Profil Leo Navacchio, Kiper Asing Pertama Persik Kediri

Kiper berpaspor Brasil

Persik Kediri akhirnya memperkenalkan pemain asing baru pada 2024. Pemain itu adalah Leo Navacchio (31 tahun). Ia merupakan pria berkewarganegaraan Brasil yang biasa bermain sebagai kiper.

Leo Navacchio sendiri baru didatangkan dari klub kasta kedua Liga Portugel, CD Tondela. Kiper dengan tinggi badan 192 sentimeter itu berhasil direkrut secara gratis oleh Tim Macan Putih. Menariknya, keberadaan Leo pun mengisi daftar kiper asing pertama yang membela Persik sepanjang sejarah.

1. Kiper jebolan Sao Paulo U-20

Profil Leo Navacchio, Kiper Asing Pertama Persik KediriLeo Navacchio (instagram.com/persikfcofficial)

Leo Navacchio merupakan pemain kelahiran Piacatu, Sao Paulo, Brasil. Ia adalah kiper jebolan klub pemuda tanah kelahiran sendiri, Sao Paulo FC U-20. Kemudian, Leo berhasil promosi ke tim senior Sao Paulo pada 2011.

Leo Navacchio menjalani perjalanan karier yang lama bareng Sao Paulo hingga 2015. Hanya saja, selama ini, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain ketika berkostum klub berjuluk Tricolor Paulista tersebut. Leo sendiri pernah dipinjamkan ke Sertaozinho FC (2013), Oeste FC (2014), dan America FC (2015).

2. Memiliki jam terbang cukup luas di Liga Portugal

Profil Leo Navacchio, Kiper Asing Pertama Persik KediriLeo Navacchio (instagram.com/persikfcofficial)

Leo Navacchio terakhir kali memperkuat Sao Paulo FC pada 2015. Selanjutnya, ia mencoba peruntungan untuk merantau ke Benua Eropa. Leo kemudian melanjutkan karier di Portugal selama hampir 10 tahun pada medio 2015--2024.

Leo Navacchio telah menghabiskan kariernya untuk lima klub berbeda di Portugal. Mereka adalah Portimonense SC, FC Penafiel, SC Covilha, SC Uniao Torreense, dan CD Tondela. Sang kiper pun menyudahi kariernya di Portugal ketika berseragam Tondela pada pertengahan 2024.

Menariknya, Leo Navacchio juga mengantongi jam terbang cukup luas selama berkarier di Portugal. Itu dapat dibuktikan setelah ia membukukan total 80 penampilan (7.032 menit) dengan raihan 24 clean sheet di Liga Portugal 2. Sementara itu, Leo mengemas sepuluh penampilan (900 menit) di Liga Utama Portugal.

Baca Juga: Ezra Walian Bakal Pergi dari Persib, Diisukan Merapat ke Persik Kediri

3. Mempunyai dua prestasi

Profil Leo Navacchio, Kiper Asing Pertama Persik KediriLeo Navacchio (instagram.com/persikfcofficial)

Leo Navacchio telah mengantongi dua prestasi sepanjang kariernya. Prestasi pertamanya adalah menjuarai Copa Sudamericana 2012/2013 bersama Sao Paulo FC. Itu sekaligus menjadi satu-satunya prestasi Leo di Brasil.

Tidak hanya itu, Leo Navacchio juga pernah merengkuh prestasi lain di Portugal. Ini terjadi setelah ia meraih gelar juara kasta kedua Liga Portugal (Ledman LigaPro) pada 2017. Kala itu, Leo berhasil menggapainya bersama Portimonense SC.

4. Leo Navacchio menjadi kiper asing pertama bagi Persik Kediri

Profil Leo Navacchio, Kiper Asing Pertama Persik KediriLeo Navacchio (instagram.com/persikfcofficial)

Leo Navacchio memutuskan untuk mencari tantangan baru pada Juli 2024. Itu terjadi setelah ia menerima pinangan Persik Kediri guna mengarungi Liga 1 Indonesia 2024/2025. Praktis, Leo akan memulai karier pertamanya di Asia sekaligus menjadi kiper asing pertama bagi Persik.

Di sisi lain, Leo Navacchio dipercaya akan mengisi pos kiper utama Persik di Liga 1 2024/2025. Ini karena klub berjuluk Macan Putih itu telah melepas dua kiper andalan sebelumnya. Mereka adalah Dikri Yusron dan Miswar Saputra.

"Untuk penjaga gawang, kami memang perlu menambah kedalaman karena hari ini (1 Juli 2024) Persik Kediri juga resmi melepas Dikri Yusron dan Miswar Saputra, " jelas kata pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide, di laman resmi klub.

Leo Navacchio telah memberi warna baru untuk Persik Kediri seusai menjadi kiper asing pertama dalam sejarah klub. Menurut kamu, apakah kiper berpaspor Brasil ini mampu menunjukkan kualitasnya pada musim debut di Indonesia?

Baca Juga: Persik Kediri Rekrut Striker Asing Asal Argentina, Ramiro Fergonzi

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya