlalu dalam. 

Tak hanya itu saja, destinasi ini juga kerap kali menjadi jujugan kemah bagi anak-anak muda. Pasalnya, Wana Wisata Grape sediakan camping ground yang nyaman, dengan pemandangan persawahan hijau yang segar. Tak hanya itu, fasilitas toilet dan mushola yang tersedia di lokasi juga semakin memudahkan para pengunjung yang datang.

Alamat: Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kec. Kare, Kabupaten Madiun.

Harga paket camping: Rp5 ribu.

3. Gligi Forest Park 

Gligi Forest Park (instagram.com/area.madiun)

Sesuai dengan namanya, Gligi Forest Park tawarkan pesona hutan lebat yang telah dikelola menjadi lebih indah. Penataan tanaman hias di sekitar rumah pohon, ditambah adanya lampu-lampu indah di sekelilingnya membuat Gligi Forest Park nampak sangat romantis di malam hari. Camping di Gligi Forest Park, akan sangat mengasyikkan, deh!

Menariknya, kamu bisa menikmati pemandangan indah dari atas rumah pohon, dan menara pandang yang ada di area wisata, lho! Berfoto-foto dari atas sini, pasti akan sangat epic, deh! Area kemah di Gligi Forest Park mampu menampung puluhan tenda saja, nih! Langsung ajak rombongan kamu sekarang, yuk!

Alamat: Gligi, Kepel, Kec. Kare, Kabupaten Madiun.

Harga paket camping: Rp10 ribu.

4. Bumi Perkemahan Kandangan 

Bumi Perkemahan Kandangan (instagram.com/spensamadiun)

Campgrounds Kandangan bisa dibilang merupakan tempat kemah terluas yang ada di Madiun. Pasalnya campground ini sanggup menampung 1000 orang dalam satu lokasinya. Tak heran, destinasi ini biasa menjadi jujugan PERSAMI oleh banyak siswa sekolah di Madiun.

Campingground ini sediakan fasilitas yang lengkap, mulai dari aula pertemuan, hingga kamar mandi yang tersedia dalam jumlah banyak. Tak hanya itu, pemandangan indah yang ditawarkan juga tak ada bandingannya. Kamu dapat menikmati panorama perbukitan hijau dan puncak Gunung Wilis yang tinggi dari sini. Jangan lupa siapkan pakaian tebal, karena udara akan semakin dingin di malam hari, nih!

Alamat: Kandangan, Kare, Sweri, Kare, Kec. Kare, Kabupaten Madiun.

Harga paket camping: Gratis.

5. Bumi Perkemahan Ngrowo Bening 

Ngrowo Bening (instagram.com/yantomedion)

Berlokasi strategis yakni tepat di tengah kota, membuat Bumi Perkemahan Ngrowo Bening biasa menjadi jujugan anak-anak pramuka. Area campground ini di kelilingi pepohonan rindang, dengan adanya tambahan kebun-kebun bunga dan sayuran.

Tak hanya itu saja, buper Ngrowo Bening sediakan jogging track dan wisata petik buah, sehingga aktivitas kemah kamu lebih beragam dan gak akan membosankan.  

Alamat: Jalan Abdulrahman Saleh No.8, Taman, Kec. Taman, Kota Madiun.

Harga paket camping: Gratis.

6. Gunung Pasar 

Gunung Pasar (instagram.com/gunung_pasar)

Gunung Pasar merupakan rekomendasi terbaik bagi para petualang yang hobi mendaki. Para pendaki biasa mendirikan tenda di puncak gunung ini. Tak terlalu tinggi, gunung ini terletak di ketinggian 1000 mdpl saja. Tracking bersama teman-teman gak akan terasa lelah, deh!

Sangat alami, kamu bisa menikmati keindahan alam dengan suara kicauan burung dan udara yang sejuk khas pegunungan. Gak akan nyesel, deh!  

Alamat: Area Kebun/Hutan, Bodag, Kec. Kare, Kabupaten Madiun.

Harga paket camping: Gratis.

7. Air terjun Kertoembo 

Air terjun Kertoembo (instagram.com/ryanferryhandoko)

Tak hanya suguhkan keindahan dan kesegaran, air terjun Kertoembo juga tawarkan area kemah yang cukup nyaman. Kamu bisa bebas dirikan tenda di mana saja, karena area rerumputan hijau yang tersedia sangat luas.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati wahana tubing sungai yang disediakan pengelola, untuk mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan. Sayangnya, akses jalan menuju lokasi ini masih cukup sulit, nih! Hindari gunakan city car ketika berkunjun ke sini, ya!

Alamat: Sumberagung, Kec. Kare, Kabupaten Madiun.

Harga paket camping: Rp5 ribu.

Baca Juga: 7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!

Verified Writer

EGYDIA ARTAMEVIA

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya