Deretan Pemain Persik Kediri yang Pernah Cetak 5 Gol dalam 1 Laga

Flavio Silva menempati daftar terbaru

Persik Kediri dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki sejarah panjang di sepak bola Indonesia. Ini tidak luput dari berbagai prestasi yang pernah direngkuh tim berjuluk Macan Putih tersebut. Mereka adalah tim besar sekaligus kebanggaan asal Provinsi Jawa Timur, selain Persebaya Surabaya dan Arema FC.

Di samping itu, Persik juga dikenal sebagai klub pengorbit striker berkualitas di Liga Indonesia. Ini didukung setelah seluruh penyerang itu tampil memukau dengan menjadi mesin gol bagi Tim Macan Putih. Bahkan, mereka turut menambah daftar striker yang pernah mengemas 5 gol dalam 1 pertandingan (quintrick) sepanjang gelaran Liga Indonesia.

1. Bamidele Frank Bob Manuel berhasil membawa Persik menjuarai Ligina 2003

Deretan Pemain Persik Kediri yang Pernah Cetak 5 Gol dalam 1 LagaBamidele Frank Bob Manuel (twitter.com/MemoriLigina)

Bamidele Frank Bob Manuel menduduki daftar pertama. Pemain yang kerap disapa Bobby itu pernah mengemas rekor quintrick saat membela Persik Kediri di Divisi Utama 2003. Kala itu, rekor tersebut tercipta saat Bobby memborong lima gol ke gawang Semen Padang dengan skor mencolok 6-3 untuk kemenangan Persik.

Lebih spesialnya, itu menjadi momen emas bagi pemain berdarah Nigeria tersebut. Pasalnya, selain kemenangan mencolok dari Semen Padang, Bobby juga menjadi top skor bagi Persik dengan rekor 29 gol sepanjang Divisi Utama 2003. Ia hanya kalah selisih dua gol dari striker PSM Makassar, Oscar Aravena, yang mengemas 31 gol sekaligus merebut penghargaan top skor kompetisi.

Tidak hanya itu, Bobby juga sukses memberikan prestasi luar biasa untuk Persik pada saat itu. Mereka di luar dugaan menjuarai Divisi Utama 2003. Capaian ini sekaligus mencetak sejarah bagi Persik bisa juara setelah baru promosi ke kasta tertinggi pada era Ligina. Sebelumnya, Persik diketahui masih tampil di panggung Divisi I (strata ke-2) pada 2002.

Namun, sayang, grafik penampilan Bobby justru meredup sesuai membawa Persik juara. Ia tampil melempem di Divisi Utama 2004. Bobby tidak mampu produktif dengan menyamai torehan pada tahun sebelumnya. Alhasil, Bobby gagal memberikan dedikasi terbaik untuk Persik setelah finis di tangga ke-9 klasemen akhir Divisi Utama 2004. 

2. Cristian Gonzales pernah mengukir kejayaan bersama Persik

Deretan Pemain Persik Kediri yang Pernah Cetak 5 Gol dalam 1 LagaCristian Gonzales (instagram.com/el_locogoliadorcg10_)

Seusai Bamidele Frank Bob Manuel, Persik Kediri pernah memiliki striker garang pada periode selanjutnya. Ia bernama Cristian Gerard Alfaro Gonzales. Pemain yang juga dinaturalisasi Timnas Indonesia ini pernah membukukan rekor quintrick saat membela Persik di Divisi Utama 2006.

Ketika itu, Gonzales menggila dengan memborong 5 gol dalam 1 pertandingan ke gawang Persegi Gianyar. Ia pun membawa Tim Macan Putih menang dengan skor 7-1 atas lawannya tersebut dalam pertandingan lanjutan Divisi Utama pada 10 Mei 2006. Striker dengan sapaan akrab El Loco itu benar-benar membuat Persik superior.

Puncaknya, Gonzales sukses mempersembahkan gelar juara Divisi Utama 2006 untuk Persik. Mereka jadi kampiun usai mengempaskan perlawanan PSIS Semarang 1-0 pada partai final. Hebatnya lagi, Gonzales juga melengkapi prestasi tersebut dengan menyabet gelar top skor Divisi Utama 2006 dengan rekor 32 gol.

Baca Juga: Jadwal Terbaru Persik Kediri di 4 Pertandingan Terakhir

3. Flavio Silva menjadi mesin gol andalan Persik saat mengarungi Liga 1 2023/2024

Deretan Pemain Persik Kediri yang Pernah Cetak 5 Gol dalam 1 LagaFlavio Silva (instagram.com/persikfcofficial)

Flavio Silva (28 tahun) menjadi pemain Persik Kediri terakhir yang sukses mengemas quintrick. Itu terjadi saat striker lincah berdarah Portugal ini memperkuat Macan Putih di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Flavio pun mengisi pemain terbaru dalam daftar pembahasan artikel ini.

Rekor quintrick Flavio sendiri tercipta saat menghadapi Persikabo 1973 pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Ia sukses memborong seluruh gol serta memberi kemenangan telak 5-2 untuk Persik saat berlaga di Stadion Brawijaya, Kediri. Kemenangan ini pun membuka asa Tim Macan Putih untuk menembus babak Championship Series sekaligus membuka asa meraih gelar juara Liga 1 pada akhir musim nanti.

Di sisi lain, Flavio benar-benar memegang peran penting untuk Persik di Liga 1 2023/2024. Ia menjadi mesin gol untuk Macan Putih. Terbukti, Flavio sudah menyumbang 19 gol 2 assist dari 25 penampilan (2.092) untuk Persik sejauh ini. Catatan itu masih berpeluang bertambah hingga tuntasnya babak Reguler Series Liga 1.

Itulah daftar pemain Persik Kediri yang pernah mencetak 5 gol dalam 1 pertandingan sepanjang sejarah. Bisa dibilang, Macan Putih merupakan rajanya tim pengorbit striker berkualitas di Liga Indonesia.

 

Baca Juga: Persik Kediri Umumkan Perpisahan dengan Arthur Irawan, April Mop?

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya