Sempurna, Madura United Hajar PSM 2-0 di Makassar

Madura menang dengan senjata permainan counter attack

Bangkalan, IDN Times - Madura United meraih kemenangan penting saat bertandang ke markas PSM Makassar pada pekan ke-15 di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Tim besutan Mauricio Souza itu sukses menggilas tuan rumah dengan skor 2-0 di Stadion Gelora B. J. Habibie, Pare-pare, pada Minggu (8/10/2023).

Madura United mengerahkan pemain terbaik dalam laga ini. Mereka menurunkan duet Cleberson dan Fachruddin Aryanto di lini pertahanan, Hugo Gomez dan Francisco Rivera di lini tengah, dan Junior Brandao di pos ujung tombak. Laskar Sapeh Kerrab bisa dibilang dalam komposisi pemain yang lengkap.

Madura United mengawali pertandingan dengan taktikal agresif melawan PSM. Itu terbukti setelah mereka mengemas gol cepat pada menit ke 6. Mereka unggul terlebih dulu melalui gol winger lokal, Malik Risaldi. Pemuda berusia 26 tahun itu mencetak gol usai menerima umpan lepas Koko Ari dari sisi kanan lapangan. Gol ini tercipta melalui skema serangan balik yang dikreasi oleh Rivera dari sektor tengah. Madura pun unggul 1-0 atas tuan rumah.

Usai mencetak gol, Madura United mendominasi jalannya laga hingga 20 menit waktu berjalan. Sisi flank kanan dan kiri mereka tampak hidup dengan kombinasi permainan passing pendek dari sektor tengah. Duet gelandang, Hugo dan Rivera, benar-benar berperan vital.

Selama 25 menit sisa laga berjalan, permainan seakan menjadi milik PSM. Tuan rumah langsung meningkatkan intensitas permainan demi bisa membalas gol. Para penggawa PSM mulai berani memainkan taktik pressing tinggi terhadap pemain Madura. Ada beberapa peluang yang diciptakan PSM. Namun, Wawan Hendrawan masih bermain tangguh di sektor penjaga gawang Madura.

Madura United hanya mengandalkan taktik counter attack menjelang laga babak pertama berakhir. Namun, rupanya tak ada gol lagi yang tercipta. Madura pun unggul 1-0 atas PSM hingga jeda waktu paruh pertama.

Laga babak kedua dimulai, Madura United tampak memulainya dengan strategi yang sama seperti pada babak pertama. Mereka kembali mencetak gol cepat pada menit ke 52. Kali ini, Lulinha yang menjebol gawang PSM usai menerima umpan manis dari Brandao. Gol kedua Madura tercipta melalui manuver sempurna yang dilakukan Koko Ari dari sektor tengah lapangan. Tim tamu pun menggenapkan keunggulan jadi 2-0 atas PSM.

Usai kebobolan untuk kedua kalinya, PSM sendiri bermain bukan tanpa perlawanan. Malahan, mereka terus mengepung lini pertahanan Madura United hingga 80 menit ke atas laga babak kedua berjalan. Ada setidaknya beberapa peluang emas PSM yang diciptakan Everton, Rizky Eka, dan Arfan. Akan tetapi, lagi-lagi ada peran kiper Madura yang mampu menggagalkan peluang ketiga pemain PSM tersebut.

Madura United lantas melakukan kontra strategi menjelang laga berakhir. Mereka lebih memilih bermain aman. Itu terlihat setelah beberapa penyerang mereka ikut turun membantu lini pertahanan demi meredam serangan yang dibangun PSM. Tembok pertahanan Madura pun menjadi lebih kokoh.

Benar saja, hingga akhir laga, tidak ada satu gol yang mampu menembus gawang Madura United. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan tim tamu. Madura United sukses mencuri poin penuh usai menghajar PSM dengan skor 2-0 di Stadion Gelora B. J. Habibie.

Baca Juga: Jelang Madura United Vs PSM, Duel Tim Besar yang Kompak Tergelincir

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya