5 Pemain yang Cetak Quintrick di Indonesia 

Flavio Silva terbaru

Kejutan tercipta di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu terjadi sesuai ada satu pemain yang sukses mengemas rekor quintrick alias memborong 5 gol dalam 1 pertandingan. Rekor ini baru saja diukir oleh bomber asing Persik Kediri, Flavio Antonio da Silva.

Mesin gol asal Portugal itu membukukan quintrick ketika menggulung habis Persikabo 1973 pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Praktis, catatan ini membuat Flavio Silva menyandingkan namanya dengan daftar pemain yang pernah mencetak quintrick selama 1 dekade terakhir di Indonesia. Inilah daftarnya!

1. Lancine Kone jadi aktor utama kemenangan mencolok Sriwijaya FC di Inter Island Cup 2014

5 Pemain yang Cetak Quintrick di Indonesia Lancine Kone (twitter.com/LancineKone33)

Lancine Kone berada dalam daftar pertama sebagai pemain yang pernah quintrick dalam sedekade terakhir di Indonesia. Ia melakukannya saat membela Sriwijaya FC di Inter Island Cup 2014. Ketika itu, pemain berdarah Pantai Gading ini sanggup membawa timnya menang atas Perseru Serui pada babak 8 besar.

Sriwijaya pesta gol ke gawang Perseru usai menang 8-0 tanpa balas pada 19 Januari 2014. Kone menjadi aktor utama di balik kemenangan ini. Bagaimana tidak, ia sukses memborong 5 gol sementara 3 gol di antaranya dicetak oleh pemain lain untuk Sriwijaya. Dalam laga tersebut, gol Kone ke gawang Perseru sendiri terjadi pada menit 1', 22', 37', 48', dan 73'.

Baca Juga: Penundaan Kompetisi Dadakan, Persebaya Rencana Ajukan Ganti Rugi

2. Sylvano Comvalius pernah quintrick bareng Bali United sekaligus jadi top skor Liga 1 2017

5 Pemain yang Cetak Quintrick di Indonesia Sylvano Comvalius (instagram.com/sylvanocomvalius)

Daftar berikutnya ditempati oleh Sylvano Dominique Comvalius. Striker kelahiran 10 Agustus 1987 ini pernah mengukir catatan quintrick saat membela Bali United pada 2017. Catatan tersebut terjadi setelah Sylvano Comvalius membungkam Mitra Kukar dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2017.

Pada saat itu, Bali United membabi buta Mitra Kukar dengan skor 6-1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/8/2017). Comvalius sukses membungkus lima gol di antaranya. Torehan itu sekaligus bikin namanya masuk dalam jajaran top skor Liga 1 2017.

Menariknya, capaian tersebut rupanya menjadi raihan cukup spesial bagi Comvalius. Ini disebabkan ia mengantarkan Bali United keluar sebagai runner-up di Liga 1 2017. Bahkan, lebih spesial, Comvalius mampu berdedikasi besar menjadi top skor kompetisi dengan rekor 37 gol.

3. Rekor quintrick Cristian Gonzales membuka jalan Arema FC jadi kampiun Piala Presiden 2017

5 Pemain yang Cetak Quintrick di Indonesia Cristian Gonzales (instagram.com/el_locogoliadorcg10_)

Cristian Gerard Alfaro Gonzales pun pernah melakukannya. Bahkan, bomber naturalisasi asal Uruguay ini sudah membukukan quintrick sebanyak dua kali. Catatan itu membuat nama Cristian Gonzales amat disanjung sebagai striker tajam yang pernah mentas di Liga Indonesia.

Catatan quintrick pertama Gonzales sendiri terjadi saat membawa Persik Kediri menang 7-1 dari Persegi Gianyar di Divisi Utama 2006. Selanjutnya, ia kembali mengemas rekor yang serupa saat membawa Arema FC menang atas Semen Padang dengan skor 5-2 pada leg kedua babak semifinal Piala Presiden 2017. Hebatnya lagi, catatan quintrick Gonzales ini sekaligus membuka jalan prestasi Singo Edan lantaran berhasil menjuarai turnamen tersebut.

4. Marko Simic pernah memborong lima gol untuk Persija di Piala Indonesia 2019

5 Pemain yang Cetak Quintrick di Indonesia Marko Simic (instagram.com/markosimic_77)

Marko Simic merupakan salah satu penyerang hebat yang dimiliki Persija Jakarta. Buktinya, ia juga pernah menorehkan quintrick. Rekor ini terjadi saat Simic gemilang dalam laga kontra 757 Kepri Jaya pada leg pertama 32 besar Piala Indonesia 2019. Persija menang dengan skor 8-2 dengan sumbangan lima gol Simic kala itu.

Sayangnya, catatan quintrick Simic gagal mengantarkan Persija keluar sebagai juara di Piala Indonesia 2019. Ini karena mereka harus puas menjadi runner-up. Kegagalan itu terjadi usai Persija takluk dari PSM Makassar dengan skor agregat 2-1 pada pertandingan final Piala Indonesia 2019.

5. Flavio Silva adalah striker Persik yang garang di Liga 1 2023/2024

5 Pemain yang Cetak Quintrick di Indonesia Flavio Silva (instagram.com/persikfcofficial)

Di setrip terakhir, ada Flavio Antonio da Silva. Penyerang gesit dan lincah asal Portugal ini menempati urutan terbaru sebagai pemain yang mengemas quintrick dalam sedekade terakhir di Indonesia. Flavio Silva baru melakukannya saat mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024 bersama Persik Kediri.

Diketahui, Flavio berhasil quintrick untuk Persik ketika menundukkan Persikabo 1973 pada pekan ke-30 Liga 1 musim ini. Bertanding di Stadion Brawijaya, Kediri, mereka menang telak 5-2 pada Kamis (28/3/2024). Raihan itu pun membawa Flavio jadi top skor sementara Persik dengan 19 gol sekaligus membuka peluang lolos ke Championship Series demi merebut mahkota juara Liga 1.

Dari seluruh daftar pemain di atas, hanya Marko Simic dan Flavio Silva yang masih aktf bermain sebagai pemain profesional hingga 2024 ini. Mampukah keduanya kembali mengemas rekor quintrick lainnya ke depan?

Baca Juga: Pemain Arema FC Diminta Move On dari Kekalahan Melawan Persebaya

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya