Mengenal Pemain Asing Arema FC Pablo Oliveira, Top!

Jadi pelengkap pemain asing Arema

Arema FC kembali mendatangkan pemain baru jelang penutupan bursa transfer Liga 1 Indonesia 2024/2025. Dia adalah Gildson Pablo de Oliveira Silva. Pria berumur 29 tahun ini resmi menjadi pelengkap slot pemain asing terakhir (ke-8) bagi Singo Edan.

Pemain dengan panggilan karib Pablo Oliveira itu adalah gelandang bertahan yang berpengalaman di atas lapangan. Dia berasal dari Brasil. Dengan demikian, kehadiran Oliveira tentu membuat citra Arema menjadi tim yang kental dengan aroma Negeri Samba di Liga 1 2024/2025.

1. Pemain berkebangsaan Brasil

Mengenal Pemain Asing Arema FC Pablo Oliveira, Top!Pablo Oliveira (instagram.com/pablooliveira95)

Pablo Oliveira lahir di Kota Natal, Rio Grande do Norte, negara bagian di Timur Laut Brasil. Pemain kelahiran 24 Mei 1995 ini sudah menghabiskan kariernya sejak level junior di negara sendiri. Tercatat, keberlangsungan karier Oliveira di Brasil terjadi pada medio 2016—2024.

Ada sedikitnya sepuluh klub Brasil yang pernah disinggahi Pablo Oliveira. Beberapa di antaranya ada Globo FC, Botafogo FC, dan Sampaio Correa FC. Sang pemain pun menghabiskan kariernya di kasta bawah Liga Brasil hingga kompetisi regional di Brasil selama ini.

2. Menawan di Liga Serie B Brasil (kasta kedua)

Mengenal Pemain Asing Arema FC Pablo Oliveira, Top!Pablo Oliveira (instagram.com/pablooliveira95)

Pablo Oliveira telah melangsungkan kiprahnya di berbagai kejuaraan selama di Brasil. Dirinya pernah bermain di Kasta Kedua Liga Brasil, Kasta Ketiga Liga Brasil, hingga kompetisi regional. Meski demikian, sepak terjang karier Oliveira dominan terjadi di Kasta Kedua Liga Brasil (Serie B Brasil).

Fakta tersebut terbukti ketika Pablo Oliveira membukukan 61 penampilan (3.895 menit) dengan 1 gol 2 assist di Serie B Brasil. Ia mampu mencatat rekor itu bersama empat tim pada periode 2017—2023. Mereka adalah Guarani FC, Botafogo FC, Gremio Esportivo Brasil, dan Associacao Chapecoense de Futebol.

Sementara itu, Pablo Oliveira punya catatan empat penampilan atau 81 menit bermain di Kasta Ketiga Liga Brasil (Serie C Brasil). Ia menorehkan statistik itu ketika berkostum Tombense FC pada 2020/2021. Lalu, Oliveira sempat berkontribusi untuk Sampaio Correa FC di Serie C Brasil 2023/2024.

Baca Juga: Arema FC Lengkapi Kuota Pemain Asing dengan Rekrut Gelandang Bertahan

3. Jadi pelengkap pemain asing Arema FC di Liga 1 2024/2025

Mengenal Pemain Asing Arema FC Pablo Oliveira, Top!Pablo Oliveira (instagram.com/pablooliveira95)

Pablo Oliveira terakhir kali berkiprah di Brasil bersama Sampaio Correa FC pada 2023/2024. Namun, kariernya tak berlangsung optimal lantaran hanya membukukan enam penampilan (201 menit) di berbagai kejuaraan. Alhasil, kiprah Oliveira di Sampaio Correa berakhir selama 1 musim kompetisi saja.

Dari situlah awal mula Pablo Oliveira dipinang oleh Arema FC. Ia didatangkan secara gratis pada 13 Agustus 2024. Dengan begini, Oliveira akan merasakan pengalaman pertama untuk merumput di luar Brasil. Ia sekaligus menjadi pelengkap slot pemain asing Arema di Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Di lain sisi, komposisi tim Arema makin kental dengan aroma Negeri Samba di Liga 1 2024/2025. Itu karena kedatangan Pablo Oliveira melengkapi lima pemain Singo Edan yang berasal dari Brasil. Sebelumya, Arema juga mendatangkan Wiliam Marcilio, Dalberto Luan Belo, Thales Lira, dan Lucas Frigeri.

4. Alasan Pablo Oliveira gabung Arema FC

Mengenal Pemain Asing Arema FC Pablo Oliveira, Top!Pablo Oliveira (instagram.com/pablooliveira95)

Menariknya, ada satu alasan Pablo Oliveira mau menerima pinangan Arema FC pada 2024. Singo Edan ternyata cukup dikenal di Brasil. Selain itu, banyaknya pemain asal Negeri Samba di Indonesia turut memberi pengaruh lebih bagi keputusan yang dibuat Oliveira.

"Di Brasil, semua sudah kenal tim besar seperti Arema, jadi waktu ada tawaran ke Arema, dari teman pelatih, dapat info dari teman-teman juga dan akhirnya saya langsung mau. Kebetulan ada banyak teman saya juga di sini satu tim," ucap Pablo Oliveira seperti dikutip Liga Indonesia Baru.

Pablo Oliveira resmi menjadi pelengkap slot pemain asing Arema FC di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Mampukah kehadirannya dapat memberi dampak lebih positif untuk komposisi pemain Singo Edan?

Baca Juga: Salim Tuharea, Talenta Maluku yang Siap Bersinar di Arema FC

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya