Thales Lira, Bek Asing yang Dikabarkan Gabung Arema FC

Eks penggawa PSS Sleman

Arema FC sudah mengambil ancang-ancang jelang menyambut gelaran Liga 1 Indonesia 2024/2025. Ini disebabkan mereka telah dikait-kaitkan dengan beberapa nama yang diperkirakan masuk ke proyek tim untuk musim depan. Salah satunya ada Thales Natanael Lira de Matos yang santer akan mengisi sektor bek asing Arema.

Pemain dengan nama karib Thales Lira itu sebenarnya tidak asing lagi di kancah sepak bola Indonesia. Maklum, dia sempat menjalani musim yang panjang bersama PSS Sleman. Bersama klub berjuluk Super Elang Jawa itu, pemain berpaspor Brasil ini memiliki peran vital sebagai bek yang cukup produktif kala mengarungi Liga 1 2023/2024.

1. Pemain yang memiliki jam terbang tinggi di Liga Brasil

Thales Lira, Bek Asing yang Dikabarkan Gabung Arema FCThales Lira (instagram.com/thaleslira40)

Thales Lira merupakan pemain yang biasa bermain di sektor bek tengah. Sosok kelahiran 6 April 1993 (31 tahun) ini pun dikenal sebagai pemain yang memiliki jam terbang tinggi di kompetisi sepak bola Brasil. Tercatat, Thales menghabiskan karier di negara sendiri dalam kurun 2013—2023.

Sejauh ini, Thales Lira pernah menjalin kebersamaan kurang lebih dengan sepuluh klub Brasil. Di antaranya ada Sport Club Internacional, Esporte Clube Bahia, Atletico Clube Goianiense, dll. Thales bahkan dominan menghabiskan kariernya di Divisi teratas Liga Brasil (Campeonato Brasileiro Serie A) bersama beberapa klub di antaranya.

Meski demikian, Thales Lira sempat mengadu nasib di kasta kedua Liga Turki 2020/2021 bersama Ankaraspor. Namun, ia tidak menorehkan kiprah yang gemilang karena hanya membukukan statistik tujuh penampilan (630 menit tampil). Alhasil, Thales pun dilepas serta harus menjalani kiprah yang singkat bersama Ankaraspor pada September—Desember 2020.

Baca Juga: Format Championship Series Dihapus, Arema FC Girang!

2. Pernah juara Serie B Brasil 2015/2016

Thales Lira, Bek Asing yang Dikabarkan Gabung Arema FCThales Lira (instagram.com/thaleslira40)

Di sela-sela kiprah panjangnya di Brasil, Thales Lira ternyata pernah merengkuh satu prestasi. Prestasi itu adalah gelar juara kasta kedua Liga Brasil (Campeonato Brasileiro Serie B) pada 2015/2016. Prestasi itu pun menjadi satu-satunya prestasi dalam karier sang pemain.

Thales Lira sendiri menggapai prestasi tersebut bersama Atletico Clube Goianiense. Menariknya, pencapian ini juga menjadi pencapaian pertama dalam sejarah klub sekaligus membawa mereka untuk promosi ke kasta tertinggi kompetisi. Hanya saja, kala itu, Thales tidak memiliki andil besar atas gelar juara Serie B Brasil 2015/2016 lantaran lebih sering dicadangkan dengan statistik dua penampilan (99 menit tampil).

3. Bek andalan PSS Sleman di Liga 1 2023/2024

Thales Lira, Bek Asing yang Dikabarkan Gabung Arema FCThales Lira (instagram.com/thaleslira40)

Thales Lira terakhir kali bermain di Liga Brasil pada 2023. Setelah itu, bek setinggi 188 sentimeter ini melanjutkan kariernya di PSS Sleman. Bersama klub berjuluk Super Elang Jawa itu, sang pemain pun menjadi andalan kala mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Tercatat, dalam semusim kompetisi, Thales Lira mampu membukukan catatan 30 penampilan serta 2.485 menit bermain bersama PSS. Dirinya bahkan menjadi bek yang cukup produktif dengan rekor tiga gol di Liga 1 2023/2024. Akan tetapi, bak nasib sial, Thales resmi dilepas PSS pada akhir musim kompetisi karena tidak masuk dalam proyek tim untuk musim depan.

4. Respons Thales Lira atas kabar kedekatannya dengan Arema FC

Thales Lira, Bek Asing yang Dikabarkan Gabung Arema FCThales Lira (instagram.com/thaleslira40)

Kini, kabar kedekatan Thales Lira dengan Arema FC sudah berhembus kencang dalam beberapa hari terakhir. Ditambah lagi, klub berjuluk Singo Edan itu tengah membutuhkan bek baru untuk memperkuat tim pada musim 2024/2025 mendatang. Ini karena Arema memang tidak memiliki bek yang tangguh saat menyongsong Liga 1 2023/2024.

Menariknya, Thales Lira rupanya telah memberi respons atas kabar ketertarikan Arema kepada dirinya. Kabar ini bahkan telah melebar ke beberapa akun penggemar media sosial Singo Edan. "Iya, (kabar itu) benar. Saya merasa sangat senang bisa bergabung dengan Arema. Kemungkinan saya akan ke Malang pada 26 atau 27 Juni 2024," ujar Thales.

Thales Lira sejauh ini memberi tanggapan positif atas kabar dirinya bakal bergabung dengan Arema FC untuk mengarungi musim baru Liga 1 Indonesia 2024/2025. Apakah kabar ini benar-benar terwujud nantinya?

Baca Juga: 3 Asisten Pelatih Arema FC Kompak Tinggalkan Singo Edan

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya