TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wow! Bakal Ada Taman Komodo di Surabaya

Ada 162 ekor komodo di Surabaya

Komodo di Taman Nasional Komodo. (dok. Kemenparekraf)

Surabaya, IDN Times - Sebuah komodo akan dibangun di Kota Surabaya. Taman berisikan spesies purba dilindungi itu, rencananya dibangun antara kawasan barat atau timur. Proyek pembangunannya langsung dipimpin Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Surabaya.

Baca Juga: Info Wisata Perahu Kalimas Surabaya: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

1. Taman komodo jadi salah destinasi wisata tambahan di Surabaya

Ilustrasi destinasi pariwisata Indonesia, Labuan Bajo (Dok. Kemenparekraf)

Humas PDTS Kebun Binatang Surabaya (KBS), Agus Supangkat bilang, taman komodo merupakan rencana jangka panjang. Taman ini juga menjadi pengembangan dari KBS. Sehingga, orang yang datang ke Kota Pahlawan punya tambahan jujugan selain KBS, yakni taman komodo.

"Itu rencana jangka panjang kami," ujarnya, Senin (8/8/2022).

2. Sedang masuk studi kelaikan

Kawasan Kebun Binatang Surabaya (KBS) tampak depan. Dok. Humas KBS.

Saat ini, taman komodo memasuki tahap studi kelaikan. "Mudah - mudahan rencana yang cukup bagus, baik dari sisi wisata maupun konservasi ini  bisa secepatnya terealisasi. Dengan begitu, warga Surabaya tidak perlu jauh-jauh datang ke Pulau Komodo kalau ingin melihat komodo," kata Agus.

Nantinya, masyarakat bisa belajar di destinasi wisata baru tersebut. Melihat perkembangan komodo mulai dari kecil hingga dewasa, termasuk perilaku hewan purba itu waktu makan, kawin, dan lain-lain. "Mohon doanya agar rencana tersebut bisa terwujud sehingga bisa dijadikan sarana edukasi, konservasi, dan rekreasi untuk masyarakat," dia menambahkan.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Surabaya Berbahan Petis Paling Enak, Sudah Coba?

Berita Terkini Lainnya