Persebaya vs PSS, Duel Tim Rawan Terperosok ke Zona Degradasi

Ayo raih kemenangan Bajol Ijo!

Persebaya Surabaya memasuki jadwal padat di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Kali ini, mereka dihadapkan dengan pertandingan pekan ke-27 Liga 1. Tim Bajol Ijo ditantang PSS Sleman untuk bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (3/3/2024) 15.00 WIB.

Pertandingan Persebaya versus PSS ini bisa dibilang sebagai duel tim papan bawah. Itu disebabkan keduanya sama-sama rawan terjatuh ke jurang degradasi di klasemen Liga 1 2023/2024. Untuk sementara, Persebaya duduk di tangga ke-13, sementara PSS di tangga ke-14. Posisi kedua tim hanya berjarak beberapa peringkat saja dari zona merah.

1. Persebaya kembali terjebak dalam statistik buntu

Persebaya vs PSS, Duel Tim Rawan Terperosok ke Zona DegradasiPersebaya dalam laga menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-26 Liga 1 2023/2024. (persebaya.id)

Persebaya kembali terjebak dalam statistik buntu jelang melawan PSS Sleman pada pekan ke-27 Liga 1 2023/2024. Mereka tak sekali pun menang dalam dua pertandingan terakhir. Tim besutan Paul Munster ini hanya mendulang dua hasil imbang atas Persita Tangerang dan PSM Makassar. 

Hasil imbang terakhir yang dibukukan Persebaya sendiri terjadi ketika melawat ke markas PSM pada pekan ke-26 Liga 1. Ketika itu, mereka hanya bermain sama tangguh 0-0 pada Rabu (28/3/2024) lalu. Bajol Ijo mengaku pertandingan kontra PSM adalah pertarungan yang tidak mudah bagi Bajol Ijo.

"Ini adalah pertandingan (PSM) yang sulit buat kami, tapi saya pikir kami bermain sangat baik. Kami punya satu peluang di babak pertama dan kemudian di babak kedua lebih banyak menggunakan bola mati tapi lapangannya terasa berat,” kata kepala pelatih Persebaya, Paul Munster, di situs resmi klub.

Baca Juga: Gagal Taklukan PSM, Persebaya Akrab dengan Hasil Imbang di Liga 1

2. Persebaya kehilangan dua pemain penting

Persebaya vs PSS, Duel Tim Rawan Terperosok ke Zona DegradasiArief Catur Pamungkas (instagram.com/officialpersebaya)

Skuad Persebaya sedikit pincang saat menjamu PSS Sleman pada pekan ke-27 Liga 1 2023/2024. Mereka akan kehilangan dua pemain penting. Kedua pemain tersebut adalah Andre Oktaviansyah dan Arief Catur Pamungkas.

Andre dan Arief Catur mesti absen lantaran terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Ini jelas menjadi kabar yang tidak diharapkan bagi Persebaya. Sebab, kedua pemain itu memiliki peran krusial di sektor masing-masing untuk tim. Andre berkontribusi apik di sektor gelandang tengah, sementara Arief Catur berperan di pos bek sayap.

3. Persebaya berhasil mencuri poin saat bertandang ke markas PSS pada putaran pertama Liga 1

Persebaya vs PSS, Duel Tim Rawan Terperosok ke Zona DegradasiPersebaya Surabaya saat menghadapi PSS Sleman pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/pssleman)

Persebaya dan PSS Sleman telah bertemu saat melakoni pertandingan putaran pertama Liga 1 2023/2024. Namun, pertarungan kedua tim berakhir antiklimaks ketika itu. Ini terjadi lantaran Persebaya dan PSS hanya bermain dengan skor kacamata 0-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Meski imbang, tetapi catatan itu akan menjadi bekal positif bagi Persebaya. Dikatakan seperti ini lantaran mereka mampu mencuri satu poin saat bertandang ke kandang PSS pada putaran pertama lalu. Akankah Persebaya kembali mengulangi catatan cukup positif itu dari PSS dengan mengemas tiga poin sempurna pada pertemuan kedua nanti?

4. PSS tengah berada dalam catatan performa cukup apik

Persebaya vs PSS, Duel Tim Rawan Terperosok ke Zona DegradasiPSS Sleman saat menghadapi Persebaya Surabaya pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/pssleman)

Di sisi lain, PSS Sleman mempunyai modal cukup apik jelang bertandang ke markas Persebaya pada pekan ke-27 Liga 1 2023/2024. Mereka tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan berturut-turut. Tim dengan julukan Super Elang Jawa ini membukukan statistik 1 kali menang dan 2 kali imbang sebelumnya.

Rinciannya, PSS sempat menang dengan kedudukan menohok 4-1 dari Bhayangkara Presisi Indonesia FC pada pekan ke-25 Liga 1 2023/2024. Sementara itu, dua hasil imbang mereka terjadi ketika melawan Persikabo 1973 (pekan 24) dan Persita Tangerang (pekan 26). Catatan itu jelas menjadi bekal yang bisa diandalkan PSS jelang menantang Persebaya nanti.

Pertemuan Persebaya Surabaya dan PSS Sleman diperkirakan akan berjalan dengan intensitas ketat pada pekan ke-27 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu disebabkan kedua tim kompak mengincar kemenangan demi mengerek posisi ke papan atas di klasemen sementara kompetisi.

Baca Juga: Balik Setelan Pabrik, Persebaya Bidik Kemenangan di Kandang

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya