TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebun Teh Gunung Gambir Jember: HTM, Lokasi, dan Fasilitas

Wisata alam dan sejarah sekaligus di Jember

Tea Walk di Kebun Teh Gunung Gambir, Jember. Instagram/pesonajember

Jawa Timur memiliki enam wisata kebun teh yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya adalah kebun teh Gunung Gambir yang ada di Kabupaten Jember.

Kebun Teh Gunung Gambir berada di bawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Kebun Teh Gunung Gambir menjadi destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan hamparan hijau daun teh. Berada di ketinggian 900 mdpl, tempat wisata ini dinaungi dengan hawa sejuk pegunungan.

Selain sebagai wisata alam, Kebun Teh Gunung Gambir juga memiliki nilai sejarah karena sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda. Kebun teh ini dibangun pada tahun 1918. Kala itu hasil panen dari kebun teh ini diekspor hingga ke Eropa. Kini pabrik kebun teh sudah tidak beroperasional. Namun sisa bangunan dan mesin pabrik yang usang masih ada.

Wisatawan dapat menyaksikan keindahan dan hijaunya perkebunan teh Gunung Gambir yang ramai dikunjungi terutama saat hari libur. Biar gak makin penasaran, berikut ini informasi mengenai harga tiket, lokasi dan fasilitas yang ada di Kebun Teh Gunung Gambir, Jember buat kamu.

1. Harga tiket masuk Kebun Teh Gunung Gambir

Keindahan panorama Kebun Teh Gunung Gambir Jember. Instagram/jembersantaisayang

Harga tiket masuk Kebun Teh Gunung Gambir cukup terjangkau di kantong. Hanya Rp10.000 saja per orang dan sudah termasuk tarif parkir. Tiket dapat dibeli di loket masuk. Wisatawan tidak perlu membayar biaya tambahan jika ingin menikmati pemandangan di perkebunan teh atau fasilitas dan obyek wisata di dalamnya.

Baca Juga: 7 Pilihan Tempat Menikmati Sop Buntut di Jember

2. Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir

Wisatawan yang tengah berfoto di area Kebun Teh Gunung Gambir Jember. Instagram/pesonajember

Kebun Teh Gunung Gambir berada di lereng Gunung Argopuro, tepatnya di Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jam bukanya mulai dari pukul 06.00 sampai 17.00 tiap harinya.

Dari pusat kota Jember, jaraknya kurang lebih 59 kilometer dan memakan waktu tempuh lebih dari satu jam berkendara. Akses jalan menuju Kebun Teh Gunung Gambir cukup berkelok dan menanjak, mengingat lokasinya yang berada di pegunungan. Tapi tenang, medan jalannya sudah beraspal dan dapat dilalui mobil sehingga cukup aman. Pastikan saja kendaraan dalam keadaan prima untuk meminimalisir risiko.

Verified Writer

dhafintya noorca

Life keeps on going and learning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya