3 Syarat Arema FC Lolos dari Hukuman Degradasi Liga 1

Raihan poin adalah harga mati

Liga 1 Indonesia 2023/2024 nyaris memasuki babak akhir. Persaingan seluruh klub peserta makin berjalan sengit. Ada yang bersaing untuk merebut posisi empat teratas klasemen. Kemudian, ada juga yang saling sikut demi menghindar dari zona degradasi.

Tim ternama asal Jawa Timur, Arema FC, menjadi salah satu kesebelasan yang menyita perhatian publik. Ini karena mereka sedang berjuang untuk menghindar dari ancaman turun kasta ke Liga 2 musim depan. Walau demikian, tim berjuluk Singo Edan itu masih memiliki kesempatan untuk bisa menyelamatkan diri.

Inilah tiga syarat Arema FC lolos dari hukuman degradasi Liga 1 2023/2024.

1. Arema FC wajib menghindari kekalahan pada empat laga terakhir Liga 1 2023/2024

3 Syarat Arema FC Lolos dari Hukuman Degradasi Liga 1Arema FC dalam laga melawan RANS Nusantara pada pekan ke-25 Liga 1 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC memiliki satu peluang yang bisa menyelamatkan nasib mereka agar tidak terdegradasi dari Liga 1 2023/2024. Itu bisa terwujud jika mereka bisa menghindari kekalahan pada empat pertandingan sisa babak Reguler Series kompetisi. Jika sulit meraih kemenangan, minimal Arema bisa mengamankan raihan poin dengan hasil imbang.

Torehan kemenangan bersih dalam empat pertandingan sisa Liga 1 2023/2024 diprediksi membuat nasib Arema aman dari hukuman degradasi. Sementara itu, kombinasi hasil menang dan imbang juga membuat sikon mereka cukup terbantu. Berbeda cerita jika Arema selalu mengemas hasil imbang pada empat pertandingan terakhir Liga 1.

Dari hasil tersebut, Arema yang kini mengoleksi 31 poin maksimal akan mengumpulkan 35 poin dari tambahan 4 poin hasil imbang di klasemen akhir Liga 1. Raihan itu masih ditentukan lewat hasil pertandingan tim-tim pesaing lain, macam Bhayangkara FC, Persita Tangerang, PSS Sleman, dan RANS Nusantara. Arema dengan hasil imbangnya akan selamat jika keempat tim tersebut akan terjegal pada tiap pertandingan sisa Liga 1.

Baca Juga: Jadwal Arema FC Terbaru, Singo Edan Pantang Terpeleset

2. Arema FC tak boleh kalah dari PSS Sleman demi menjaga rekor head to head

3 Syarat Arema FC Lolos dari Hukuman Degradasi Liga 1Arema FC saat menghadapi PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2023/2024 putaran pertama. (instagram.com/pssleman)

Selain itu, Arema wajib menghindari kekalahan pada pertandingan lanjutan Liga 1 2023/2024. Mereka wajib mengemas poin, baik menang atau imbang saat menantang PSS Sleman pada pertandingan terdekat, Senin (15/4/2024). Itu wajib diupayakan agar Arema bisa menjaga rekor head to head dengan tim papan bawah Liga 1.

Rekor head to head wajib dijaga agar Arema unggul jika beberapa tim mendulang jumlah poin yang sama dengan mereka di klasemen akhir Liga 1 2023/2024. Sebab, regulasi Liga 1 menggunakan format rekor pertemuan sebagai tolok ukur utama untuk penentuan posisi. Kemudian, jika rekor head to head imbang, penentuan kedua akan diukur lewat jumlah selisih gol.

Bila berkaca pada fakta, Arema amat mungkin mengumpulkan jumlah poin yang sama dengan beberapa tim di klasemen akhir Liga 1 musim ini. Salah satunya dengan PSS. Maka dari itu, Arema wajib menghindari kekalahan dari Tim Super Elang Jawa pada pertandingan lanjutan Liga 1 terdekat. Ini berguna untuk menjaga keunggulan Singo Edan dari PSS jika meraih poin yang sama nantinya.

Diketahui, Arema sendiri unggul rekor head to head dari PSS. Itu terbukti setelah Singo Edan meraih kemenangan pada putaran pertama Liga 1 musim ini. Berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Arema menang 2-1 dari PSS ketika itu. Hasil ini tentu memberi keuntungan bagi Singo Edan. Bahkan, keunggulan rekor head to head dari PSS juga berdampak pada persaingan dengan klub papan bawah lainnya, seperti Bhayangkara FC, Persita Tangerang, dan RANS Nusantara.

3. Berharap empat tim pesaing terjegal pada sisa pertandingan Liga 1

3 Syarat Arema FC Lolos dari Hukuman Degradasi Liga 1Arema FC saat menghadapi Persita Tangerang pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/persita.official)

Terakhir, Arema bisa selamat dari hukuman degradasi dengan terpelesetnya empat tim pesaing terdekat. Mereka adalah Bhayangkara FC, Persita Tangerang, PSS Sleman, dan RANS Nusantara. Hasil ini jelas berpengaruh jika Arema sendiri meraih hasil positif pada empat pertandingan sisa Liga 1 2023/2024 sehingga unggul jumlah poin nantinya.

Harapan Arema tersebut bisa dibilang berpeluang terwujud bila melihat fakta. Ini karena Bhayangkara FC, Persita, PSS, dan RANS akan menghadapi pertandingan-pertandingan sulit dengan melawan banyak tim tangguh. Inilah daftar pertandingan sisa untuk empat tim pesaing Arema pada kalender pemungkas Liga 1 2023/2024:

Bhayangkara FC:

  • Persik Kediri (home);
  • Bali United (away);
  • Barito Putera (away);
  • Persis Solo (home).

Persita Tangerang:

  • Persib Bandung (home);
  • Persik Kediri (away);
  • Persis Solo (away);
  • Bali United (home).

PSS Sleman:

  • Arema FC (home);
  • Dewa United (home);
  • Persik Kediri (away);
  • Persib Bandung (home).

RANS Nusantara:

  • Barito Putera (home);
  • PSIS Semarang (away);
  • Persija Jakarta (home);
  • PSM Makassar (away).

Dapat disimpulkan Arema FC sama-sama memiliki kesempatan besar untuk lolos maupun tidak dari hukuman degradasi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Menurut kalian, hasil mana yang akan diraih Tim Singo Edan pada akhir musim nanti?

Baca Juga: Libur Lebaran 2 Hari, Pemain PSS Sleman Bersiap Hadapi Arema FC

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya