Terbuka Lebar, Ini Skenario Deltras Lolos Semifinal Liga 2

Jangan sampai kepleset!

Deltras Sidoarjo tampil memukau pada pertandingan pekan ke-5 babak 12 besar Liga 2 Indonesia 2023/2024 Grup Y. Itu terjadi seusai mereka mengalahkan FC Bekasi City 2-1 di Stadion Gelora Soeprijadi, Blitar, Minggu (28/1/2024). Hasil ini menjadi modal berharga The Lobster untuk merebut satu tiket lolos ke babak semifinal.

Seperti diketahui, format semifinal Liga 2 2023/2024 akan mengambil empat tim untuk bermain pada babak semifinal. Rinciannya ada 3 tim dari juara Grup X, Y, Z, serta 1 tim runner-up terbaik pada babak 12 besar. 

Deltras sendiri menjadi tim yang berpeluang lolos lewat jalur juara Grup Y. Saat ini mereka menduduki peringkat pertama di grup itu. Namun, kepastian ini harus ditentukan pada pertandingan pekan ke-6 fase 12 besar, Sabtu (3/2/2024) mendatang.

Berikut adalah skenario jika Deltras ingin lolos ke semifinal.

1. Deltras hanya butuh seri lawan Malut United demi memastikan juara Grup Y

Terbuka Lebar, Ini Skenario Deltras Lolos Semifinal Liga 2Deltras dalam laga melawan Malut United pada pekan ke-2 babak 12 besar Liga 2 2023/2024. (instagram.com/deltras.official)

Deltras akan bertandang melawan Maluku Utara United pada pertandingan penutup babak 12 besar Liga 2 2023/2024. Ini menjadi pertandingan hidup dan mati bagi mereka. Sebab, hasil akhir dalam laga itu akan menentukan siapa yang nantinya berhak lolos ke semifinal untuk mewakili Grup Y.

Deltras sendiri mempunyai kans besar untuk lolos ke semifinal Liga 2 2023/2024. Maklum, mereka tengah memuncaki klasemen sementara Grup Y dengan catatan 9 poin dari 5 laga. Deltras bahkan bisa lolos meski hanya imbang atas Malut United. Itu karena jumlah poin yang dimiliki Deltras dipastikan tidak akan teraslip oleh dua pesaing dari Grup Y, Malut United dan Persela Lamongan.

Bila imbang atas Malut United, nantinya Deltras akan mengumpulkan 10 poin, sementara Malut United mengoleksi 8 poin. Posisi runner-up berpeluang direbut Malut United maupun Persela. Torehan itu sendiri tak akan memengaruhi predikat Deltras sebagai juara Grup Y.

Namun, The Lobster, juluka Deltras, tentu tak mau hanya hasil imbang. Mereka pasti mengincar 3 poin untuk mengunci tiket dengan 12 poin tanpa kekalahan. 

Baca Juga: Gilas Persela, Deltras Raih 3 Poin Perdana di Fase 12 Besar

2. Bila kalah dari Malut United, Deltras masih akan menantikan hasil pertandingan di grup lain

Terbuka Lebar, Ini Skenario Deltras Lolos Semifinal Liga 2Deltras dalam laga melawan Malut United pada pekan ke-2 babak 12 besar Liga 2 2023/2024. (instagram.com/deltras.official)

Berbeda cerita jika Deltras menderita kekalahan atas Malut United pada pertandingan penutup babak 12 besar Liga 2 2023/2024. Ini akan membuat posisi mereka turun ke peringkat ke-2 di klasemen Grup Y. Deltras akan dikudeta oleh Malut United sendiri.

Predikat runner-up akan membuat langkah Deltras kian berat untuk melaju ke semifinal Liga 2 2023/2024. Sebab, mereka harus bersaing dengan tim runner-up dari grup lainnya, Grup X dan Z. Ini terjadi karena cuma ada satu tim yang berhak lolos melalui jalur runner-up terbaik pada babak semifinal Liga 2.

Andai Deltras kalah dan menempati runner-up, maka ada banyak syarat yang wajib dipenuhi untuk lolos ke semifinal. Pertama, mereka harus berharap Semen Padang tidak menang atas Persiraja Banda Aceh di Grup X. Tidak hanya itu, PSIM Yogyakarta pun tidak boleh menang telak atas PSMS Medan di grup yang sama. Dengan harapan, PSIM tidak mengungguli jumlah selisih gol yang dimiliki Deltras. Dua syarat itu penting agar tak ada yang menyamai poin 9 serta selisih gol yang dicetak Deltras.

Di sisi lain, juga masih harus berharap pada hasil Grup Z. Bila menjadi runner-up Grup Y,  mereka harus berharap supaya Gresik United tidak menang atas Persipal Babel United. Lalu, hasil laga Persewar Waropen vs PSBS Biak begitu menentukan pula. Deltras akan lolos jika Persewar gagal menang dalam laga itu, serta harus unggul jumlah produktivitas gol. Rumit.

3. PSBS Biak dipastikan lolos semifinal Liga 2 2023/2024, tersisa tiga slot lagi

Terbuka Lebar, Ini Skenario Deltras Lolos Semifinal Liga 2Deltras dalam laga melawan Malut United pada pekan ke-2 babak 12 besar Liga 2 2023/2024. (instagram.com/deltras.official)

Sementara Deltras masih berebut tiket, saat ini sudah ada satu tim yang dipastikan lolos ke babak semifinal Liga 2 2023/2024. Mereka adalah PSBS Biak, tim asal Papua. Tim yang diperkuat Beto Goncalves dan kolega itu diketahui berhasil lolos dengan menyandang status sebagai juara dari Grup Z.

Dengan begitu, semifinal Liga 2 2023/2024 tinggal menyisakan tiga slot lagi. Rinciannya ada 2 slot untuk tim juara dari Grup X dan Y, serta 1 slot dari peringkat runner-up terbaik. Deltras benar-benar wajib membidik predikat juara Grup Y bila ingin langsung lolos ke semifinal. Sebab, langkah mereka akan lebih sulit jika hanya meraih gelar runner-up Grup Y.

 

Sejauh ini, Deltras Sidoarjo memang berada di atas angin untuk menjadi wakil dari Grup Y yang berhak lolos ke semifinal Liga 2 Indonesia 2023/2024. Hanya saja, The Lobster tetap tak boleh meremehkan Malut United sebagai lawan terakhir mereka pada laga penutup babak 12 besar. Apalagi, nantinya laga akan digelar di markas lawan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan. Pokoknya, raihan poin menjadi harga mati bagi Deltras!

Baca Juga: 12 Besar Liga 2: Gresik dan Deltras Buka Kans Semifinal, Persela Tipis

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya