Jonathan Arya, Pemain Arema FC U-20 yang jadi Magnet Aremania

Arek asli Sidoarjo

Arema FC mengisi jeda Liga 1 Indonesia 2023/2024 dengan menggelar beberapa pertandingan uji coba. Mereka melakukannya bareng Persikoba Batu, Dukasa FC, dan Persis Solo. Menariknya, dari seluruh uji coba itu, ada satu pemain muda Singo Edan yang menjadi magnet sejauh ini.

Ia adalah Jonathan Arya Prawira. Pemain Arema U-20 ini memang sedang menjalani masa percobaan di tim senior besutan Fernando Valente. Hebatnya, pemain yang karib disapa Jojo itu tampil memukau dalam tiga laga uji coba Arema FC. Biasa bermain di sektor depan, ia produktif sebagai pemain orbitan akademi.

1. Berprestasi! Jojo pernah memperkuat Persebaya U-17 dan tim Porprov Sidoarjo

Jonathan Arya, Pemain Arema FC U-20 yang jadi Magnet AremaniaJonathan Arya Prawira (instagram.com/jonathanaryaaa)

Jonathan Arya merupakan pemain kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur. Pemuda berusia 22 tahun ini merupakan sosok yang dianugerahi talenta mumpuni. Jojo adalah pemain berbakat yang bisa bermain di sektor gelandang serang, penyerang kedua, dan penyerang tunggal.

Menariknya, Jojo sendiri merupakan mantan penggawa dari Persebaya U-17. Ia pernah membela tim junior Bajol Ijo itu pada 2019. Saat itu, Jojo sempat merumput di ajang Piala Soeratin U-17 2019 Jawa Timur. Ia menjadi andalan Persebaya U-20 saat dilatih coach Seger Sutrisno.

Di lain sisi, Jojo pernah memperkuat tim Porprov Kabupaten Sidoarjo pula. Bahkan, ia baru saja membawa tempat kelahirannya ini juara di ajang Porprov Jatim VIII/2023 cabor sepak bola putra. Mereka juara usai menumbangkan perlawanan tim Porprov Kabupaten Kediri di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada 15 September 2023.

Baca Juga: Fernando Valente Lagi Hobi Bongkar Pasang Posisi Pemain Arema FC

2. Aktif memperkuat Arema FC U-20 sejak 2023

Jonathan Arya, Pemain Arema FC U-20 yang jadi Magnet AremaniaJonathan Arya Prawira (instagram.com/jonathanaryaaa)

Setelah juara bersama tim Porprov Kabupaten Sidoarjo, Jonathan Arya kemudian dilirik oleh klub lain. Benar saja, sang pemain akhirnya dipinang Arema FC U-20. Jojo resmi pindah ke Malang pada akhir 2023.

Bersama Arema U-20, Jojo banyak menghabiskan waktu untuk mengarungi ajang Elite Pro Academy (EPA). Hebatnya, tak berselang lama, bakat sang pemain langsung tercium oleh tim senior Arema. Itu terbukti usai Jojo masuk dalam daftar skuad Fernando Valenta kala melakoni laga uji coba pada paruh musim Liga 1 Indonesia 2023/2024.

3. Tembus tim senior, Jojo memukau di laga uji coba Arema FC pada 2024

Jonathan Arya, Pemain Arema FC U-20 yang jadi Magnet AremaniaJonathan Arya Prawira (instagram.com/jonathanaryaaa)

Jonathan Arya sudah bergabung dengan tim senior Arema FC saat ini. Namun, keberadaan sang pemain sepertinya masih bersifat percobaan. Walau demikian, kesempatan ini tentu membuktikan bila Jojo merupakan sosok yang mempunyai bakat menonjol.

Sejauh ini, Jojo telah diberi kesempatan Arema saat melakoni laga uji coba pada jeda Liga 1 2023/2024. Hebatnya, ia langsung membuat kepala pelatih Singo Edan, Fernando Valente, terpikat. Ini disebabkan Jojo tak ragu untuk mempertontonkan bakatnya di depan para senior.

Jojo memukau dalam tiga pertandingan uji coba Arema pada 2024. Ia produktif dengan mencetak dua gol dalam laga kontra Persikoba Batu, pada Sabtu (13/1/2024). Lalu mengemas satu gol saat melawan Dukasa FC, pada Jumat (19/1/2024). Bahkan, pada uji coba terbaru, Jojo kembali mengoleksi satu gol saat melawan Persis Solo pada Selasa (23/1/2024).

4. Jojo belum bisa membela Arema FC akibat terkendala regulasi di Liga 1 2023/2024

Jonathan Arya, Pemain Arema FC U-20 yang jadi Magnet AremaniaJonathan Arya Prawira (instagram.com/jonathanaryaaa)

Sayangnya, harapan Arema FC untuk mempromosikan Jonathan Arya ke Liga 1 2023/2024 harus tertunda. Ini disebabkan umur sang pemain (22 tahun) yang bertentangan dengan regulasi. Regulasi Liga 1 musim ini sendiri hanya memperbolehkan pemain akademi berumur di bawah 20 tahun untuk promosi.

Kendati begitu, Arema kemungkinan bisa mempromosikan Jojo saat mengarungi Liga 1 2024/2025. Memasuki kompetisi baru, ia bisa membela tim senior Singo Edan sejak awal musim. Saat ini, Fernando Valente bisa saja mengambil keputusan untuk membiarkan Jojo berkembang bersama Arema U-20.

Jonathan Arya Prawira bak menjadi permata di tengah kegencaran Arema FC memburu pemain muda. Pada suatu hari nanti, bukan tak mungkin dirinya bakal menjadi idola baru bagi Aremania.

Baca Juga: Arkhan Fikri, Wonderkid Arema FC yang Jadi Masa Depan Timnas

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya