4 Klub Liga 1 yang Jadi Raja Penalti, Arema FC Memimpin!

Ada dua klub Jatim

Arema FC menjadi salah satu tim yang disoroti saat ini di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu karena keberhasilan mereka memenangi laga terakhir kontra Persis Solo dengan cara yang sedikit unik. Singo Edan meraih kemenangan itu dengan mencetak gol lebih dari satu tendangan penalti.

Berkat catatan itu, Arema ikut meramaikan persaingan sebagai tim dengan koleksi penalti paling banyak di Liga 1. Bahkan, mereka jadi pemimpin dalam daftar urusan itu saat ini. Berikut adalah empat tim yang sementara ini menjadi raja penalti di Liga 1 2023/2024.

1. Arema FC sudah mengoleksi sembilan penalti, rekor tertinggi!

4 Klub Liga 1 yang Jadi Raja Penalti, Arema FC Memimpin!Arema FC dalam laga menghadapi Persis Solo di Liga 1 2023/2024 putaran kedua. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC memuncaki daftar sebagai tim dengan koleksi tendangan penalti paling banyak di Liga 1 2023/2024. Mereka sudah membukukan total 9 tendangan penalti dari 22 pertandingan. Menariknya, Singo Edan sukses mengonversi semua penalti itu menjadi gol sejauh ini, tak ada yang gagal.

Terbaru, Arema sukses mengemas dua gol penalti saat melawan Persis Solo pada laga pekan ke-22 Liga 1 2023/2024. Gol itu membawa mereka menang usai menggulung sang lawan dengan skor 3-1. Kemenangan ini menjadi modal berharga Singo Edan untuk segera mentas dari jeratan zona degradasi.

Baca Juga: Laga Kontra Arema Berlangsung Panas, PSS Kebobolan 2 Gol Penalti

2. Persib Bandung berada di bawahnya dengan rekor enam penalti

4 Klub Liga 1 yang Jadi Raja Penalti, Arema FC Memimpin!Persib Bandung saat menghadapi Persik Kediri pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/persib)

Selanjutnya, ada Persib Bandung sebagai tim yang mengemas rekor penalti terbanyak di Liga 1 2023/2024. Mereka diketahui telah menerima 6 hadiah tendangan penalti dari 22 pertandingan secara keseluruhan. Serupa dengan Arema FC, Persib mampu merubah keenam catatan penalti itu menjadi gol.

Persib sebenarnya banyak mencetak gol melalui skema permainan terbuka di atas lapangan. Bahkan, sejauh ini set piece bola mati mereka juga terbilang ampuh guna menjebol gawang lawan. Terbukti, selain rekor 6 gol tendangan penalti, Persib berhasil membukukan 37 gol lewat skema permainan terbuka atau tendangan bola mati dari total 42 gol mereka di Liga 1 2023/2024.

3. Persik Kediri telah membukukan lima penalti sejauh ini

4 Klub Liga 1 yang Jadi Raja Penalti, Arema FC Memimpin!Persik Kediri saat menghadapi Persis Solo pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/persikfcofficial)

Selain Arema FC, ada satu tim Jawa Timur lagi yang masuk dalam daftar ini. Mereka adalah Persik Kediri. Tim yang sudah mengumpulkan rekor 5 tendangan penalti dari 22 pertandingan di Liga 1 2023/2024.

Hanya saja, Persik gagal mengikuti rekam jejak dua tim sebelumnya. Mereka tak mampu memanfaatkan catatan penalti tersebut dengan sempurna. Pasalnya, dari 5 tendangan penalti, Persik baru 4 kali menjadikannya sebagai sebuah gol sejauh ini.

Kendati demikian, Persik memang tidak mengandalkan penalti untuk merengkuh sebuah kemenangan. Mereka mengikuti jejak Persib yang lebih banyak mengincar gol lewat skema open play dan set piece bola mati dalam tiap pertandingan. Buktinya, di luar rekor gol penalti, Persik mampu mengemas 31 gol dari 36 gol mereka secara keseluruhan.

4. Tak berbeda jauh, RANS Nusantara juga mengemas statistik lima penalti

4 Klub Liga 1 yang Jadi Raja Penalti, Arema FC Memimpin!RANS Nusantara saat menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/rans.nusantara)

RANS Nusantara menempati posisi terakhir. Mereka juga mengikuti jejak Persik Kediri dengan torehan 5 penalti dari 22 laga. Namun, yang membedakan, RANS tak pernah gagal memanfaatkan semua penalti itu. Mereka selalu mengoversinya jadi gol.

Diketahui, RANS sebenarnya tak terlalu produktif di Liga 1 2023/2024. Mereka hanya membukukan total 24 gol saja dengan 23 kebobolan. Akan tetapi, hebatnya, RANS mampu membawa diri untuk bersaing di papan menengah ke atas klasemen sementara liga. Mereka berada di tangga ke-7 dengan kumpulan 32 poin.

Dari daftar klub di atas, hanya Arema FC yang tak mampu bersaing di papan atas klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2023/2024. Apakah itu menandakan jika Singo Edan terlalu mengandalkan hadiah penalti dari wasit dalam tiap pertandingan?

Baca Juga: Kim Kurniawan Kecewa PSS Kalah dari Hasil Gol Penalti

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya