Road to Glory Arema FC di Piala Presiden 2024, Kampiun!

Klub tersukses dengan koleksi empat trofi

Arema FC kembali mengukuhkan diri sebagai klub terbaik di Piala Presiden 2024. Ini terjadi usai mereka keluar sebagai juara. Kesuksesan itu didapat ketika Singo Edan berhasil mengempaskan Borneo FC Samarinda di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/8/2024).

Pada final Piala Presiden edisi keenam ini, Arema sukses membungkam Borneo lewat babak adu tos-tosan. Singo Edan menang dengan skor adu penalti 5-4 usai bermain imbang 1-1 pada waktu normal. Kemenangan luar biasa itu pun diraih ketika Arema bertindak sebagai tim tamu dalam laga melawan Borneo.

Lantas, seperti apa perjalanan Arema menuju tangga juara Piala Presiden 2024?

1. Jadi penguasa Grup B atas Bali United, Persija Jakarta, dan Madura United

Road to Glory Arema FC di Piala Presiden 2024, Kampiun!Arema FC dalam laga melawan Persija Jakarta pada laga kedua fase Grup B Piala Presiden 2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC tergabung dalam Grup B pada fase penyisihan Piala Presiden 2024. Di sana, mereka berjumpa lawan-lawan tangguh macam Bali United, Persija Jakarta, dan Madura United. Seluruh pertandingan dari grup ini pun digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Hebatnya, Arema jadi penguasa Grup B di Piala Presiden 2024. Itu setelah mereka keluar sebagai juara grup dengan raihan 7 poin dari 2 kali menang dan 1 kali imbang. Selain tak terkalahkan, Singo Edan juga menjadi tim paling produktif dengan 8 gol serta 2 kebobolan sepanjang fase penyisihan.

Seluruh catatan itu sendiri tercipta usai Arema menang 1-0 atas Bali United pada laga pertama Grup B Piala Presiden 2024. Mereka lalu imbang 2-2 kontra Persija Jakarta. Dan terakhir, Arema membantai Madura United 5-0 pada duel penutup babak penyisihan grup.

2. Mempermalukan Persis Solo pada semifinal

Road to Glory Arema FC di Piala Presiden 2024, Kampiun!Arema FC dalam laga melawan Persis Solo pada semifinal Piala Presiden 2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC berhak lolos ke semifinal usai keluar sebagai juara grup B di Piala Presiden 2024. Kali ini, Singo Edan dihadapkan dengan lawan yang tak kalah tangguh. Mereka adalah Persis Solo, kesebelasan yang menyandang status sebagai tim runner-up dari Grup A.

Arema menatap laga tandang saat bertemu Persis pada semifinal Piala Presiden 2024. Untungnya, dengan soliditas tim yang kuat, Singo Edan mampu menyudahi bentrok tersebut dengan hasil sempurna. Arema mempermalukan Persis dengan kedudukan akhir 2-0 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Rabu (31/7/2024).

3. Ulangi sejarah, Arema kembali mengempaskan Borneo FC pada final

Road to Glory Arema FC di Piala Presiden 2024, Kampiun!Arema FC saat menghadapi Borneo FC Samarinda pada final Piala Presiden 2024. (instagram.com/borneofc.id)

Arema FC akhirnya menyegel tiket final Piala Presiden 2024 setelah menaklukkan Persis Solo. Mereka pun melaju ke babak penentuan gelar juara dengan menghadapi Borneo FC Samarinda. Uniknya, ini menjadi laga final ulangan Arema dan Borneo karena pernah berhadapan pada final Piala Presiden 2017 dan 2022.

Berbekal dua kemenangan dalam dua final sebelumnya, Arema tak disangka kembali menumbangkan Borneo pada partai puncak Piala Presiden 2024. Singo Edan menang lewat adu penalti 5-4 setelah imbang 1-1 pada waktu normal di Stadion Manahan Solo, Minggu (4/8/2024). Praktis, hasil itu sekaligus membawa Arema juara.

Di sisi lain, Arema sementara ini menjadi tim paling sukses dalam sejarah perhelatan Piala Presiden. Ini terbukti di balik keberhasilan mereka merengkuh empat gelar juara pada 2017, 2019, 2022, dan 2024. Pencapaian itu pun membuat Arema unggul atas dua tim juara lainnya, Persib Bandung dan Persija Jakarta.

4. Dua pemain Arema memborong penghargaan individu

Road to Glory Arema FC di Piala Presiden 2024, Kampiun!Pemain Arema FC dalam laga melawan Persis Solo pada semifinal Piala Presiden 2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Selain gelar juara, keberhasilan Arema FC makin lengkap setelah dua pemainnya mendapat penghargaan individu di Piala Presiden 2024. Mereka adalah Charles Lokolingoy dan Arkhan Fikri. Lokolingoy terpilih sebagai pemain terbaik, sedangkan Arkhan menjadi pemain muda terbaik.

Tak heran terjadi mengapa kedua pemain tersebut menerima penghargaan individu di Piala Presiden 2024. Itu karena Charles Lokolingoy peran vital di lini depan Arema. Striker berpaspor Australia itu menjadi mesin gol Singo Edan dengan 3 gol dan 2 assist dari 5 laga (412 menit) di Piala Presiden tahun ini.

Sementara itu, Arkhan Fikri impresif di sektor gelandang tengah Arema. Pemain muda 19 tahun membukukan 1 assist dari 5 laga (442 menit) di Piala Presiden 2024. Bahkan, keberadaan Arkhan bisa dibilang menjadi pencetus terbentuknya soliditas lini gelandang Arema bersama Wiliam Marcilio (gelandang serang) dan Julian Guevara (gelandang bertahan).

Arema FC untuk sementara menjadi satu-satunya klub yang merengkuh hattrick gelar juara Piala Presiden. Itu terbukti setelah tim kebanggaan Aremania ini menjuarai Piala Presiden dalam tiga edisi berturut-turut pada 2019, 2022, dan 2024.

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya