Kiprah Pemain Turkmenistan Ahmed Atayev, Eks Arema FC dan Persela 

Ia berjumpa Indonesia di FIFA matchday 2023

Timnas Indonesia akan melakoni agenda FIFA matchday pada 2023. Mereka berjumpa negara dari Asia Tengah, Turkmenistan, pada Jumat (8/9/2023). Gelaran ini tentu menjadi kesempatan berharga skuad Garuda untuk memperbaiki rangking sepak bola dunia.

Ada satu hal yang disoroti jelang laga FIFA matchday 2023 antara Indonesia versus Turkmenistan. Itu adalah kapten dari calon lawan, Ahmed Atayev. Pemain andalan di lini tengah Turkmenistan. Atayev mendapat perhatian karena sempat berkarier di Liga Indonesia sebelumnya. Ia bahkan sempat berkostum dua tim ternama di sini.

Simak kiprah Ahmed Atayev berikut ini. Apakah kamu masih ingat?

1. Atayev langganan tim besar Turkmenistan

Kiprah Pemain Turkmenistan  Ahmed Atayev, Eks Arema FC dan Persela Ahmed Atayev (kiri) bersama rekan satu negara di timnas.(instagram.com/ahmed_atayev)

Ahmed Atayev lama meretas karier sepak bola di Turkmenistan. Ia pertama kali memulainya dengan bersekolah di akademi DYuSSh Bagir pada medio 1996—2006. Selanjutnya, Atayev mengawali karier profesional bersama FK Talyp Sporty.

Tak lama kemudian, Atayev dipercaya oleh tim yang lebih baik secara prestasi. Ia direkrut FC Asgabat pada 2007. Tim yang sudah menjuarai Liga Turkmenistan sebanyak dua kali pada 2006/2007 dan 2007/2008.

Kiprah Atayev berlangsung lama di Asgabat. Ia bertahan selama 4 tahun hingga 1 Januari 2011. Dari sinilah awal karier sang pemain lebih meningkat. Sebab, pada karier selanjutnya, Atayev dipercaya membela tim raksasa Turkmenistan, Yedigen FK dan FK Altyn Asyr. 

Baca Juga: 8 Pemain Jatim yang Dipanggil Timnas di FIFA Match Day 2023

2. Pernah main di Arema dan Persela

Kiprah Pemain Turkmenistan  Ahmed Atayev, Eks Arema FC dan Persela Ahmed Atayev (instagram.com/ahmed_atayev)

Ahmed Atayev terakhir kali bermain di Turkmenistan bareng FK Altyn Asyr pada 2014. Selanjutnya, ia mencoba mencari petualangan baru di negara lain. Sang pemain memilih Liga Indonesia sebagai tempat anyar untuk berkiprah.

Atayev pertama kali merumput di Liga Indonesia bersama Arema FC pada 2017/2018. Namun, sayang, kariernya tak bertahan lama di Malang. Ia dilepas Arema pada paruh musim kompetisi kala itu. Kiprah Atayev pun tak berhenti sampai situ.

Pada putaran kedua kompetisi 2017/2018, Atayev resmi diboyong Persela Lamongan. Namun, lagi-lagi kariernya berakhir hingga akhir musim saja. Atayev sendiri membukukan statistik 31 laga (2.595 menit) dengan 3 gol dan 5 assists selama di Liga Indonesia.

3. Sosok kapten Timnas Turkmenistan

Kiprah Pemain Turkmenistan  Ahmed Atayev, Eks Arema FC dan Persela Ahmed Atayev (kedua dari kiri) saat menjadi kapten bagi Timnas Turkmenistan. (instagram.com/ahmed_atayev)

Menilik sepak terjangnya, Ahmed Atayev adalah sosok pemain yang memiliki keahlian mumpuni. Itu memang benar adanya. Sebab, ia mampu menembus skuad utama Timnas Turkmenistan selama ini.

Bahkan, Atayev dipercaya untuk menjadi kapten tim di negaranya. Itu menandakan jika sang pemain memiliki etos kerja yang baik sebagai leader. Atayev sendiri biasa bermain sebagai gelandang tengah ketika memperkuat Turkmenistan.

4. Sudah berkepala tiga, performanya masih impresif pada 2023

Kiprah Pemain Turkmenistan  Ahmed Atayev, Eks Arema FC dan Persela Ahmed Atayev (kostum putih) saat membela Timnas Turkmenistan. (instagram.com/ahmed_atayev)

Etos kerja Ahmed Atayev masih dipercaya Timnas Turkmenistan pada 2023. Itu jelas menjadi capaian yang hebat bagi pemain yang mengemas 18 caps untuk negaranya itu. Sebab, Atayev sudah memasuki kepala tiga saat ini.

Pemain kelahiran 19 September 1990 itu telah berusia 32 tahun. Usia matang untuk menggambarkan sosok pemain yang berpengalaman. Pada musim 2023/2024 ini, Atayev diketahui jadi andalan tim raksasa Turkmenistan, FK Altyn Asyr. Ia sejauh ini tampil positif bersama tim yang sudah tujuh kali menjuarai liga domestik itu.

5. Atayev akan menghadapi Indonesia di FIFA matchday 2023

Kiprah Pemain Turkmenistan  Ahmed Atayev, Eks Arema FC dan Persela Ahmed Atayev (instagram.com/ahmed_atayev)

Ahmed Atayev akan berkunjung ke Indonesia lagi pada 2023. Namun, kali ini ia datang bukan untuk pindah klub. Melainkan untuk menghadapi skuad Garuda di agenda FIFA matchday 2023. Atayev akan memperkuat sekaligus jadi kapten Timnas Turkmenistan nantinya.

Selain penting bagi negaranya, agenda ini juga menjadi ajang reuni bagi Atayev. Itu disebabkan ia akan bertemu dengan rekan satu timnya dahulu di Persela, Dendy Sulistyawan. Sosok pemain yang menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong saat ini.

Ahmed Atayev akan membela Turkmenistan menghadapi Indonesia di FIFA matchday 2023. Ia nantinya ikut berjuang langsung ketika pertandingan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Mampukah Atayev membawa negaranya mencuri poin di markas Indonesia kali ini?

Baca Juga: Menanti Debut Emosional Sandy Walsh Bareng Timnas Indonesia!

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya