Winger Baru Persebaya, ini Catatan Menawan Malik Risaldi

Pemain berlabel Timnas

Persebaya Surabaya kembali mengumumkan pemain baru pada Senin (17/6/2024). Melalui akun media sosial klub, Tim Bajol Ijo resmi memperkenalkan Malik Risaldi sebagai rekrutan terbaru. Pemain berusia 27 tahun asli kelahiran Surabaya itu berhasil didatangkan dari Madura United.

Malik Risaldi sendiri merupakan pemain yang memiliki catatan menawan bersama Madura United. Buktinya, dirinya mampu membawa klubnya tersebut meraih gelar finalis serta menjadi top scorer lokal di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Kini, Malik menjadi rekrutan kedua Persebaya setelah Flavio Silva.

Inilah catatan menawan Malik Risaldi yang wajib kamu ketahui!

1. Moncer 2 musim beruntun, Malik Risaldi jadi top scorer lokal Liga 1 2023/2024

Winger Baru Persebaya, ini Catatan Menawan Malik RisaldiMalik Risaldi (instagram.com/maduraunited.fc)

Malik Risaldi telah mengabdikan seluruh kariernya untuk Madura United selama 2 musim kompetisi. Eks pemain Persela Lamongan itu pertama kali melakukannya saat tampil di Liga 1 2022/2023. Menariknya, kala itu, Malik langsung memikat atensi lantaran mencatat 3 gol dan 3 assist dari 27 pertandingan (1.649 menit) untuk Madura United.

Malik Risaldi kembali membukukan catatan gemilang saat mengarungi musim kedua bersama Madura United. Ini karena dia mengukir rekor 13 gol dan 4 assist dari 34 laga (2.453 menit) di Liga 1 2023/2024. Bahkan, berkat torehan tersebut, Malik sepatutnya dikukuhkan sebagai top scorer lokal kompetisi alias pemain lokal tersubur. Dirinya pun mengalahkan Francisco Rivera dan Hugo Gomes sebagai top skor Madura United.

Baca Juga: Jabatan Dicopot, Mantan Kadinkes Kabupaten Malang Banding ke Gubernur

2. Membawa Madura United mencapai grand final Liga 1 2023/2024

Winger Baru Persebaya, ini Catatan Menawan Malik RisaldiMalik Risaldi (instagram.com/maduraunited.fc)

Tidak hanya itu, Malik Risaldi juga menorehkan catatan menawan lain di Liga 1 2023/2024. Ia berhasil membawa Madura United menggapai pencapaian mentereng seusai menembus partai puncak kompetisi. Namun, mereka hanya menjadi finalis setelah tumbang dari Persib Bandung pada pertandingan grand final Liga 1 2023/2024.

Malik Risaldi melakukan perjuangan yang tidak mudah untuk bikin Madura United melebarkan sayap di Liga 1 2023/2024. Ini disebabkan mereka mesti bersusah payah saat melewati babak Reguler Series kompetisi dengan finis di posisi keempat klasemen. Namun, Malik membuktikan kapasitasnya dengan menyumbang 11 gol dan 4 assist pada fase tersebut.

Selanjutnya, Malik Risaldi kembali memberikan kontribusi luar biasa saat memperkuat Madura United pada babak Championship Series Liga 1 2023/2024. Ini karena ia sukses mencetak dua gol ke jala Borneo FC Samarinda pada leg kedua semifinal kompetisi. Catatan itu sekaligus mengantarkan Madura menang atas Borneo dengan skor agregat 4-2. Mereka pun melaju ke babak grand final meski akhirnya keok.

3. Debut untuk Timnas Indonesia pada 2024

Winger Baru Persebaya, ini Catatan Menawan Malik RisaldiMalik Risaldi (instagram.com/malikrisaldi77)

Banyak pasang mata terpikat dengan performa menawan Malik Risaldi bersama Madura United sepanjang 2023/2024. Salah satunya Shin Tae Yong. Pelatih Timnas Indonesia itu pun langsung memanggil Malik untuk bergabung dengan skuad Garuda.

Debut Malik Risaldi bersama Indonesia sendiri terjadi pada 2 Juni 2024. Ketika itu, dirinya tampil sebagai pengganti ketika menghadapi Tanzania dalam pertandingan persahabatan internasional. Sayangnya, Malik tak mampu memberikan tiga poin untuk Indonesia setelah imbang 0-0.

Diketahui, Malik Risaldi mencatat caps keduanya bersama Indonesia saat menghadapi Filipina pada laga terakhir putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Bermain dari bangku cadangan, Malik berhasil mempersembahkan kemenangan 2-0 untuk Garuda. Catatan itu sekaligus membawa mereka lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

4. Disodori kontrak 2 tahun oleh Persebaya

Winger Baru Persebaya, ini Catatan Menawan Malik RisaldiMalik Risaldi (kanan) saat membela Timnas Indonesia pada 2024. (instagram.com/malikrisaldi77)

Tak hanya Timnas Indonesia, Persebaya Surabaya rupanya ikut kepincut dengan catatan menawan Malik Risaldi. Ini terbukti setelah mereka bergerak cepat untuk merekrut sang pemain. Benar saja, pada 17 Juni 2024, Bajol Ijo akhirnya resmi mendapatkan Malik secara gratis dari Madura United.

Persebaya pun menyodori kontrak selama 2 tahun untuk Malik Risaldi. Mereka berharap kedatangan sang pemain dapat mempertajam sektor penyerangan, khususnya posisi sayap. Malik tentu akan menjadi rekan duet Bruno Moreira yang sejauh ini menjadi andalan di sektor sayap kiri Bajol Ijo.

Demikian ulasan catatan menawan Malik Risaldi sebagai pemain baru Persebaya Surabaya jelang menyongsong Liga 1 Indonesia 2024/2025 mendatang. Mampukah sang pemain langsung tampil apik saat melakoni musim debutnya bareng Tim Bajol Ijo?

Baca Juga: Pentolan Bonek Ajak Suporter Jaga Kondusivitas di Surabaya

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya