Persibo Bojonegoro Sabet Gelar Runner-up Liga 3 2023/2024

Kalah dari Adhyaksa Farmel FC

Bojonegoro, IDN Times - Persibo Bojonegoro dipastikan gagal meraih gelar juara Liga 3 Indonesia 2023/2024 setelah takluk dari Adhyaksa Farmel FC Tangerang pada pertandingan grand final. Bertanding di Stadion Mini Cibinong, Bogor, tim besutan I Putu Gede ini keok dengan kedudukan akhir 2-3 melalui babak perpanjangan waktu 2×15 menit pada Jumat (7/6/2024).

Sejak kick-off dimulai, Persibo bermain dengan kewaspadaan tinggi melawan Adhyaksa Farmel. Dengan mengandalkan kecepatan Gunawan Dwi Cahyo dan Taufiq Hidayat di sektor depan, klub berjuluk Laskar Angling Dharma ini terus meraba-raba kelemahan sektor pertahanan lawan demi mencari celah. Namun, upaya dibalas dengan soliditas benteng pertahanan Adhyaksa Farmel sepanjang 20 menit pertama.

Di satu sisi, kubu lawan langsung mengambil insentif permainan. Dengan mengandalkan umpan-umpan bola panjang, skema serangan Adhyaksa Farmel justru terlihat jauh lebih efektif.

Petaka pun menerpa Persibo pada menit ke-26. Ini karena gawang mereka harus bergetar usai dibobol Adhyaksa Farmel terlebih dahulu lewat gol penyerang ujung tombak, Firmansyah. Pemain bernomor punggung 27 itu sukses mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan ruang kosong yang luput dari pengawasan para pemain bertahan Persibo. Adhyaksa Farmel untuk sementara unggul 1-0.

Kejutan kembali terjadi menjelang paruh pertama berakhir. Pada menit ke-44, wasit tiba-tiba menunjuk titik putih seusai salah satu pemain Persibo dilanggar di kotak terlarang. Hadiah penalti pun diberikan kepada Tim Laskar Angling Dharma. Striker andalan Persibo, Diego Banowo, diberi kepercayaan penuh untuk menjadi eksekutor. Untungnya, sang pemain dengan ketenangannya mampu mengubah kesempatan itu menjadi gol untuk Persibo.

Kedudukan imbang 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki 45 menit kedua, kedua kesebelasan terlihat tidak banyak melakukan perubahan strategi permainan. Itu karena Persibo dan Adhyaksa Farmel masih bermain dengan gaya yang serupa pada babak pertama. Persibo bermain dengan mengandalkan kecepatan para pemain sayap. Sementara itu, Adhyaksa Farmel mengandalkan umpan-umpan panjang antarlini di atas lapangan.

Persibo dan Adhyaksa Farmel kembali menyuguhkan duel alot pada pertengahan babak kedua. Bahkan, hingga laga berakhir, kedua kesebelasan tetap gagal mengubah angka di papan skor dengan kedudukan masih 1-1. Dengan begini, pertandingan pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2×15 menit.

Pada babak ini, sayangnya, Persibo mengalami nasib buruk setelah kecolongan dua gol lewat finishing Dede Al (92') dan Jufanov (106'). Sementara itu, Laskar Angling Dharma sempat membalas lewat gol tandukan Fauzi Farid (111'). Hanya saja, satu gol itu tetap gagal menyelamatkan Persibo dari kekalahan 2-3 dalam laga grand final ini sekaligus membuat Adhyaksa Farmel keluar sebagai juara Liga 3 2023/2024.

Baca Juga: Final Liga 3 Persibo Lawan Adhyaksa Farmel Tetap Kencang

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya