Seri, Arema Lolos Degradasi, Madura United Pastikan Tiket Play Off

Tidak ada gol tercipta dalam bentrok ini

Bangkalan, IDN Times - Madura United gagal mendulang hasil sempurna saat menghadapi Arema FC pada pertandingan penutup (pekan 34) Reguler Series Liga 1 Indonesia 2023/2024. Bertanding di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Tim Laskar Sapeh Kerrab hanya imbang 0-0 dari tamunya pada Selasa (30/4/2024) 15.00 WIB. Sebaliknya, satu poin sangat berarti bagi Arema FC karena memastikan mereka tetap di Liga 1 musim depan. 

Madura United melakoni pertandingan yang tidak gampang atas Arema. Itu tampak setelah tim yang dimotori oleh Hugo Gomes ini masih gagal mengembangkan skema permainan lantaran belum lepas sepanjang 15 menit pertama. Di sisi lain, tim tamu bahkan nyaris membuat gol kejutan lewat tembakan spekulasi Julian Guevara usai melakukan umpan kombinasi dengan Charles Lokolingoy pada menit ke-4.

Seusai itu, tuan rumah mulai mempertontonkan dominasi mereka atas Arema. Ini terbukti lantaran skuad Laskar Sapeh Kerrab sudah berulang kali mengancam gawang tim tamu lewat peluang Dalberto Luan Belo (17'), Riyatno Abiyoso (22'), Malik Risaldi (24', 28'), Cleberson (29'). Kendati demikian, selurung kesempatan itu tetap gagal berbuah gol hingga pertandingan berjalan 30 menit. 

Di satu sisi, Arema mulai kesulitan menjalankan visi permainan setelah digempur habis-habisan oleh Madura United. Mereka hanya mengandalkan taktik serangan balik dengan memanfaatkan kecepatan yang dimiliki Charles Lokolingoy dan Dedik Setiawan. Tercatat, dua peluang terakhir Arema pun terjadi melalui kontribusi Guevara pada menit ke-25 serta Lokolingoy pada menit ke-26 sebelumnya. Setelah itu, Singo Edan gagal memberi ancaman lagi hingga turun minum serta menyudahi babak pertama dengan skor 0-0 dari Madura United.

Usai jeda, Madura United masih belum menurunkan irama permainan. Mereka bahkan menciptakan beberapa peluang berbahaya lagi lewat Malik Risaldi (49'), Dalberto (55'), Hugo Gomes (64'), serta Cleberson (68'). Namun, tetap gagal berbuah gol hingga pertandingan berlangsung 70 menit.

Sial, Madura United mendapat petaka pada menit ke-73. Bek senior mereka, Novan Sasongko mesti keluar lapangan lebih cepat lantaran mendapat hukuman kartu merah secara tidak langsung dari wasit. Praktis, ini menjadi kerugian tersendiri bagi Laskar Sapeh Kerrab karena bermain dengan sepuluh orang saja sejak saat itu.

Keluarnya Novan Sasongko benar-benar memberi dampak perubahan besar dalam pertandingan ini. Tensi permainan Madura United terlihat makin kendur. Bahkan, mereka tetap gagal mencetak gol hingga wasit meniup peluit panjang. Alhasil, dengan hasil itu dipastikan Madura United hanya meraup raihan satu poin dari Arema FC usai imbang dengan skor akhir 0-0.

Kendati demikian, hasil imbang ini dipastikan membawa Madura United tetap berhasil mengamankan tiket Championship Series Liga 1 2023/2024 dengan menyusul Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, dan Bali United. Mereka unggul catatan poin (55 poin) dari Dewa United (54 poin) dan PSIS Semarang (53 poin) sebagai kompetitor terkuat di klasemen akhir Liga 1.

Baca Juga: Laga Pamungkas Arema FC, Widodo Sedih Harus Tanpa Penonton

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya