5 Fakta Jose Chaves, Juru Gedor Asing Deltras Sidoarjo

Sudah moncer bareng The Lobster

Deltras Sidoarjo tampak siap mengikuti persaingan di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mereka mendatangkan banyak pemain baru. Setidaknya, ada 17 pemain yang sudah digaet tim berjuluk The Lobster itu musim ini. Rinciannya, ada 2 pemain asing dan 15 pemain lokal.

Salah satu pemain luar negeri yang dikontrak Deltras sendiri adalah Jose Manuel Chavez pada 2023/2024 ini. Pemain 27 tahun itu berasal dari salah satu negara di Benua Amerika, Venezuela. Ia dikenal sebagai pemain yang cepat dan memiliki naluri agresif di atas lapangan. Pemain yang kerap bermain di posisi sayap ini pun diharapkan mampu membawa Deltras ke Liga 1. Berikut profil singkatnya.

1. Malang melintang negara Amerika Selatan

5 Fakta Jose Chaves, Juru Gedor Asing Deltras SidoarjoJose Chaves saat berkostum klub divisi utama Liga Venezuela, Monagas SC. (instagram.com/jchaves19)

Jose Chaves memulai karier di liga Venezuela, pada 2017. Ia kala itu bergabung dengan klub kasta kedua, Trujillanos FC. Menetap selama 1 musim di sana, Chaves lalu hijrah ke klub lain pada putaran kedua kompetisi 2018/2019. Sang pemain diboyong klub kasta tertinggi Liga Venezuela, Monagas SC.

Sayangnya, kiprah Chaves tak bertahan lama di Monagas. Pengabdiannya hanya berjalan setengah musim hingga akhir 2018/2019 di sana. Kemudian, sang pemain kembali berseragam Trujillanos FC pada 2019/2020. Chaves memperkuat klub lamanya lagi di Venezuela.

Bertahan cukup lama di Venezuela, Chaves pun mencari petualangan baru pada 2021. Ia merantau ke sesama negara di Amerika Selatan, Kolombia. Selama di sana, Chaves pernah membela tiga klub, seperti Envigado FC, Independiente Medellin, dan CD La Equidad Seguros. Kariernya bertahan 3 tahun di Kolombia hingga 2023.

Baca Juga: 4 Veteran yang Memperkuat Deltras Sidoarjo pada 2023/2024

2. Kariernya mencuat di liga tertinggi Kolombia

5 Fakta Jose Chaves, Juru Gedor Asing Deltras SidoarjoJose Chaves saat berkostum klub divisi utama Liga Kolombia, Envigado FC. (instagram.com/jchaves19)

Jose Chaves mengalami peningkatan karier selama mentas di Liga Kolombia. Ia laris untuk klub kasta tertinggi di sana. Capaian ini berbeda jauh ketika Chaves memulai karier di negara sendiri, Venezuela.

Chaves diketahui menghabiskan 3 musim berturut-turut di Liga Dimayor Kolombia. Ia pertama kali bergabung dengan Envigado FC pada 2020/2021. Lalu berkostum Independiente Medellin pada 2021/2022 serta membela CD La Equidad Seguros pada 2022/2023.

3. Grafik Jose Chaves menurun 2 musim terakhir

5 Fakta Jose Chaves, Juru Gedor Asing Deltras SidoarjoJose Chaves saat berkostum klub divisi utama Liga Kolombia, CD La Equidad Seguros. (instagram.com/jchaves19)

Meski mengalami peningkatan karier di Kolombia, sayang grafik performa Jose Chaves terbilang menurun. Bersama Envigado FC pada musim perdana, ia tampil cukup menawan. Sang pemain membukukan statistik 6 gol dan 3 assists pada 2020/2021.

Kemudian, penampilan Chaves menyusut dalam 2 musim terakhir di Liga Dimayor Kolombia. Ia hanya menorehkan 2 assists dari 29 laga bareng Independiente Medellin pada 2021/2022. Lalu mencatatkan 2 gol dan 1 assist dari 13 laga bareng CD La Equidad Seguros pada 2022/2023.

4. Direkrut Deltras, hal baru dalam karier Jose Chavez

5 Fakta Jose Chaves, Juru Gedor Asing Deltras SidoarjoJose Chaves (instagram.com/jchaves19)

Karier Jose Chaves pun berubah pada 2022/2023. Ia dilepas CD La Equidad Seguros pada akhir musim. Itu tak heran terjadi karena penampilan sang pemain menurun di Liga Dimayor Kolombia. Chaves sempat berstatus tanpa klub pada 5 Agustus 2023.

Untungnya, Chaves masih dilirik klub Indonesia sejak saat itu. Ia diminati klub asal Jawa Timur, Deltras Sidoarjo. Sang pemain pun didatangkan klub berjuluk The Lobster itu untuk menyongsong Liga 2 Indonesia 2023/2024.

5. Sudah cetak gol debut bagi Deltras

5 Fakta Jose Chaves, Juru Gedor Asing Deltras SidoarjoJose Chaves (tengah) saat latihan bersama Deltras Sidoarjo. (instagram.com/deltras.official)

Jose Chaves memulai karirnya di Indonesia dengan baik. Ia sukses mencetak gol debut bagi Deltras Sidoarjo. Chaves membantu The Lobster meraup poin perdana di Liga 2 2023/2024.

Chaves sendiri mencetak gol debut saat melawan PSCS Cilacap pada laga perdana Grup 3. Sayangnya, ia gagal membawa Deltras menang setelah bermain seri 1-1 kontra PSCS di kandang sendiri, Stadion Gelora Delta.

 

Jose Chaves menjadi salah satu pemain asing Deltras Sidoarjo untuk mengarungi Liga 2 Indonesia 2023/2024. Selain dirinya, ada satu pemain asing lagi milik The Lobster yang bernama Askarbek Saliev. Pemain asing dari Kyrgyzstan. Mampukah keduanya memberikan penampilan terbaik bagi Deltras musim ini?

Baca Juga: Banjir Pemain Liga 2, Arema FC Rekrut 2 Pemain Deltras Sidoarjo

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya