Mengenal Pelatih Baru Arema FC Joel Cornelli

Pelatih sarat pengalaman asal Brasil

Malang, IDN Times - Arema FC secara resmi memperkenalkan pelatih barunya kepada publik pada Selasa (25/6/2024). Melalui akun media sosial klub, Joel Cornelli diumumkan sebagai juru taktik yang akan memimpin Singo Edan dalam menghadapi Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Joel Cornelli sendiri adalah seorang pelatih berpaspor Brasil yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman melatih di klub-klub Asia Tenggara. Sebelum bergabung dengan Arema FC, pria berusia 57 tahun ini lebih banyak menghabiskan kariernya di Brasil. Namun demikian, Cornelli juga memiliki pengalaman melatih di Timur Tengah, khususnya di negara-negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yordania.

1. Kenyang pengalaman sebagai pelatih di kompetisi regional Brasil

Mengenal Pelatih Baru Arema FC Joel CornelliJoel Cornelli (instagram.com/cornelli5joel)

Joel Cornelli adalah seorang pelatih dengan pengalaman yang luas di Brasil, terutama dalam kompetisi regional seperti Campeonato Catarinense. Selama kariernya, Cornelli telah melatih beberapa klub domestik, termasuk SER Caxias do Sul, Internacional de Lages, dan Clube Atletico Rondoniense.

Menariknya, Joel Cornelli juga pernah menjadi bagian dari dua klub terkemuka di Brasil, yaitu Sport Club Corinthians Paulista dan Clube Atletico Mineiro, yang saat ini berkompetisi di kasta tertinggi Liga Brasil (Campeonato Brasileiro Serie A). Dia pernah menjabat sebagai asisten pelatih di Corinthians pada periode 7 Mei 2004 hingga 20 Februari 2005, dan kemudian kembali menjadi asisten pelatih di Atletico Mineiro dari 8 Mei 2005 hingga 7 Agustus 2005.

Baca Juga: 10 Restoran Dekat Stasiun Malang Kota Baru, Banyak Pilihannya!

2. Sempat menukangi sejumlah klub di Timur Tengah dan Cina

Mengenal Pelatih Baru Arema FC Joel CornelliJoel Cornelli (instagram.com/cornelli5joel)

Joel Cornelli telah menjalani karier kepelatihan yang beragam, termasuk di beberapa klub di Timur Tengah (Asia Barat). Selama karier ini, ia pernah menangani empat klub yang berbeda, yaitu Al Ain FC, FC Shabab Al Ahli Dubai Club, 6 Yard Amman, dan Al-Riyadh SC.

Secara detail, Joel Cornelli memiliki pengalaman sebagai pelatih cadangan di Al Ain FC dalam dua periode yang berbeda di Liga Uni Emirat Arab, yaitu pada 2007-2008 dan 2017-2018. Ia juga pernah menjadi pelatih cadangan di Shabab Al Ahli Dubai Club di Liga Arab Saudi antara tahun 2014 dan 2016.

Di samping itu, Cornelli memimpin tim akademi 6 Yard di Amman, Yordania, dari tahun 2019 hingga 2021. Pada tahun 2024, ia juga menangani Al-Riyadh SC di Arab Saudi, meskipun kolaborasinya bersama klub tersebut berlangsung singkat.

3. Mendulang prestasi di Liga Profesional Wanita Yordania 2023

Mengenal Pelatih Baru Arema FC Joel CornelliJoel Cornelli saat mengangkat trofi Liga Profesional Wanita Yordania 2023 yang diperoleh bersama Etihad Club. (instagram.com/cornelli5joel)

Meskipun lebih dikenal dengan karier kepelatihannya di Timur Tengah, Joel Cornelli juga memiliki rekam jejak melatih di Asia Timur. Pada tahun 2012 hingga 2013, ia dipercaya sebagai pelatih Guangzhou City FC di Liga Super China.

Joel Cornelli memiliki pengalaman yang menarik dalam karier kepelatihannya, termasuk di dunia sepak bola wanita. Pada tahun 2023, ia memimpin Etihad Club, sebuah klub sepak bola wanita dari Yordania, Asia Barat.

Prestasi yang diukir Joel Cornelli bersama Etihad Club begitu mengesankan. Selama membesut klub tersebut, Cornelli berhasil meraih dua gelar juara yang mengesankan. Salah satunya adalah gelar juara Liga Profesional Wanita Yordania 2023, yang berhasil mereka persembahkan.

4. Untuk kali pertama, Joel Cornelli menapakkan kaki di Asia Tenggara bersama Arema FC

Mengenal Pelatih Baru Arema FC Joel CornelliJoel Cornelli (instagram.com/cornelli5joel)

Joel Cornelli melanjutkan perjalanannya dalam karier kepelatihannya dengan cerita baru sejak pertengahan tahun 2024. Ia telah sepakat untuk menerima tawaran dari salah satu klub terkemuka di Indonesia, Arema FC. Ini menjadi pengalaman pertamanya merasakan atmosfer sepak bola di Asia Tenggara.

Pada 25 Juni 2024, Arema FC secara resmi memperkenalkan Joel Cornelli kepada publik. Klub memberikan kepercayaan kepada pelatih ini untuk memimpin mereka di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Dengan begitu, kedatangan Cornelli menggantikan peran Widodo Cahyono Putro sebagai pelatih Arema pada musim 2023/2024.

Dengan pengalamannya yang luas, apakah Joel Cornelli mampu membawa Arema FC meraih kesuksesan di Liga 1 Indonesia 2024/2025?

 

Baca Juga: Meme Logo NU Jadi Tambang juga Dilaporkan di Malang 

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya