Bintang Timur Surabaya, Tim Futsal Jatim yang Ukir Sejarah di Asia

Punya prestasi mentereng

Indonesia mempunyai kejuaraan futsal paling bergengsi yang menarik untuk diketahui. Kejuaraan itu adalah Liga Futsal Profesional (LFP). Sebuah kejuaraan futsal tertinggi yang diikuti oleh sejumlah tim terbaik dari seluruh penjuru negeri.

Diketahui, Bintang Timur Surabaya adalah salah satu tim kontestan yang berkiprah di LFP. Tim futsal asal Jawa Timur itu dikenal memiliki nama besar yang diakui. Sebab, Bintang Timur pernah menyabet trofi-trofi kejuaraan futsal paling prestise dalam beberapa waktu belakangan.

Di LFP 2023/2024, Bintang Timur Surabaya sendiri datang dengan status juara bertahan. Mereka jadi unggulan setelah menyabet gelar juara LFP pada 2022/2023 lalu. Berikut adalah profil Bintang Timur Surabaya sebagai tim futsal Indonesia yang mempunyai nama besar hingga ke Asia Tenggara.

1. Tim yang didirikan oleh manajer Timnas Futsal Indonesia

Bintang Timur Surabaya, Tim Futsal Jatim yang Ukir Sejarah di AsiaSkuad Bintang Timur Surabaya pada musim 2022/2023. (instagram.com/bintangtimur_surabaya)

Bintang Timur Surabaya merupakan tim futsal profesional yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Tim yang memiliki nama pendek BTS ini sudah didirikan sejak 13 Juli 2009. Usia mereka memasuki angka 14 tahun saat ini.

Bintang Timur Surabaya biasa menggunakan Arena Futsal Bhaskara sebagai markas kebanggaan. Untuk hak kepemilikan, tim ini dimiliki oleh Dimas Bagus Kurniawan. Sang owner sendiri pernah merangkap jabatan sebagai kepala pelatih Bintang Timur pada 2015—2017.

Tak hanya itu, Dimas rupanya dikenal sebagai sosok yang dipandang dalam dunia futsal di Indonesia. Buktinya, ia dipercaya jadi salah satu manajer Timnas Futsal Indonesia sejak 2019. Dimas pernah bekerja dengan dua manajer top seperti, yaitu Kensuke Takahashi (Jepang) dan Mohammad Hashemzadeh (Iran).

2. Sudah mengoleksi dua trofi Liga Futsal Pro

Bintang Timur Surabaya, Tim Futsal Jatim yang Ukir Sejarah di AsiaBintang Timur Surabaya saat merayakan gelar juara Liga Futsal Profesional Indonesia kedua pada musim 2022/2023. (instagram.com/bintangtimur_surabaya)

Sepanjang kiprahnya, Bintang Timur Surabaya baru mengukir prestasi dalam beberapa tahun belakangan ini. Mereka sukses menggapai itu, tepatnya pada 2021 dan 2022. Ketika itu, Bintang Timur mampu mengukuhkan diri sebagai raja di Liga Futsal Profesional selama 2 musim berturut-turut.

Di LFP 2021/2022, Bintang Timur Surabaya meraih gelar juara setelah unggul head to head atas Black Steel Manokwari. Sebelumnya, kedua tim diketahui kompak mengoleksi 57 poin di klasemen akhir. Sedangkan, pada musim 2022/2023, Bintang Timur jadi juara LFP seusai mengemas 53 poin dari 17 kali menang, 2 kali seri, 1 kali kalah.

Baca Juga: Profil Unggul FC, Tim Asal Malang yang Mentas di Liga Futsal Pro

3. Jadi tim Indonesia pertama yang menjuarai Piala AFF Futsal

Bintang Timur Surabaya, Tim Futsal Jatim yang Ukir Sejarah di AsiaBintang Timur Surabaya saat menjuarai Piala AFF Futsal 2022. (instagram.com/bintangtimur_surabaya)

Bintang Timur Surabaya mengukir sejarah lain pada 2022. Selain trofi LFP 2022/2023, mereka juga berhasil menyabet gelar juara Piala AFF Futsal 2022. Capaian itu pun membawa Bintang Timur menjadi tim Indonesia pertama yang menjuarai kejuaraan futsal paling bergengsi di Asia Tenggara ini.

Diketahui, Bintang Timur Surabaya meraih gelar juara Piala AFF Futsal 2022 setelah menumbangkan perlawanan tim Thailand, Hongyen Thakam. Mereka menang dengan skor 4-2 pada partai final. Bintang Timur berkuasa saat bermain di Hua Mark Indoor Stadium, Thailand, pada Sabtu (10/9/2022).

Kesuksesan itu bikin Bintang Timur Surabaya sukses memutus dominasi tim Thailand di Piala AFF Futsal 2022. Pasalnya, dalam 6 edisi terakhir, ada setidaknya tiga tim Thailand yang mendominasi sebagai juara. Mereka adalah Port Futsal Club (3 trofi), Chonburi Bluewave (2 gelar), dan Bangkok BTS (1 gelar).

4. Rekor mencolok lain di Piala AFF Futsal 2022

Bintang Timur Surabaya, Tim Futsal Jatim yang Ukir Sejarah di AsiaBintang Timur Surabaya (instagram.com/bintangtimur_surabaya)

Di balik prestasi Piala AFF Futsal 2022, Bintang Timur Surabaya juga menorehkan sejumlah rekor ciamik. Mereka berhasil merebut dua penghargaan mentereng dari sektor pemain. Itu adalah penghargaan top skor dan kiper terbaik di Piala AFF Futsal.

Untuk penghargaan top skor, Bintang Timur Surabaya mengirimkan dua wakil, yakni Samuel Eko dan Andri Kustiawan. Keduanya sama-sama membukukan sembilan gol di Piala AFF Futsal 2022. Sementara, Muhammad Nazil Purnama mampu menyabet penghargaan sebagai kiper terbaik bagi Bintang Timur.

 

Bintang Timur Surabaya benar-benar menjadi raja futsal dari Jatim dalam 2 tahun terakhir di Liga Futsal Profesional Indonesia, tak terkecuali di Piala AFF Futsal 2022 pula. Tak heran jika mereka mulai memiliki pengakuan sebagai tim ternama. Mampukah Bintang Timur kembali melanjutkan tren prestasi mereka pada musim 2023/2024 ini?

Baca Juga: Setelah Unbeaten 34 Laga, Black Steel Menyerah dari Bintang Timur

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya