Comscore Tracker

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!

Restoran halal di Seoul ternyata banyak lho!

Korea Selatan, khususnya Seoul, saat ini menjadi salah satu destinasi wisata dunia paling populer seiring berkembangnya industri hiburan di negeri gingseng tersebut. Begitu juga dalam industri kulinernya. Banyaknya wisatawan dari beberapa negara, khususnya Asia, mendirikan restoran halal sehingga para wisatawan atau warga muslim tidak kesulitan lagi mencari hidangan yang cocok untuk mereka.

Di Itaewon misalnya, di sana kamu akan banyak menemui beragam restoran yang menyajikan makanan halal dengan menu khas negara mereka. Namun, kalau kamu ingin mencicipi beragam makanan Korea yang otentik namun halal, kamu perlu mencatat 12 restoran di bawah ini.

1. Manis Kitchen

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Manis Kitchen. (ig/halalfood_maniskitchen_korea)

Jika kamu ingin mencari cemilan yang cukup terjangkau, mampir saja ke Manis Kitchen yang letaknya di dekat Seoul Central Mosque. Kalau ke Seoul tanpa informasi cukup, mungkin kamu akan kesulitan mencari jajanan kali lima yang ramah muslim, seperti teokbokki, odeng atau kimbab. Namun di restoran ini, kamu akan mendapatkan semuanya lengkap. Namun jika kamu mencari makanan yang lebih mengenyangkan, kamu juga dapat memesan kimchi atau nasi goreng udang.

Alamat: 36 Usadan-ro 10-gil, Itaewon 1(il)-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan (서울특별시 이태원1동 10길 36).

Sekedar informasi, pemilik restoran ini adalah seorang Korea muslim. Pendirinya memutuskan memeluk agama islam setelah bekerja di Seoul Central Mosque. 

Baca Juga: Wajib Masuk List, 5 Restoran Halal dan Enak di Bucharest Rumania

2. Murree

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Murre. (ig/murreemuslimfood)

Murree adalah restoran yang berdiri sejak 2008, yang menyajikan beragam masakan halal Korea. Meski Murree lebih dikenal sebagai restoran India, namun menu Korea di sini cukup banyak. Dari makanan favorit seperti bulgogi dan bibimbap hingga dakdoritang (sup ayam pedas), dakgalbi (ayam tumis pedas), galbitang (sup iga sapi pendek), kimchi jjiggae dan masih banyak lagi.

Yang menjadi menu utama di restoran ini adalah dakgalbi keju, kejunya sangat kenyal dan dakgalbi ayamnya sangat gurih. Karena sulit untuk menemukan dakgalbi halal di Seoul, pastikan kamu tidak membuang kesempatan ini. Dakgalbi di sini sangat pedas tapi untungnya ada keju untuk menyeimbangkan rasa. Karena porsinya sangat besar, kamu sebaiknya ke sini bersama teman-teman ya.

Pemilik restoran ini muslim jadi nggak perlu khawatir. Murre buka pada Senin-Jumat pukul 11.30 - 21.30 dan Sabtu-Minggu pukul 11.10-21.30. Alamat: 20, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul.

3. Osegyehyang Vegetarian Restaurant

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Osegyehyang Vegetarian Restaurant. (havehalalwilltravel.com)

Insadong adalah kawasan di Seoul yang terkenal dengan suasana tradisional, sekaligus menjadi pusat restoran tradisional Korea. Saat kamu melihat deretan bangunan bergaya Hanok (rumah tradisional Korea), kamu akan tahu bahwa ini kawasan restoran gourmet Korea terbaik di Seoul. Meski begitu, tentu kamu akan sulit menemukan restoran ramah Muslim bebas alkohol di sini. Sehingga, Osegyehyang Vegetarian Restaurant benar-benar harus kamu kunjungi.

Osegyehyang berarti “Aroma Lima Dunia”. Restoran vegetarian ini terkenal oleh penduduk setempat karena hidangan vegetariannya yang lezat. Dengan anggaran 15.000 won per orang, kamu sudah bisa menikmati makanan enak dan lezat di sini. Osegyehyang menggunakan sayuran dan produk kedelai sebagai pengganti daging.

Saat menyantapnya, kamu akan kesulitan untuk menemukan perbedaan keduanya. Misalnya, Tang Su Yuk, hidangan tradisional yang terbuat dari daging, digantikan oleh jamur. 

Status restoran ini adalah halal karena hanya menyediakan makanan ramah vegan. Tidak ada daging atau alkohol yang digunakan. Alamat: 14-5, Insadong 12-gil, Jongno-gu, Seoul 03146 ​​Korea Selatan.

4. Kampungku Restaurant

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Kampungku Restaurant. (ig/kampungkuseoul)

Terletak di jantung kawasan Myeongdong, Kampungku menyajikan makanan asli Korea dan Malaysia. Opsi menunya pun dijamin akan menggugah selera karena mencakup beberapa menu terbaik dari kedua negara.

Dari hidangan lokal seperti Bulgogi, Ayam Crispy Manis, Ayam Goreng Korea, Nasi Goreng Kimchi hingga favorit Asia seperti nasi lemak, nasi goreng, tom yam, dan sate ayam. Menu di restoran ini menyediakan banyak pilihan.

Yang istimewa, restoran ini juga memiliki "mart". Kamu bisa membeli beragam daging bersertifikat halal dan produk Korea seperti rumput laut, teh madu, ginseng merah, dan lainnya. Restoran ini juga memiliki musala khusus lho. Jadi kamu tidak perlu kebingungan mencari tempat Salat.

Pemilik restoran ini adalah muslim, yang juga menyediakan penginapan dan perlengkapan salat. Alamat: 25, Toegye-ro 20-gil, Jung-gu, Seoul 04629 Korea Selatan.

5. Petra

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Petra. (ig/petra_restaurant_korea)

Restoran ini didirikan oleh seorang pria Palestina yang tinggal Korea, yang menyajikan beragam makanan yang lezat. Seperti Nasi Briyani dan Mandhi yang diisi dengan bumbu dan cita rasa Mediterania. Oya, jangan lupa icipi sepiring Cous Cous dan Lamb Chops Kebab saat kamu ke sini. 

Restoran ini terletak di dekat Itaewon dan cocok untuk mampir saat berbelanja. Kamu tinggal naik kereta bawah tanah dan turun di Noksapyeong.

6. EID - 이드 Halal Korean Food

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!EID Halal Korean Food. (ig/eid.halal.korea)

Jika kamu sedang berencana berkunjung ke Seoul, kemungkinan besar kamu pernah mendengar tentang restoran. Restoran ini menyajikan banyak sekali makanan halal Koarea yang sangat enak. Seperti kebanyakan restoran halal di Seoul, EID terletak di Itaewon yang menyajikan banchan (lauk pauk). Jika kamu ingin ke sini, pastikan untuk mengunjungi Wisma EID  untuk akomodasi ramah Muslim di Seoul.

Status restoran ini adalah halal, yang disertifikasi Halal oleh Federasi Muslim Korea. Kalau kamu ingin Salat, restoran ini berada di dekat masjid. Alamat: 67, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul 04408 Korea Selatan.

7. Busan Jib Restaurant

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Busan Jib Restaurant. (ig/busanjib_myeongdong)

Berada di deretan restoran di Myeongdong, Busan Jib menyajikan masakan Korea otentik yang lezat menggunakan daging bersertifikat halal. Kamu harus mencoba beragam hidangan di restoran ini termasuk sup ayam pedas Korea dan ayam ginseng. Kamu juga juga bisa membuat bungkus selada Bulgogi sendiri.

Bahkan jika kamu bukan orang yang suka daging, restoran ini juga menyajikan hidangan seafood yang pastinya lezat. Pastikan untuk mencoba sup seafood pedas dan sotong cabai (cumi cabai). Jika kamu merasa sedikit rindu rumah dan menginginkan makanan 'Melayu', kamu harus mencoba ikan bakar dan asam pedas.

Restoran ini hanya menggunakan daging dan bahan-bahan bersertifikat halal. Minuman beralkohol dijual terpisah tetapi tidak digunakan dalam persiapan makanan atau minuman. Busan Jib Restaurant buka Senin-Jumat pukul 10.00 - 22.30 dan Sabtu-Minggu; 10AM - 11PM. Alamat: 11-4 Myeongdong 8-gil, Myeongdong 2(i)-ga, Jung-gu, Seoul (서울특별시 중구 명동2가 8길 11-4)

8. Yang Good BBQ - Yeoksam

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Yang Good BBQ - Yeoksam. (ig/yanggood)

Jika sedang ingin BBQ namun kesulitan untuk menemukan BBQ halal di Seoul, Yang Good adalah restoran yang tepat. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman BBQ Korea yang otentik di Yang Good.

Kamu bisa memilih daging domba yang tidak diasinkan untuk merasakan daging domba yang empuk dengan sempurna. Kamu juga bisa memilih daging domba yang diasinkan untuk menikmati rak domba juicy yang dilapisi dengan saus manis Korea.

Jika perutmu masih ada ruang kosong, tidak ada salahnya kamu membeli sup domba, deonjang-jjigae (sup pasta kedelai fermentasi), mulnaengmyeon물냉면 (mie dingin), dan hidangan Korea lainnya. Tempat ini juga sempurna untuk makan malam setelah berbelanja di Gangnam.

Status restoran ini halal karena hanya menyediakan daging dan bahan bersertifikat halal. Alkohol juga dijual secara terpisah dan tidak menjadi bahan memasak. Alamat: 15, Nonhyeon-ro 95-gil, Gangnam-gu Pyeonghwa Bldg. 1F, Seoul 06131 Korea Selatan.

Baca Juga: Sedang Berpuasa di Melbourne, Ini 5 Restoran Halal yang Pas untuk Berbuka

9. Halal Kitchen Korea

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Halal Kitchen Korea. (ig/halalkitchenkorea)

Jika kamu ingin mencoba masakan Korea otentik yang halal, yang disiapkan oleh koki Korea, Halal Kitchen Korea adalah tempat yang tepat. Makanan di sini dimasak oleh seorang koki Muslim Korea bernama Hassan Lee.

Berlokasi di Bukchon, kamu berkesempatan untuk merasakan masakan Korea di rumah tradisional Korea. Pastikan untuk mencoba samgyetang (sup ayam ginseng Korea) dan daging sapi bugolgi (barbeque Korea) saat berada di sini.

Yang penting lagi, datang lebih awal ya agar tidak kehabisan. Restoran ini didirikan oleh muslim yang menyediakan penginapan. Tapi sebaiknya kamu membawa sendiri alat salatmu. Buka pada Rabu-Senin; 12:00 - 15:00, 17:00 - 20:00 dan tutup pada hari Selasa.

10. Maji

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Maji. (facebook/Maji Templefood)

Mirip dengan Osegyehyang, Maji adalah restoran yang fokus dengan menu vegan namun dengan gaya Korea. Terletak di sebuah rumah tradisional di distrik Seochon dekat Gyeongbokgung, makan di Maji terasa seperti flashback ke Korea zaman dulu. Yang membedakan Maji dengan restoran lain adalah adalah semuanya disiapkan menggunakan bahan-bahan organik, dengan sedikit atau tanpa minyak. Mereka juga tidak menggunakan bawang putih atau bawang merah.

Restoran ini tentunya berstatus halal karena hanya menggunakan bahan vegan dan tidak ada alkohol di dalamnya. Alamat: 19, Jahamun-ro 5-gil, Jongno-gu, Seoul 03041 Korea Selatan.

11. Cous Cous Tunisian Home Kitchen

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Cous Cous Tunisian Home Kitchen. (ig/couscous_tunisian_home_kitchen)

Tunisian Home Kitchen ini dijalankan oleh seorang wanita Korea yang tinggal di Tunisia selama tiga tahun. Setelah menyadari betapa sulitnya bagi Muslim di Korea untuk menemukan makanan halal, ia akhirnya membuka restoran untuk membantu komunitas Muslim untuk menemukan makanan yang halal. Dengan beragam pengalaman dan penyajian sepenih hati, Cous Cous menyediakan masakan rumahan halal yang lezat untuk dinikmati oleh setiap Muslim.

Meskipun restoran menjual alkohol, namun menu mereka memiliki stiker untuk menunjukkan hidangan mana yang disajikan dengan daging halal. Mereka juga akan memberi tahu hidangan mana yang memiliki stok daging halal untuk hari itu.

12. Noryangjin Fisheries Wholesale Market

12 Restoran Halal di Seoul dengan Menu Korea yang Lengkap, Yummy!Noryangjin Fisheries Wholesale Market. (ig/jz.chelin's)

Jika kamu penggemar seafood, kamu tampaknya harus mengunjungi Noryangjin Fisheries Wholesale Market untuk mendapatkan seafood segar ala Korea. Ada kepiting raja, lobster, abalon, kerang, udang dan masih banyak lagi. Saat kamu sampai ke sini, kamu akan langsung menuju ke lantai pertama untuk memilih makanan laut dan jangan lupa untuk menawar. Pemilik kios biasanya bersedia menurunkan harga jika kamu membeli lebih banyak.

Setelah kamu selesai memilih menu, kamu akan naik ke lantai dua untuk disiapkan di restoran. Oya, restorannya tidak bersertifikat halal, jadi mintalah makananmu dimasak dengan sederhana tanpa tambahan alkohol atau kaldu.

Noryangjin Fisheries Wholesale Market buka pukul 1.30 pagi sampai 10 malam. Alamat: 674, Nodeul-ro, Dongjak-gu Metro #1 Noryangjin Station, Seoul 06900 Korea Selatan.

Baca Juga: Liburan di Australia, Catat 10 Restoran Halal Ini yang Mudah Dijangkau

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya