Profil Raka Cahyana, Pemain Muda Deltras yang Spartan

Wonderkid berumur 19 tahun

Deltras Sidoarjo mengandalkan banyak pemain muda saat menyongsong Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mereka melakukannya karena ingin mengembangkan regenerasi pemain. Tak hanya itu, The Lobster juga berharap bisa mengorbitkan pemain bintang dengan adanya pemain muda.

Raka Cahyana Rizky merupakan contoh paling nyata. Pemain kelahiran 24 Februari 2004 (19 tahun) ini menjadi pemain muda Deltras yang bermain paling menonjol musim ini. Bagaimana tidak, Raka Cahyana berhasil menembus skuad inti Deltras saat mengarungi kompetisi profesional Liga 2.

Ini dia profil singkat Raka Cahyana sebagai wonderkid Deltras yang spartan.

1. Sosok pemain bertahan yang memiliki kecepatan

Profil Raka Cahyana, Pemain Muda Deltras yang SpartanRaka Cahyana (instagram.com/deltras.official)

Raka Cahyana merupakan pemain yang biasa bermain di sektor belakang. Di atas lapangan, pemain kelahiran Banyumas ini amat andal bermain sebagai bek sayap kanan. Raka adalah wingback yang memiliki kecepatan dalam berlari serta pandai dalam menjaga lini pertahanan.

Menariknya, sebagai pemain muda, Raka ternyata memiliki naluri yang agresif meski terbiasa bermain sebagai bek sayap. Ini didukung setelah sang pemain bisa mengisi sektor sayap kanan pula di atas rumput hijau. Kepiawaian Raka tersebut jelas menjadi nilai tambah tersendiri bagi dirinya.

Baca Juga: Begini Nasib Deltras, Persela, Gresik United di Liga 2

2. Pemain berlabel timnas

Profil Raka Cahyana, Pemain Muda Deltras yang SpartanRaka Cahyana (instagram.com/deltras.official)

Ada satu faktor yang melatar belakangi bila Raka Cahyana merupakan pemain muda yang bertalenta besar. Ternyata, ia merupakan pemain berlabel Timnas Indonesia. Hanya saja, Raka baru dipercaya memperkuat timnas junior selama ini.

Diketahui, Raka pernah bermain untuk timnas muda dalam dua kelompok usia. Ia pernah memperkuat Indonesia U-18 pada medio 2019--2020. kemudian, Raka juga dipercaya membela Indonesia U-19 sejak 2022 hingga 2024 ini. 

Tercatat, Raka telah memberikan sumbangsih yang cukup positif untuk Indonesia U-19. Dirinya berhasil menyumbang 1 gol dari 4 caps dengan catatan 360 menit tampil. Raka melakukannya saat berkiprah di ajang laga persahabatan Indonesia U-19 pada 2022. 

3. Jadi pemain muda Deltras yang performanya paling menonjol pada 2023/2024

Profil Raka Cahyana, Pemain Muda Deltras yang SpartanRaka Cahyana (instagram.com/deltras.official)

Walau belum genap berumur 20 tahun, tetapi Raka Cahyana telah memberanikan diri untuk mencari peruntungan bersama Deltras Sidoarjo. Ia baru bergabung pada musim 2023/2024. Kendati demikian, hebatnya, Raka langsung mempertontonkan ketrampilan terbaiknya pada musim debut di Deltras.

Raka menjadi pemain muda Deltras yang bermain paling menonjol saat mengarungi Liga 2 2023/2024. Ia mampu menembus skuad inti dengan menduduki posisi utama di bek sayap kanan. Buktinya, sang pemain membukukan 18 penampilan (1.413 menit tampil) dengan 2 assist untuk The Lobster.

Raka memiliki andil besar saat mengantarkan Deltras nyaris menembus babak semifinal Liga 2 2023/2024. Namun, sayang, perjuangan mereka harus terhenti sampai fase 12 besar. Raka bersama Deltras kalah dari Persiraja Banda Aceh dalam persaingan mengunci tiket semifinal melalui peringkat runner-up terbaik pada babak playoff promosi Liga 2.

4. Raka Cahyana merupakan pemain pinjaman dari Persija Jakarta

Profil Raka Cahyana, Pemain Muda Deltras yang SpartanRaka Cahyana (instagram.com/rakacahyanarizky)

Rupanya, Raka Cahyana bukan pemain asli yang dimiliki Deltras. Itu terjadi setelah ia hanya bergabung dengan status pinjaman pada musim 2023/2024. Raka merupakan sosok pemain muda orbitan Persija Jakarta. 

Deltras sendiri hanya meminjam Raka dengan durasi kontrak 1 musim penuh. Sang pemain akan pulang ke Persija pada 30 Maret 2024 mendatang. Besar kemungkinan, The Lobster akan menyodori kontrak baru untuk Raka mengingat performanya yang impresif. Hanya saja, apakah Deltras akan menjalin kerja sama dengan status pinjaman lagi atau permanen musim depan.

Deltras Sidoarjo sudah sepatutnya mempertimbangkan untuk memberikan kontrak baru kepada Raka Cahyana. Ini karena sang pemain diproyeksi akan menjadi bagian penting Skuad The Lobster saat mengarungi Liga 2 Indonesia 2024/2025. 

Baca Juga: 5 Gelandang Kunci Deltras Sidoarjo, Impresif!

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya