Preview Madura United vs Persib, Duel Leg Pertama Final Liga 1

Pertemuan dua klub terbaik pada 2023/2024

Pencinta sepak bola Tanah Air akan disuguhkan dengan pertandingan final leg pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. Laga itu mempertemukan dua tim terbaik, Madura United versus Persib Bandung. Pertemuan mereka dijadwalkan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung, Minggu (26/5/2024) 19.00 malam WIB.

Madura United dan Persib dipercaya akan tampil habis-habisan pada partai ini. Maklum, keduanya kompak memburu poin penuh demi menjaga asa juara di Liga 1 musim ini. Perlu diketahui, hasil dari pertandingan akan sangat berpengaruh bagi Madura United dan Persib saat melangsungkan bentrok final leg kedua pada Jumat (31/5/2024) mendatang.

1. Madura United kantongi catatan negatif atas Persib sepanjang musim ini

Preview Madura United vs Persib, Duel Leg Pertama Final Liga 1Madura United dalam laga menghadapi Persib Bandung pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Madura United berhasil melaju ke final Liga 1 2023/2023 dengan catatan menakjubkan. Itu karena mereka sanggup mengalahkan sang juara Reguler Series, Borneo FC Samarinda, dengan skor agregat 4-2 pada babak semifinal. Tim Laskar Sapeh Kerrab diketahui amat perkasa seusai unggul 1-0 pada leg pertama serta menang 3-2 pada leg kedua dari Borneo.

Catatan itu jelas menjadi bekal berharga Madura United jelang menghadapi Persib Bandung pada partai puncak Liga 1 2023/2024. Meski demikian, ini menjadi ujian terberat bagi Laskar Sapeh Kerrab untuk menuju ke tangga juara. Itu disebakan Madura United memiliki rekor negatif atas Persib sepanjang musim ini.

Buktinya, di Liga 1 2023/2024, Madura United tak pernah menang atas Persib dalam dua pertemuan sekaligus. Itu terbukti setelah Sapeh Kerrab imbang 1-1 pada putaran pertama (tandang). Kemudian, mereka harus keok 0-1 di kandang sendiri atas Persib pada putaran kedua Liga 1.

Walau demikian, Madura United tetap memiliki modal positif bila diukur lewat rekor head to head dari Persib. Sapeh Kerrab pun membuat kejutan saat mencuri kemenangan 3-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada putaran pertama di Liga 1 2022/2023. Namun, itu jadi satu-satunya rekor kemenangan Madura atas Persib dalam lima pertemuan terakhir.

Baca Juga: Ini 5 Pemain Madura yang Diwaspadai Persib

2. Kegemilangan Malik Risaldi menjadi harapan besar Madura United

Preview Madura United vs Persib, Duel Leg Pertama Final Liga 1Malik Risaldi (instagram.com/maduraunited.fc)

Ada satu pemain penting di balik kesuksesan Madura United hingga melenggang ke partai final Liga 1 2023/2024. Ia adalah Malik Risaldi, pemain berumur 27 tahun. Eks Persela Lamongan itu memiliki peran krusial sebagai salah satu mesin gol bagi Laskar Sapeh Kerrab.

Di satu sisi, kontribusi besar Malik Risaldi bahkan terlihat jelas ketika membawa Madura United menang atas Borneo FC pada leg kedua semifinal Liga 1 2023/2024. Dirinya ketika itu menyumbang dua gol sekaligus membawa klubnya menang dengan skor 3-2. Torehan itu untuk sementara menambah pundi-pundi gol Malik Risaldi menjadi 13 gol dan 4 assist dari 34 pertandingan bersama Madura United.

3. Persib pecahkan rekor memukau usai gulung Bali United di semifinal

Preview Madura United vs Persib, Duel Leg Pertama Final Liga 1Persib Bandung dalam laga menghadapi Madura United pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Sama halnya dengan Madura United, Persib Bandung pun ciamik pada semifinal Liga 1 2023/2024. Itu karena mereka mampu menyingkirkan Bali United lewat pertandingan dua leg dengan skor agregat 4-1. Tim Maung Bandung sendiri sempat imbang 1-1 pada leg pertama (tandang). Kemudian, mereka membabi buta Bali United 3-0 pada leg kedua (kandang).

Menariknya, kemenangan ini menjadi catatan apik tersendiri bagi Persib. Dikatakan demikian karena mereka akhirnya sanggup menang atas Bali United setelah melewati 13 pertemuan. Sebelumnya, Persib selalu nirmenang usai mencatat 8 kali seri dan 5 kali kalah dari Bali United.

Tidak hanya itu, kedigdayaan atas Bali United pada semifinal Liga 1 2023/2024 nyatanya menambah catatan memukau lain bagi Persib. Ini lantaran mereka berhasil mengemas rekor gol kandang dan tandang yang mentereng. Sementara ini, Tim Maung Bandung telah melesatkan 34 gol kandang serta 35 gol tandang. Itu menjadikan mereka sebagai kesebelasan paling produktif di Liga 1 musim ini.

4. Pelatih Persib terkesan dengan kekuatan Madura United

Preview Madura United vs Persib, Duel Leg Pertama Final Liga 1Persib Bandung dalam laga menghadapi Madura United pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Madura United jelas bukanlah lawan yang mudah bagi Persib Bandung. Sebab, dengan pencapaian musim ini, Tim Laskar Sapeh Kerrab layak dinobatkan sebagai salah satu kesebelasan terbaik pula. Bahkan, pelatih Persib, Bojan Hodak pun mengakui akan hal tersebut.

"Tim yang sangat bagus, final kali ini merupakan dua tim terbaik yang melaju ke final. Madura United adalah tim yang dihuni pemain-pemain berkualitas, mereka punya spirit, mereka penuh berjuang bersama-sama, Madura United layak berada di final," ujar Bojan Hodak dilansir dari Liga Indonesia Baru.

Meski demikian, juru taktik berpaspor Kroasia itu tetap mungusung optimisme tinggi atas Madura United. Apalagi, Bojan Hodak bersama Persib akan melakoni laga kandang pada pertandingan leg pertama final Liga 1 2023/2024. Itu jelas menjadi kesempatan bagus bagi mereka untuk menang berkat dukungan suporter. Jika terjadi, ini menjadi modal utama untuk bertolak ke markas Madura United pada leg berikutnya.

Madura United dan Persib Bandung diyakini akan menyuguhkan pertandingan yang sengit dan sarat penuh gengsi pada partai puncak Liga 1 Indonesia 2023/2024. Menurut kalian, klub mana yang layak dinobatkan sebagai pemenang, nih?

Baca Juga: Main Away, Madura United Waspadai Dua Pemain Kunci Persib

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya