Noriki Akada, Eks Pemain Liga 2 yang Digaet Madura United

Mencetak gol debut di Piala Presiden 2024

Madura United resmi memperkenalkan rekrutan pemain asing ke-8 alias terakhir mereka jelang mengarungi Liga 1 Indonesia 2024/2025. Pemain itu adalah Noriki Akada. Ia merupakan pemain muda berusia 24 tahun yang berasal dari Hiroshima, Jepang.

Noriki Akada adalah pemain yang memiliki keterampilan sebagai pemain sayap di lapangan hijau. Dengan kelincahan dan kecepatannya, ia tentu diharapkan dapat menambah daya gedor di lini serang klub. Noriki pun sudah mempertontonkan potensinya untuk Madura United ketika tampil di Piala Presiden 2024.

1. Pemain serbaguna di lini serang

Noriki Akada, Eks Pemain Liga 2 yang Digaet Madura UnitedNoriki Akada (instagram.com/noriki10477)

Noriki Akada adalah pemain yang serbaguna di atas lapangan. Dikatakan demikian karena ia dapat bermain di beberapa posisi di lini serang. Buktinya, Noriki dapat berperan sebagai penyerang tengah, penyerang bayangan, dan gelandang serang.

Bahkan, Noriki Akada memiliki peran baru sejak membela Madura United pada 2024. Ini karena dirinya biasa diturunkan di sektor sayap kanan. Dengan postur 170 sentimeter serta keterampilan yang dimiliki, tidak heran bila Tim Laskar Sape Kerrab memberikan kepercayaan kepada Noriki untuk mengisi posisi tersebut.

2. Mengenyam karier di Jepang, Armenia, hingga Mongolia

Noriki Akada, Eks Pemain Liga 2 yang Digaet Madura UnitedNoriki Akada (kanan) (instagram.com/maduraunited.fc)

Noriki Akada pertama kali mengasah bakat sepak bolanya bersama Tokai University di Jepang. Ia berpisah dengan klub pertamanya itu pada April 2022. Sempat tak memiliki klub, Noriki lalu mencoba peruntungan dengan menjajaki sepak bola di salah satu negara Asia Barat, Armenia, pada Agustus 2022.

Ketika itu, Noriki Akada bergabung bersama MIKA Ashtarak untuk mengarungi kasta kedua Liga Armenia 2022/2023. Ia pun amat diandalkan dengan catatan 5 gol dari 9 penampilan atau 750 menit bermain. Namun, kiprah Noriki bertahan selama semusim kompetisi saja di sana.

Noriki Akada kemudian merantau lagi ke Mongolia (Asia Timur) pada Juni 2023. Ia pun dipercaya untuk membela tim di kasta teratas Liga Mongolia, Tuv Azarganuud FC. Hanya saja, karier Noriki tidak berjalan mulus hingga memutuskan pergi pada September 2023.

3. Mantan top skor PSDS Deli Serdang di Liga 2 2023/2024

Noriki Akada, Eks Pemain Liga 2 yang Digaet Madura UnitedIran Junior dan Noriki Akada (instagram.com/maduraunited.fc)

Noriki Akada kemudian berjodoh dengan Indonesia setelah menyudahi kariernya di Mongolia. Ini terbukti setelah ia direkrut tim asal Sumatra Utara, PSDS Deli Serdang, pada 1 September 2023. Noriki sendiri dipercaya untuk bermain di Liga 2 Indonesia 2023/2024 pada saat itu.

Menariknya, Noriki Akada kembali memperlihatkan ketajamannya sebagai pemain andalan di sektor serang. Ini terjadi usai ia membukukan total 8 gol dan 1 assist  dari 17 penampilan (1.428 menit bermain) di Liga 2 2023/2024. Namun, kiprah sang pemain di sana tidak berlangsung lama setelah gagal membawa PSDS promosi hingga berpisah pada akhir kompetisi. 

4. Mencetak gol debut sensasional untuk Madura United di Piala Presiden 2024

Noriki Akada, Eks Pemain Liga 2 yang Digaet Madura UnitedNoriki Akada (instagram.com/maduraunited.fc)

Seusai berpisah dengan PSDS Deli Serdang, Noriki Akada selanjutnya mencoba peruntungan bersama Madura United. Ia diboyong untuk menjadi salah satu bagian Tim Laskar Sape Kerrab menjelang Liga 1 Indonesia 2024/2025. Noriki pun resmi berseragam Madura United sejak 24 Juli 2024.

Noriki Akada sendiri telah melakoni debutnya bersama Madura United di Piala Presiden 2024. Hebatnya, ia langsung mencetak gol dalam debutnya itu saat melawan Bali United pada laga kedua fase Grup B, Rabu (24/7/2024). Bahkan, Gol debut Noriki itu terbilang sensasional karena dicetak pada detik ke-20 serta memegang rekor gol tercepat sementara di Piala Presiden tahun ini.

Noriki Akada berpotensi mengembangkan kariernya bersama Madura United. Apalagi, dirinya bakal menghadapi sengitnya persaingan di kasta tertinggi Liga 1 Inodnesia 2024/2025. Itu jelas memperlebar kesempatan Noriki Akada untuk menambah kemampuan sebagai pemain profesional.

 

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya