Profil Thiago Fernandes, Metronom Baru Deltras Sidoarjo

Eks penggawa Persipura Jayapura

Deltras Sidoarjo merubah komposisi pemain pada paruh musim Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mereka memilih melepas dua pemain asingnya, Jose Chaves dan Askarbek Saliev. Namun, The Lobster telah menggantinya dengan merekrut dua pemain asing baru saat ini. Salah satunya Thiago Fernandes Oliveira.

Ia merupakan seorang pemain yang terampil di posisi gelandang. Kedatangan pemain berusia 31 tahun itu membawa dampak perubahan yang positif bagi Deltras. Bagaimana tidak, berkat jasa Thiago Fernandes, The Lobster berhasil menembus babak 12 besar di Liga 2 2023/2024. Mereka berpeluang juara sehingga bisa naik kasta ke Liga 1 musim depan.

Penasaran dengan rekam jejak Sang Pemain? Coba intip profil Thiago Fernandes lewat ulasan di bawah ini!

1. Mantan penggawa Timor Leste U-23

Profil Thiago Fernandes, Metronom Baru Deltras SidoarjoThiago Fernandes (instagram.com/deltras.official)

Thiago Fernandes merupakan pemain berpaspor Timor Leste. Status kewarganegaraannya itu masuk dalam kategori naturalisasi. Sebab, pemain kelahiran 9 Juni 1992 itu sebenarnya adalah pemain berdarah Brasil. Thiago pernah menjadi bagian dari penggawa Timnas Timor Leste. Ia merupakan mantan pemain Timor Leste U-23 (catatan 5 caps). Hanya saja, Sang Pemain belum menembus timnas senior sejauh ini.

Thiago mengawali karier sepak bolanya di Brasil pada 2009. Ketika itu, ia dipercaya menjadi bagian dari Clube Atletico Juventus sampai 2011. Setelah itu, Thiago masih melanglang buana di Liga Brasil. Ia kemudian memperkuat tiga klub domestik lain, seperti Esporte Clube Uniao Suzano, Associacao Desportiva Itaborai, dan Atletico Monte Azul. Secara keseluruhan, Sang Pemain menjalani kiprah di negara sendiri hingga tahun 2014.

Baca Juga: 4 Pemain Deltras yang Menonjol hingga Fase 12 Besar Liga 2

2. Thiago Fernandes pernah berkostum Persipura Jayapura pada 2016

Profil Thiago Fernandes, Metronom Baru Deltras SidoarjoThiago Fernandes (instagram.com/deltras.official)

Thiago Fernandes mulai mencari petualangan baru pada 2015. Ia merantau untuk berkarier di Bahrain. Sang Pemain diterima untuk menjadi bagian dari klub domestik, Budaiya Club, ketika itu. Hanya saja, keberadaan Thiago bertahan sebentar. Ia menghabiskan waktu setahun saja di Budaiya Club.

Pada 2016, Thiago kembali memilih berkarier di luar negeri. Kali ini, Indonesia menjadi negara pelabuhannya. Sang Pemain rupanya menjadi rekrutan baru Persipura Jayapura pada saat itu. Sayangnya, Thiago tidak menemukan performa terbaik di Persipura. Ia hanya membukukan statistik 14 penampilan di Liga Indonesia 2016. Bahkan, kebersamaan Sang Pemain dengan tim Mutiara Hitam harus terhenti sampai akhir musim kompetisi saja.

3. Sudah berpetualang di beberapa negara, seperti Qatar, India, Kamboja, dan lain-lain

Profil Thiago Fernandes, Metronom Baru Deltras SidoarjoThiago Fernandes (instagram.com/_th1992)

Setelah menjadi bagian dari Persipura Jayapura, Thiago Fernandes lantas belum mengentikan keinginannya untuk berpetualang. Buktinya, sejak 2017, ia kembali merantau dengan menjelajahi enam negara berbeda. 

Thiago pernah membela Al-Fahaheel SC di Liga Kuwait pada 2017. Lalu, ia pulang ke Brasil lagi dengan membela CE Operario Varzea-Grandense (2017) dan Fluminense Futebol Clube (2021). Itu berada dalam periode berbeda. Sebelum membela Fluminense, Thiago sempat berkiprah bersama Gokulam Kerala FC di Liga India pada 2018. Lalu, mengabdi untuk klub Macau, Ka I, pada 2019.

Untuk periode terbaru, Thiago kembali menjalankan petualangannya di dua negara berbeda. Ia menjajaki Liga Kamboja untuk membela Kirivong Sok Sen Chey FC pada 2022. Kemudian menerima pinangan klub Mongolia, Ulaanbaatar City FC, pada Maret 2023. Sayang, karier Thiago bersama Ulaanbaatar City bertahan sebentar hingga Juli 2023.

4. Deltras Sidoarjo jadi klub teranyar  Thiago Fernandes pada 2023, berpeluang juara!

Profil Thiago Fernandes, Metronom Baru Deltras SidoarjoThiago Fernandes dan Rosalvo Candido (instagram.com/deltras.official)

Thiago Fernandes sempat tak memiliki klub. Beruntungnya, ia dilirik klub Indonesia lagi pada November 2023. Benar saja, secara resmi, Thiago dikontrak Deltras Sidoarjo untuk menyongsong Liga 2 2023/2024. Thiago sepertinya tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini. Buktinya, adaptasi Sang Pemain berjalan cepat dengan kontribusi 1 gol dari 4 laga (281 menit tampil) bagi Deltras sejauh ini.

Tidak hanya itu, berkat jasanya, Thiago pun mengantarkan Deltras ke fase 12 besar Liga 2 2023/2024. Ini membuka harapan mereka untuk mendulang gelar juara. Bahkan, capaian Thiago bersama Deltras sejauh ini juga membuka asa untuk bisa promosi ke Liga 1 musim 2024/2025.

Kedatangan Thiago Fernandes sudah memberikan dampak positif bagi Deltras Sidoarjo. Ia menjadi gelandang pengatur ritme permainan yang konsisten. Mampukah Thiago membawa Deltras menjuarai Liga 2 pada 2023/2024 ini?

Baca Juga: Profil Rosalvo Candido, Mesin Gol Anyar Deltras Sidoarjo

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya