Comscore Tracker

Informasi Taman Edelweiss Wonokitri: Lokasi, Harga Tiket dan Tips

Keindahan alamnya serasa di luar negeri!

Siapa nih penggemar bunga edelweiss yang juga disebut sebagai bunga abadi? Selain tampilannya yang memikat, ternyata bunga ini juga menjadi bunga yang dilindungi lho! Jadi, tidak sembarang orang boleh memetiknya.

Bunga edelweiss sendiri hanya tumbuh di dataran tinggi dan telah dibudidayakan di beberapa daerah, salah satunya adalah daerah Wonokitri, Pasuruan. Nah jika kamu penasaran dengan bentuk bunga ini, kamu bisa langsung melihat dan menikmati keindahan bunga Edelweiss yang dibudidayakan di Taman Wisata Edelweiss Wonokitri lho!

1. Sekilas Tentang Taman Edelweiss Pasuruan 

Informasi Taman Edelweiss Wonokitri: Lokasi, Harga Tiket dan TipsPengunjung tengah berfoto di salah satu spot foto Taman Bunga Edelweiss Wonokitri. (Instagram.com/hulun_hyang)

Taman Edelweiss Wonokitri merupakan pusat pembudidayaan Bunga Edelweis yang asli berada di alam. Taman bunga ini memiliki lahan dengan luas 1192 meter dengan ketinggian 1840 mdpl dan dikelola oleh Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Karena berada di lereng gunung, taman ini sendiri berbentuk lereng-lereng curam dengan dikelilingi ladang bunga Edelweiss. Selain itu, Edelweiss yang tumbuh liar dan yang di budidaya juga memiliki perbedaan lho!

Perbedaanya adalah bunga Edelweis yang tumbuh liar memiliki warna kelopak putih agak kusam sedangkan bunga Edelweiss yang dibudidayakan memiliki warna beragam seperti kuning, merah muda, putih dan ungu.

Baca Juga: 9 Padang Bunga Edelweis di Pulau Jawa, Spot Wajib saat Mendaki Gunung

2. Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional 

Informasi Taman Edelweiss Wonokitri: Lokasi, Harga Tiket dan TipsTangga di sepanjang jalan Taman Edelweiss Wonokitri. (Instagram.com/Pasuruanapik_)

Taman wisata Edelweiss pasuruan berada di Jl. Sekar Sari, Wonokitri, Tosari, Pasuruan. Tempat ini hanya berjarak sekitar 43 km dari pusat Kota Pasuruan dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama kurang lebih 1 jam 30 menit saja.

Untuk sampai ke taman ini, kamu dapat menggunakan patokan pintu gerbang Desa Wonokriti atau Pendopo Wonokriti, lalu ikuti jalan tersebut ke arah puncak gunung penanjakan. Dari sini, kamu hanya perlu bekendara lagi selama 3 menit saja.

Akses jalannya pun sudah beraspal dan tentunya aman dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jika kamu masih bingung, maka kamu dapat membuka google maps dan mengikuti arahannya.

Harga tiket masuk ke lokasi Taman Edelweiss ini terbilang cukup murah yaitu Rp10 ribu saja dan kamu bisa menukarkan voucher yang kamu terima saat membeli tiket dengan segelas kopi atau teh panas.

Agar kendaraanmu aman saat kamu sedang asyik menikmati pemandangan, maka kamu perlu membayar retribusi parkir Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu saja untuk mobil. Oh iya, jam operasional cafe ini mulai pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB saja ya!

3. Daya Tarik Taman Bunga Edelweiss Wonokitri 

Informasi Taman Edelweiss Wonokitri: Lokasi, Harga Tiket dan TipsPengunjung berswafoto di taman bunga Edelweiss Wonokitri. (Instagram.com/pasuruanapik)

Berkunjung ke Taman Edelweiss Wonokitri tidak akan membuatmu menyesal. Pasalnya, tempat ini benar-benar indah dan sejuk dengan suhu dingin mencapi 10 hingga 16 derajat lho!

Tak hanya itu, karena lokasinya pun berada sebelum puncak Bromo, maka kamu dapat mampir ke tempat ini selepas dari Bromo. Pepohonan pinus juga tersebar di berbagai tempat di taman ini dan menambah keindahan alam yang tersaji.

Kamu juga bisa menikmati keindahan bunga Edelweiss yang bermekaran serta menikmati pemandangan puncak gunung lengkap dengan perbukitan hijau yang mengitarinya.

Taman Bunga Edelweiss juga memiliki beberapa spot foto instagramable seperti ladang tanaman bunga, rooftop cafe dengan bean bag berwarna-warni serta icon love dengan background perbukitan.

Kamu juga bisa melihat dan belajar tentang pembibitan tanaman Edelweiss secara langsung di Upgrade House atau tempat penyimpanan bibit-bibit edelweis.

4. Cafe Taman Edelweiss 

Informasi Taman Edelweiss Wonokitri: Lokasi, Harga Tiket dan TipsPengunjung tengah duduk di cafe Taman Edelweiss. (Instagram.com/dwik_bonpas27)

Karena berada di kaki Gunung Bromo, Cafe Taman Edelweiss memiliki view yang sangat bagus. Saat kabut turun, maka kamu akan merasakan seperti sedang ngafe di atas awan. Cafe ini cukup luas dan dilengkapi dengan tempat duduk out door dari kayu serta bean bag.

Berbagai macam menu juga siap menemanimu menikmati keindahan alam sambil bersantai di cafe ini bersama teman, pasangan ataupun keluarga. Menu makanan ringan yang bisa kamu pesan di Cafe Edelweiss antara lain kentang goreng, pisang goreng, singkong keju dan lain sebagainya.

Sementara untuk minumannya tersedia berbagai macam jenis kopi-kopian seperti vietnam drip, espresso serta berbagai minuman non coffe. Harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu mulai Rp5 ribu hingga Rp20 ribu untuk minumannya. Dan Rp10 ribu hingga Rp15 ribu untuk snacknya.

 5. Tips Berkunjung ke Taman Edelweiss Wonokriti 

Informasi Taman Edelweiss Wonokitri: Lokasi, Harga Tiket dan TipsPengunjung berswafoto di Taman Edelweiss Wonokitri. (Instagram.com/pasuruanapik_)

Sebelum memutuskan berkunjung ke tempat ini, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Akses jalan menuju Taman Edelweiss Wonokitri cukup menanjak, jadi pastikan bahwa kamu sedang dalam kondisi yang benar-benar fit.
  • Sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang leluasa atau memudahkanmu bergerak karena kamu perlu melewati banyak tangga.
  • Pastikan bahwa kamu membawa jaket tebal karena cuacanya sangat dingin dan seringkali berkabut.
  • Parkiran mobil berada di tepi jalan dan untuk motor bisa langsung masuk kedalam jalan setapak.
  • Jika ingin menyaksikan kabut, maka kamu bisa datang pada pagi hari atau setelah hujan.
  • Jika ingin leluasa melihat pemandangan tanpa kabut, sebaiknya kamu datang saat siang hari atau saat cuaca sedang cerah.

Jika berkunjung ke Taman Edelweiss Wonokitri, jangan lupa beli souvernir atau bunga edelweiss yang dijual di sana sebagai kenang-kenangan ya!

Baca Juga: 14 Fakta Anaphalis Javanica, Si Bunga Edelweis Simbol Cinta Abadi

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya