Keok dari Malut, Deltras Dipastikan Gagal Lolos ke Semifinal Liga 2

Persela dan Gresik juga gagal

Sidoarjo, IDN Times - Deltras Sidoarjo menelan kekalahan saat menantang Maluku Utara United pada laga penutup fase penyisihan Grup Y babak 12 besar Liga 2 Indonesia 2023/2024. The Lobster diketahui kalah dengan skor 1-2 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Sabtu (3/2/2024) 15.00 WIB.

Sejak kick-off dimulai, Deltras sudah mengalami kesulitan melawan kekuatan Malut United. Mereka terus ditekan oleh ambisi tuan rumah yang menggebu-gebu. Namun, Deltras mulai melakukan perlawanan ketika laga memasuki 10 menit ke atas. Mereka menciptakan sederet peluang berbahaya lewat Dwiki Mardiyanto (10', 19'), Bima Ragil (12'), dan Rosalvo Candido (13').

Akan tetapi, Deltras harus menerima kenyataan pahit pada menit ke-26. Gawang mereka akhirnya bergetar setelah dijebol Malut United. Tuan rumah membuka keunggulan lewat gol Wawan Febrianto. Eks winger PSIS Semarang itu mencetak gol melalui sontekan kaki kiri yang melengkung indah ke pojok kanan gawang Deltras. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Malut United.

Usai kecolongan, permainan agresif Deltras mulai menurun. Mereka terlihat hanya mampu menciptakan sedikit peluang berbahaya ke gawang Malut United. Bahkan, Deltras tetap saja tak mampu menciptakan gol penyama skor hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya paruh pertama.

Pada paruh kedua, perjuangan Deltras makin berat setelah kebobolan untuk kedua kalinya. Malut United di luar dugaan kembali menggenapkan keunggulan lewat Ilham Udin Armaiyn pada menit ke-81. Keunggulan pun makin menjauh menjadi 2-0 bagi Deltras.

Pada menit tambahan paruh kedua, Deltras akhirnya bisa mencetak gol melalui gol bunuh diri pemain lawan. Mereka berhasil memperkecil skor menjadi 1-2. Hanya saja, gol itu tetap tak mampu menyelamatkan Deltras dari kekalahan atas Malut United dalal laga ini.

Hasil tersebut memupuskan asa Deltras untuk menyegel satu tiket untuk lolos ke babak semifinal Liga 2 2023/2024. Pasalnya, mereka gagal merebut satu slot peringkat runner-up terbaik. Deltras kalah dari runner-up Grup X, Persiraja Banda Aceh. Keduanya sama-sama memiliki poin 9 namun jumlah produktivitas gol Persiraja lebih baik. Klub asal Aceh itu punya surplus 3 gol sementara Deltras hanya surplus 1 gol.

Dengan begini, hanya Malut United yang berhak mewakili Grup Y pada babak semifinal Liga 2. Apalagi, Persela yang bermain lawan Bekasi City kalah 1-3. 

Sementara dari Grup X ada Semen Padang dan Persiraja. Adapun satu slot lainnya sudah dikantongi oleh PSBS Biak. Gresik yang sempat punya peluang merebut posisi runner up terbaik juga hanya bermain seri 1-1 atas Persipal. Hasil ini membuat mereka harus berjuang lagi di Liga 2 musim depan. 

Baca Juga: Terbuka Lebar, Ini Skenario Deltras Lolos Semifinal Liga 2

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya