Preview PSM vs Persebaya, Kompak Punya Rekor Tak Terkalahkan

Ajang pembuktian bagi kedua kesebelasan

Beberapa pertandingan klub besar akan tersaji pada pekan ke-26 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Salah satunya ada pertandingan antara PSM Makassar vs Persebaya Surabaya. Pertemuan Persebaya dan PSM nantinya terlaksana di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (28/2/2024) esok.

Persebaya menatap pertandingan yang tidak mudah menghadapi PSM. Itu disebabkan calon lawan merupakan tim yang dihiasi komposisi pemain mumpuni. Hanya saja, ini semestinya tidak menjadi penghalang bagi Tim Bajol Ijo guna meraih hasil maksimal. Itu wajib diupayakan agar Bruno Moreira dan kolega segera bangkit dari catatan macet di Liga 1 2023/2024.

1. Persebaya gagal menang dari Persita pada pertandingan terakhir Liga 1

Preview PSM vs Persebaya, Kompak Punya Rekor Tak TerkalahkanPersebaya Surabaya saat menghadapi PSM Makassar pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (ligaindonesiabaru.com)

Persebaya Surabaya gagal menang pada pertandingan terakhir Liga 1 2023/2024. Mereka hanya imbang 1-1 ketika meladeni kekuatan Persita Tangerang di Stadion Indomilk Arena, Tangerang. Itu jelas menjadi hasil yang kurang diharapkan Bajol Ijo untuk jadi motivasi jelang melawan PSM Makassar pada pekan ke-26 Liga 1.

Kendati begitu, saat ini, Persebaya masih berada dalam momentum yang cukup positif di Liga 1 2023/2024. Mereka mengukir rekor tidak terkalahkan dalam 7 pertandingan beruntun dengan 1 hasil menang dan 6 hasil seri. Catatan itu pun tentunya menjadi modal positif lain yang dimiliki Bajol Ijo saat melawat ke markas PSM nanti.

Baca Juga: Persebaya Imbang Lawan Persita: Pelatih Tak Puas, Pemain Kecewa

2. Persebaya kehilangan bomber asing yang tengah on fire

Preview PSM vs Persebaya, Kompak Punya Rekor Tak TerkalahkanPaulo Henrique (instagram.com/paulohenriique9)

Persebaya Surabaya ketiban nasib cukup sial jelang menantang PSM Makassar pada pekan ke-26 Liga 1 2023/2024. Mereka harus kehilangan bomber asingnya, Paulo Henrique. Striker 32 tahun berpaspor Brasil itu akan absen lantaran terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

Absennya Paulo Henrique jelas menjadi hal yang tidak diharapkan bagi Persebaya. Bukan tanpa alasan, penampilan sang bomber sedang berada dalam grafik menanjak saat ini. Paulo berhasil membukukan 2 gol dalam 2 laga beruntun ketika melawan Bhayangkara FC (pekan 24) dan Persita Tangerang (pekan 25) di Liga 1 2023/2024.

Bisa dibilang, Persebaya kemungkinan besar akan menurunkan striker lokal saat menghadapi PSM pada pekan berikutnya. Striker yang di maksud adalah Wildan Ramdhani atau Muhammad Iqbal. Di sisi lain, Bajol Ijo bahkan berpotensi menurunkan taktik tanpa penyerang murni ketika melawan PSM.

3. Kesolidan Persebaya bareng Paul Munster akan diuji saat bersua PSM

Preview PSM vs Persebaya, Kompak Punya Rekor Tak TerkalahkanPersebaya Surabaya (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya berada dalam grafik penampilan yang lumayan apik bersama pelatih baru, Paul Munster. Mereka mengemas rekor 1 menang dan 2 imbang dari 3 pertandingan beruntun di Liga 1 2023/2024. Walau begitu, catatan cukup positif itu bakal diuji lagi ketika melawan PSM Makassar pada pekan ke-26 Liga 1.

Ada banyak faktor yang mendasari rekor Persebaya bareng pelatih barunya tersebut berpeluang terputus di tangan PSM. Salah satunya adalah statistik performa yang dibukukan calon lawan. PSM pun berada dalam grafik cukup apik setelah tak terkalahkan dalam 7 laga dengan 2 menang dan 5 imbang.

Di satu sisi, PSM mempunyai rekor positif pula ketika bermain di Stadion Batakan yang nantinya jadi tempat pertandingan menjamu Persebaya. Mereka mendulang rekor 1 menang dan 1 imbang di sana. Itu jelas menjadi bekal penting PSM saat menjajal kekuatan Persebaya pada pekan selanjutnya di Liga 1 2023/2024.

4. Rekor head to head Persebaya vs PSM

Preview PSM vs Persebaya, Kompak Punya Rekor Tak TerkalahkanPersebaya Surabaya saat menghadapi PSM Makassar pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (ligaindonesiabaru.com)

Rekor head to head merupakan salah satu cara mengukur pencapaian yang ditorehkan dua tim dalam seluruh yang telah dilakoni bersama. Persebaya Surabaya dan PSM Makassar pun sudah melewatkan sembilan pertandingan dalam sejarah pertemuan mereka. Akan tetapi, PSM keluar sebagai pemenang dalam rekor ini dengan rekor 5 kali menang dan 4 kali kalah atas Persebaya.

Hanya saja, Persebaya menjadi pemenang dalam catatan pertemuan terakhir kontra PSM. Itu terjadi saat Bajol Ijo membabat lawannya itu dengan skor tipis 1-0 pada putaran pertama Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Ini jelas menjadi catatan yang akan diperhitungkan Persebaya dan PSM ketika saling berhadapan pada putaran kedua Liga 1 musim ini.

Dapat disimpulkan, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar kompak mempunyai rekor tak terkalahkan dalam beberapa pertandingan di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Ini jelas menjadi satu fakta yang menarik untuk dinanti. Apakah ada salah satu di antara mereka yang akan menelan kekalahan pertama kala melakoni pertandingan putaran kedua nanti?

Baca Juga: Serba-serbi Jelang Duel Persebaya vs Persita di Liga 1

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya